logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengintip Leces dan Ronggojalu serta kenangannya

wisata ronggojalu(info-kotakita.blogspot.com)-Komandan kita IAMDP membuka lembaran kenangan lama tentang Leces di grup WA dan direspon anggota lainnya. Silahkan Ikuti saja sajian ini : Kota Leces Luas wilayah Kota Leces 36,81 km2 meliputi 10 desa.
Adapun batas wilayah Kota Leces meliputi sebelah barat dengan Kecamatan Bantaran; sebelah selatan dengan Kabupaten Lumajang; sebelah timur dengan Kecamatan Tegal Siwalan; serta sebelah utara dengan Kecamatan Dringu dan Kota Mojokerto.

3-stasiun ka lecesDi Leces terdapat pabrik kertas tertua kedua  di Indonesia (didirikan 1939) setelah pabrik kertas di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Saat ini dikelola oleh PT Kertas Leces (BUMN). Pabrik kertas Leces menggunakan kertas daur ulang dan limbah tebu sebagai bahan baku.

 

Berikut mas Komandan IAMDP bernostalgia beserta respon dari teman lainnya dari  Alumni kita :

a)-65th sudah kenikmatan ayam panggang Ronggojalu tidak pernah terulang. Pagi2 naik sepur bahan bakar batu bara ejes ejes ….ejes ejes …. dari Probolinggo ke Leces, lanjut jalan kaki ke Ronggojalu, selesai mandi makan ayam panggang sambelnya uyah+lombok tok. Uenake rek rek! Gak ono tunggale.

 

2-sepur klutukb-Bener…bener Yong. Zaman sepur kelutuk, stingkul e gede2, endas e sepur e ireng….tuuiiit…tuuiit…

Jis jes jis jes….heheee….jam 6 isuk wis ndik dukur sepur kelutuk, mbik teklak tekluk sik ngantuuuk. Gak sempat sarapan….nasi dibungkus daun disangu….Sampe stasiun Prob….byuuuur podo mudun kuabeh isine sepur arek sekolah tok, dari Klakah, Leces….jalan kaki kesekolah masing2.

 

Lha aku mampir dulu ke rumah Robby NSB (alm) di Damarwulan, numpang sarapan, abis gitu terus ke Materdei 2.heheeee….begitu ber tahun2 lho. Robby sik cilik, ganteng koyok sinyo2 lho dulu . Aduh semua tinggal kenangan indah (Kiep)

 

stasiun probolinggoc-Tapi belum pernah merasakan ayam panggang Ronggojalu kan? Wah Ronggojalu sekarang lho , aku 3th lalu kesana. Sayang buru2 jadi gak sempat mandi nostalgia disana lho. (Oentje)

 

d-Belum pernah.Dimana yg ada jual ayam panggang? Aku gak tahu dan gak pernah dengar klo ada yg jual ayam panggang. Paling yang aku tahu dulu arah kesana itu ada yang jual rujak. Itu langgananku.

Oentje, kalo gitu kapan2 aja setelah liburan selesai. Kalo kita sama2 bisa. Warung kecil dipinggir telogo (Yong)

 

e-Pak ketua hebat. Kok bisa langsung punya foto stasiun jaman dulu dan telaga atau ranunya. (Kiep)

 

Yuk kita kenang Ranu / Telogo Ronggojalu

wisata ronggojaluWisata Danau Ronggojalu di Probolinggo ini tempat wisata yang berada di Desa Tegalsiwalan Probolinggo. Wisata Danau Ronggojalu ini ramai wisatawan hari biasa dan liburan. Tempatnya indah dan bisa memberi sensasi berbeda. Pesona keindahannya menarik. Sayang lho, jika bernostalgia ke Probolinggo gak mampir ke Ranu ini.
Lokasi

Jjika anda bingung cari lokasi Danau Ronggojalu, silahkan bersama Ketua IAMDP jalan kaki dari setasiun Leces, agar bisa mengulang 65 tahun lalu. Siapa tahu diua masih sanggup

 

Daya Tarik

Kapasitas air di danau ini 3000 liter/hari. Airnya asal dari sumber mata air murni dari alam. Panorama alamnya indah. Karena kualitas air yang bersih dan alami, selain digunakan untuk sarana industri, air di Danau ini juga sebagai pemenuhan kebutuhan air minum dan pengairan persawahan warga setempat.
Kita juga bermain di wahana yang menghibur. Salah satunya  kolam renang anak2 dilengkapi dengan ban pelampung, gazebo untuk duduk santai, dan warung2 yang menjual jajanan khas Probolinggo.

 

Diawali oleh perang saudara antara seseorang yang bernama Ki Ronggo dan saudara kandungnya sendiri, Ki Jalu. Perselisihan ini dilatar-belakangi perebutan wilayah. Keduanya berperang hebat. Kemudian datang Kyai sakti berusaha meyakinkan Ki Ronggo dan Ki Jalu dengan berjalan ke tengah lahan kosong dan menancapkan sebatang “lidi”.

 

Kyai sakti berkata ke Ki Ronggo dan Ki Jalu. “Siapa dapat mencabut lidi yang ditancapkan nya, maka ialah pemilik lahan kosong ini”. Namun mereka tidak mampu mencabut lidi, Kyai sakti lah yang mencabutnya. Ketika Kyai mencabut lidi, Tiba2 muncul air menyembur keluar. Hingga air itu jadi danau dan sekaligus menenggelamkan Ki Ronggo dan Ki Jalu. Karenanya dinamakan Danau Ronggojalu

 

Saran

Sebelum ke tempat Danau Ronggojalu, siapkan keperluan seperti membawa bekal, air minum dsb. Serta tambahan seperti  kamera (HP) untuk mengabadikan moment bersama kelurga atau teman2 anda. Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, Obat2an, antiseptik). (Yong Sidharta-A61; bahan dari http://info-kotakita.blogspot.com/2014/11/kota-leces.html

, dan https://www.teluklove.com/2016/10/pesona-keindahan-wisata-danau.html)-FR

One Response to Mengintip Leces dan Ronggojalu serta kenangannya

  • Harry S A70. says:

    Hebat juga ketua iamdp yg usianya sdh lewat kepala 7 ini, masih sanggup jalan kaki dr Leces ke Ronggojalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita