logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Pelatihan Dengan Biaya Pemerintah

Probolinggo, 29/1/2015. UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Probolinggo membuka kesempatan bagi masyarakat Kota Probolinggo khususnya bagi para pencari kerja atau anak putus sekolah yang ingin memiliki skill atau kemampuan dalam bidang otomotif, listrik, bordir, menjahit, tata rias, teknisi komputer, servis HP, pertanian dan ukir-ukiran.

Kepala UPT BLK, Nunuk Trimurti mengungkapkan bahwa tujuan dibukanya pelatihan ini adalah untuk memberikan dan meningkatkan keterampilan. “tujuannya adalah memberikan pelatihan keterampilan berbagai kejuruan kepada masyarakat, pencari kerja, pengangguran, untuk meningkatkan keterampilan, potensi dan produktifitas”, ujar Nunuk.

Para peserta pelatihan tidak dibebankan biaya karena semua dana yang digunakan berasal dari APBN dan APBD Kota Probolinggo. “tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat Kabupaten Probolinggo atau daerah lain untuk ikut serta karena ada dana yang dari APBN, tapi untuk yang APBD kita gunakan khusus untuk masyarakat Kota Probolinggo”, ujar Nunuk.

Nunuk menambahkan jika peserta yang mengikuti pelatihan adalah peserta yang benar-benar dari awal memulainya namun ada juga yang sudah pernah ikut pelatihan. “ada yang dari nol, tapi ada juga yang sudah pernah ikut. Nah, yang pernah ikut itu kita lanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi”, lanjut Nunuk.

Untuk mengikuti pelatihan ini, calon peserta wajib datang sendiri ke Kantor UPT BLK di jalan Brantas Km. 01, Kelurahan Pilang Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo pada hari kerja, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB. “calon peserta harus datang sendiri kesini, mengisi formulir yang telah disediakan berdasarkan program atau jenis pelatihan yang akan diikuti dan menyerahkan syarat-syarat sesuai dengan jenis pelatihan yang akan diikuti tersebut”, lanjut Nunuk.

Jenis pelatihan yang ditawarkan ada 10 (sepuluh) bidang, yaitu automotif sepeda motor; automotif mobil bensin dan diesel; instalasi listrik, elektonika dan teknik pendingin; las listrik, las karbit, plubing dan bubut; menjahit operator dan mesin modes; bordir, membatik dan tata rias; ukir kayu dan kerajinan anyaman; operator dan teknisi komputer; teknisi dan servis handphone; serta pertanian dan pengolahan hasil pertanian.

Bagi para calon peserta pelatihan, terlebih dahulu diseleksi, kemudian bagi yang lulus seleksi akan diberikan pembekalan dan terakhir diberikan pelatihan. Jika lulus, maka mereka akan mengikuti pelatihan setiap hari senin sampai dengan jum’at pukul 07.30 pagi sampai selesai.

“dalam sistem pelatihan ini, klasikal dilaksanakan secara kelompok dimana setiap angkatan berjumlah 16 orang”, tutur Nunuk.

Sementara itu, Kabid Pembinaan dan Produktifitas Tenaga Kerja, Nurjatim, S.Sos mengungkapkan bahwa program ini dapat mendukung Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). “dengan diberlakukannya MEA tahun 2015 ini, masyarakat Kota Probolinggo yang mendapat pelatihan dapat berkompetisi dalam bersaing dengan tenaga kerja asing”, Ujar Nurjatim. (SD/ART)

Sumber: http://2014.probolinggokota.go.id/index.php/berita/269-kesempatan-pelatihan-dengan-biaya-pemerintah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita