logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sampah AnOrganik dijadikan Batako untuk membangun Mushala

sampah-anorganik-disulap-jadi-batako-untuk-bangun-musala-Q1y(daerah.sindonews.com)-Pangkalann Bun; Bagi mayoritas orang, sampah anorganik dibuang percuma. Tapi, di tangan yang kreatif, itu menghasilkan nilai ekonomi tinggi. Salah seorang sosok kreatif ini Akhmad Syamsul Arifin (36), warga Jalan Tjilik Riwut 2, Tembalu, Kelurahan Madurejo, Kec-Arut Selatan (Arsel), Kab-Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng.

Dia  sulap sampah anorganik sisa pengolahan sampah daur ulang jadi batako. Pengusaha di bidang daur ulang sampah anorganik ini sekaligus pemilik Bank Sampah Induk Berkah Jaya Plastindo, Pangkalan Bun.

“Awalnya punya ide itu 1,5 tahun lalu, saya buat batako berbahan sisa2 sampah anorganik yang saya daur ulang. Sampah daur ulang ini tak memiliki nilai ekonomis karena tidak bisa dijual. Ini kotoran sisa pencacahan sampah anorganik yang saya kelola di bank sampah” ujar suami Muzakiyah (25) ini sambil menunjukkan cara membuat batako dari sampah daur ulang, di pabrik bank sampah miliknya  (11/4/18).

Awalnya, sampah sisa daur ulang ini untuk campuran saat memplester lantai gudang bank sampah dengan campuran semen atau pengganti batu koral. “Coba2, karena sisa sampah daur ulang ini  menumpuk di gudang. Saya pakailah untuk campuran saat memplester lantai gudang, iseng2 pengganti batu koral. Eh kuat juga, dilalui truk lantai tak pecah,” cerita ayah dari Mauliyatut T Arifin (11) dan Hafizatuz Zakiyah Arifin (3,5) ini.

Lanjut dia pikir mencoba membuat batako yang dicampur sampah anorganik daur ulang ini. Bahan pembuat batako yakni, pasir, semen, air, dan sampah daur ulang. “Setelah dicampur rata lalu dimasukkan ke cetakan batako. Lalu saya keringkan, setelah itu saya uji kekuatannya sangat kuat dan hasilnya kokoh,” ujar mantan karyawan perkebunan sawit ini.

Dari situlah, ia dan sang ayah Sapari (62) memproduksi batako hingga ratusan biji. Ia gunakan batako itu membangun musala di area pabrik bank sampah.

“Saya buat batako 1.000 biji dan saya langsung buat musala dengan batako itu. Hasilnya kokoh. Bangunan musala menggunakan campuran sampah anorganik daur ulang ini, mulai pembuatan slop dan cor digunakan sebagai pengganti batu koral. Dan hasilnya bisa dilihat, sangat kuat dan kokoh.”

Ke depan ia berencana mematenkan temuannya ini dan akan memproduksi batako dengan skala lebih besar untuk diperjualbelikan.

“Ada rencana mematenkan karya ini. Mungkin di Indonesia baru sini. Saya mulai membuat pot bunga. Rencana batako ini akan saya beri nama ASA, artinya sebagai alternatif pengolahan sampah dan juga berarti harapan. Atau itu juga singkatan nama saya (Akhmad Syamsul Arifin)”. (zik; Sigit Dzakwan; Bahan dari : https://daerah.sindonews.com/read/1296937/30/sampah-anorganik-disulap-jadi-batako-untuk-bangun-musala-1523425799)-FatchurR

2 Responses to Sampah AnOrganik dijadikan Batako untuk membangun Mushala

  • ASA singkatan dan satu kata yg cocok bagi produk batako dari sampah anorganik, singkatan nama pengusahanya juga berati harap. Setiap org mesti punya harapan, demikian pula pemilik nama inisial ASA yg ternyata betul2 berhasil sesuai keinginannya.
    Mmg manusia ber ASA, tp Tuhan jg penentunya

  • Fatkhurr says:

    Masyarakat kita mungkin saja kekurangan ide, inovasi dan kreativitas khususnya hal2 baru yang bermanfaat. Kayaknya lebih banyak yang menilai atau bahkan mencela karya orang lain. Ini mungkin saja lho

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita