logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Cara mendapat nilai baik

membaca di perpustakaanBiasanya tiap kali mendapatkan nilai  terpuruk kerjaan saya ya online. Untuk menambah semangat, saya mencari tips agar bisa mendapat nilai yang baik, tips menjadi mahasiswa yang baik, Tips menjadi mahasiswa berguna dan nggak sia-sia kuliahnya, dan sebagainya.

 

Dari kesemua tips itu berpengaruh pada diri saya, namun pada akhirnya saya sendiri lah yang harus menemukan cara agar bisa melakukan semuanya dengan baik. Karena cara berpikir setiap orang itu berbeda, cara belajarnya pun berbeda.

 

Sejauh ini saya menemukan MDIT (Mahasiswa Dengan IP Tinggi) itu tak sama dengan MP (Mahasiswa Pintar). Meski umum diketahui banyak orang, tapi saya ingin menulis sesuai dengan penemuan pikiran saya. Jadi, MDIT itu tidak selalu pintar, sedangkan MP “BISA JADI” selalu MDIT.

 

Mengapa saya masih meragukan Mahasiswa pintar bisa menjadi Mahasiswa dengan IP Tinggi? Karena terkadang ada mahasiswa pintar yang tidak mengerti kemauan dosen sehingga meskipun dia pintar ia tetap medapatkan nilai buruk.

 

Ada mahasiswa pintar yang tidak men”dewa”kan nilai sehingga dia tak berusaha eoptimal mendapat nilai yang baik. Tapi tidak semua seperti itu, ada juga mahasiswa pintar yang tidak mendewakan nilai  namun secara otomatis dia dapat IP tinggi.

 

Sedangkan MDIT bisa jadi mendapatkan nilai baik bukan hasil pikirannya sendiri, mungkin Cuma beruntung, atau tau trik-trik mendapatkan nilai bagus namun sebenarnya tidak paham keseluruhan yang sedang dia pelajari.

 

Penemuan saya yang lain yaitu konsep belajar dan cara mendapat nilai baik yang cocok untuk saya : Saya harus selalu masuk kuliah.

 

Walau selama perkuliahan tidak mencatat, paling tidak saya mendengar dengan baik. Meski sambil ngantuk, hujan deras, badai, angin topan, banjir pokoknya saya harus datang dan mendengarkan. Kecuali untuk matakuliah yang monoton atau yang sudah saya ketahui nanti kuliah mau ngapain aja.

 

Pertanyaan untuk matakuliah yang harus datang, karena, dari perkuliahan pasti kita dapat kisi-kisi ujian. Perhatikan kebiasaan dosen. Ada dosen yang secara blak-blakan bilang “ini akan saya masukkan ujian ya, jadi pelajari betul-betul!’.

 

Ada dosen yang tersirat bilang “Ini penting!”. Atau ada suatu topik yang penjelasannya selalu di ulang-ulang. Perhatikan tugas yang diberikan. Fotokopi semua soal dan jawaban tugas yang diberikan. Kemungkinan untuk keluar di ujian sangat besar.

 

Dengan begitu, kita mendapat bahan yang harus kita pelajari, yang lain dipelajari juga namun tidak usah seintensif yang penting itu. Kehadiran di kelas dan mendengar dengan baik, pasti akan paham matakuliah yang sedang dipelajari. Meski sedikit, itu pasti membantu saat belajar menjelang ujian.

 

Belajar membaca cepat.

Membaca cepat sangat membantu saya untuk lebih banyak membaca dan memahami bahan kuliah. Jadi saya berterimakasih pada pak Muhammad Noer Yang berbaik hati menyediakan video dan artikel cara membaca cepat. Saya tidak mendownload videonya, saya hanya baca semua artikelnya.

 

Dampaknya begitu mengesankan, padahal kecepatan membaca saya Cuma naik sedikit! Gimana kalo saya bisa membaca dengan kecepatan 1000 kpm? Pasti asyik tuh, mendukung banget untuk orang yang hobi membaca seperti saya. Jadi bisa baca beberapa buku di toko buku tanpa bawa pulang.

 

Saya tidak boleh terlalu stress.

Saya baru menyadari di semester sebelumnya saya terlalu stres menjelang ujian sehingga nilai saya malah anjlok. Untuk menghindari stres “jangan belajar dengan sistem kebut semalam”! Ini malah bikin otak penuh nggak karu-karuan.

 

Paling nggak dengan selalu hadir dan mendengarkan di dalam kelas, nggak akan ada yang namanya sistem kebut semalam. Kunci lain agar tidak stres adalah “Paham”. Pahami matakuliah yang sedang di pelajari, maka kamu tidak akan stress dengan hafalan panjang.

 

Hilangkan pertanyaan pemicu stres seperti, “Bisa nggak ya besok?”, “apa ya soal yang bakal keluar?”, “Aku bisa inget semua nggak ya?”, dan lain sebagainya. Soalnya nggak penting banget. Makin banyak hal yang nggak penting ada di pikiran , makin sempit ruang di otakmu untuk hal-hal penting. Optimislah dengan yang sudah dipelajari dan dipahami.

 

Berdoa.

Mohon keajaiban pada Yang Maha Kuasa dengan hati yang tulus iklas dan sangat menginginkan terkabulnya doa.

 

Tawakkal.

Apapun hasilnya, itu yang terbaik. Kalau kamu dapat nilai bagus syukurilah. Kalau dapat nilai buruk berarti ada sesuatu yang harus diperbaiki. Jangan putus asa meski kamu berulang-kali gagal atau meski berulang kali ditinggal oleh teman-temanmu.

 

Percayalah bahwa ada hikmah dari segala sesuatu. Percayalah bahwa kegagalan itu adalah jalan untuk membuatmu lebih kuat, atau buatlah kegagalan itu sebagai sesuatu yang membuatmu lebih kuat dan lebih tahan banting dari pada orang lain.

 

Dari hasil penemuan saya ini bisa mendapatkan nilai-nilai yang lumayan di semester lima. Saya kira cukup itu penemuan dari proses berpikir dan eksperimen hidup yang sudah saya lakukan. Namun, tentunya masih banyak yang perlu saya perbaiki dari penemuan itu agar saya bisa mendapatkan pengetahuan plus nilai yang lebih baik lagi.

 

Perlu diingat cara untuk mendapat nilai baik itu tak sama dengan menjadi mahasiswa pintar dan berpengetahuan luas. Untuk jadi mahasiswa pintar dan berpengetahuan luas masih belum saya temukan selain banyak membaca. (http://anislotus.wordpress.com/2012/01/20/penemuan-baru-cara-mendapatkan-nilai-baik/pdate informasi)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita