logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Yuk mengenali Kuliner Rempeyek Undur-Undur(2/2)

rempeyek undur undur(rasimunway.blogspot.com)- Berwisata di pantai2 selatan Kebumen yang memiliki karakteristik ombak besar itu menarik. Gulungan ombak tinggi-bergemuruh ini pamandangan elok dan indah kita nikmati. Namun butuh ke-hati2an pengujung agar aman-nyaman menikmati indahnya pantai selatan ini.
Terlebih bagi Anak kecil yang cenderung senang bermain dipinggir pantai, berbasah-basahan membuat aneka bentuk bangunan dari pasir yang lembut.  Berlarian kesana kemari dengan bebas, oleh karenanya peran keluarga sangat dibutuhkan untuk tetap mengawasi.

 

Setiap kali saya ke Pantai2 di Kebumen : Pantai Suwuk atau Pantai Bocor yang tak pernah saya tinggalkan menikmati pecel di warung2 pinggir pantai. Menikmati pecel usai menikmati pantai itu solusi terbaik menambah energi kita. Pecel dengan kombinasi kupat dan aneka gorengan sangat memanjakan lidah kita.

 

Makanannya sederhana, tetapi menikmati makanan di pantai jelas beda. Satu lagi yang khas di pantai selatan adalah rempeyek alias peyek undur2 laut.  Rasanya semakin tambah nikmatnya.

 

Rempeyek atau peyek adalah makanan pelengkap dari kelompok gorengan. Secara umum, rempeyek adalah gorengan tepung terigu yang dicampur air hingga membentuk adonan kental, diberi bumbu (terutama garam dan bawang putih), dan diberi bahan pengisi yang khas.

 

Biasanya biji kacang tanah atau kedelai. Bagaimana dengan rempeyek undur-undur laut ? Saya yakin anda dapat menyimpulkan tentang rempeyek undur2 laut ini. Dalam rempeyek ini, undur2 laut sebagai bahan pengisi utama pembuatan rempeyek.
Undur2 laut mudah kita dapatkan di pantai2 (misalnya Kebumen), khususnya musim penghujan.  Caranya mudah, tidak butuh alat khusus untuk berburu undur2 laut (bahasa Kebumennya : Yutuk). Anda cukup menggunakan tangan kosong dan akan segera menemukankannya di pantai2 selatan.

 

Tetapi jika kebetulan menemukan orang yang mencari undur2 laut anda dapat membelinya langsung dan membawa pulang. Di goreng juga gurih dan enak, kriuk kriuk atau dapat dibuat rempeyek.

 

Namun jika terlalu  ribet, anda tak perlu repot2. Sekali lagi rempeyek undur2 laut ini tersedia hampir di warung2 pinggir pantai. Bagi anda yang belum pernah menikmati peyek undur2 laut sebaiknya jangan makan terlalu banyak.

 

Risiko kalau anda makan terlalu banyak dapat menyebabkan rasa pusing. Makan secukupnya, kecuali jika anda terbiasa menikmati undur2 laut ini maka dapat menikmati sesuka hati. Selamat mencoba; (Bahan dari : http://rasimunway.blogspot.com/2012/09/nikmatnya-rempeyek-undur-undur-laut.html)-FatchurR * Tamat…………

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita