logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sepele(05)-Lima Pasar tradisonal menarik di Indonesia(5/6)

Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di era modern banyak kemajuan sarana dan pra sarana yang memudahkan penjual dan pembeli. Pasar pada dasarnya tempat untuk mencari barang atau jasa bagi pembelinya dan tempat mencari income bagi penjual.

 

Kenapa Pasar Tradisional

Pasar tradisional lebih menjaga sisi tradisinya, harga di pasar bisa tawar-menawar. Indonesia salah satu negara tempat salah satu favorit wisatawan. Indonesia kaya budaya menarik, ramah penduduk lokalnya  sampai keanekaragaman yang bisa dipilih dan dikunjungi.

 

Pasar jadi tujuan wisata bagi yang ingin ke Indonesia, terutama wisman yang ingin belanja mencari sesuatu untuk sebagai oleh2. Berikut ulasan jalan2 mengunjungi 5 pasar.

 

1-Pasar Terapung di Muara Kuin Banjarmasin

Banjarmasin dikenal banyak sungai mengalir, salah satunya sungai Kuin. Di sungai ini ada aktifitas pagi  saat matahari bersinar. Disini ada jual beli antara pedagang-pembeli, di pasar terapung di sungai Kusin. Tempat transaksi jual belinya datas perahu. Cara berdagang yang jarang ditemukan di tempat lain.

 

Banyak wisatawan ke sungai ini untuk menikmati pasar terapung. Ini pasar tradisional yang dilestarikan dan dijaga keberadaannya sebagai tujuan wisata Banjarmasin. Pasar terapung ditempuh hanya 10 menit dari pusat Kota. Bukan barang yang jadi minat orang kesini, tapi uniknya bertransaksi jual beli barang.

 

Yakni menggunakan perahu, segala macam aktifitas di pasar ini di atas perahu yang bergoyang di atas aliran sungai Kuin. Pasar ini buka sampai jam 9 pagi.

 

2-Pasar bisu Sumatra Barat

Pasar ini beda dengan pasar lain, karena jual beli tanpa suara atau mulut melainkan tapi bahasa isyarat. Penjual dan pembeli disini rata 2 paham satu dengan lainnya, sehingga dengan menggunakan isyarat mereka bisa bertransaksi. Bahasa isyarat ini peninggalan leluhur. Orang lokal menyebut “Marosok”.

 

Penjual dan pembeli di pasar ini berbahasa isyarat tujuannya, agar harga yang disepakati kedua belah pihak tak diketahui orang lain. Harga hanya diketahui penjual dan pembeli saja. Pasar unik di Sumbar ini buka hari selasa saja.

 

3-Pasar bekas Klitikan di Yogya dan Solo

Pasar “klithikan” artinya (Bahasa Jawa : barang2 bekas) yang dikumpulkan pedagang. Pasar klithikan ini ditemukan di 2 daerah, Yogyakarta dan Solo. Dulu 2 daerah ini satu kerajaan utuh, karena ada perjanjian Giyanti membagi kerajaan jadi 2 wilayah : wilayah Yogyakarta dan Solo.

 

Segala barang bekas ditemukan disini, dari kipas bekas, radio bekas, hingga spare part kendaraan bekas dijual. Barang bekas di Pasar Klithikan ini harganya bisa kita.

 

4-Pasar Tomohon Manado

Pasar Tomohon terkenal di Manado. Ini pasar unik karena ada ciri khas Pasar ini hingga dikategorikan sebagai salah satu pasar unik di Indonesia. Keunikannya para penjual yang menjual daging yang tidak biasa dijual bahkan dikonsumsi orang pada umumnya. Di Pasar ini kios2 jualan daging kucing, daging tikus, daging kelelawar, daging ular yang siap dimasak.

 

Pemandangan tidak lazim, karena kita jarang atau tak menyantap makanan berbahan daging2 binatang itu. Jika anda berminat silahkan pergi berkunjung di pasar Tomohon di Kota Manado.

 

5-Pasar Tri Windu

Pasar Tri Windu salah satu pasar menarik di Solo. Pasar ini khusus menyediakan barang2 antik dengan harga murah. Kita bisa tawar menawar. Banyak kolektor barang antic ke pasar ini menambah barang antik koleksinya. Pasar ini disuka wisman karena mereka ingin oleh2 khas Indonesia barang antik. Bersambung…….

Monggo lengkapnya klik aja :   (http://miner8.com/id/3737)-FatchurR

One Response to Sepele(05)-Lima Pasar tradisonal menarik di Indonesia(5/6)

  • Harry Reksosamudra A61 says:

    Pasar modern bertebaran dikota besar diseantero negara yg model & tatanannya mirip satu dg lainnya
    Sedang pasar tradisionil yg sdh kian terpinggirkan agak sulit ditemui, dg mengunjunginya nuansa tempo dulu terasa menyentuh ingatan kemasa silam yg penuh dg romantika kehidupan. Oleh krnya perlu dilestarikan sbg tempat wisata yg interaksinya tradisionil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita