logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Jelantah jadi Sabun Cuci Perabot Rumah

Jelantah jadi Sabun Cuci Perabot Rumah(krjogja.com)-Sebagai medium penghantar panas, minyak goreng bisa menambah rasa gurih, nilai gizi dan kalori dalam bahan pangan. Namun, minyak goreng bekas (minyak jelantah) bisa diubah jadi sabun cuci perabot rumah tangga ramah lingkungan. 

 

Komunitas “Minyak Jelantah Jogja” yang didirikan William, Alumni Teknik Kimia UGM dkk berhasil mengubah minyak jelantah jadi sabun cuci perabot rumah tangga. “Awalnya saya prihatin. Kalau minyak jelantah dibuang ke saluran pembuangan bisa menyumbat karena suhu yang rendah di saluran bisa buat minyak membeku. Kalau minyak jelantah dibuang juga merusak ekosistem tanah dan air” katanya.

 

Sebagai limbah rumah tangga yang bersifat organik, minyak jelantah dapat dimanfaatkan jadi sabun cuci bernilai ekonomis dan tidak mencemari lingkungan. Melalui proses saponifikasi, limbah minyak jelantah dapat dimanfaatkan sebagai sabun cuci perabot rumah tangga.

 

“Cara membuat sabun limbah jelantah tidak sulit. Kita perlu menyiapkan bahan2 seperti: soda api (NaOH), pewarna makanan, air, parfum/ ekstrak alami, limbah minyak jelantah, cetakan sabun berbagai bentuk yang tahan panas, pengaduk kayu, wadah mengaduk larutan dan kertas saring” jelasnya.

 

Sebelum dibuat jadi sabun, minyak jelantah melalui tahap pemurnian. Tahap ini menghilangkan rasa serta bau tidak enak, merubah warna yang kurang menarik, dan memperpanjang daya simpan sebelum digunakan. Tahap ini melalui proses penghilangan bumbu, netralisai, dan pemucatan.

 

Proses netralisasi, bahannya : Soda api (NaOH). Tumbuk soda api, setelah halus masukkan air dan aduk perlahan. Gunakan masker, kacamata pelindung dan sarung tangan. Masukkan minyak jelantah ke larutan. Tambahkan pewarna makanan dan ekstrak alami sebagai parfum. Aduk sampai kental ±20 menit. Tuangkan ke cetakan, diamkan semalam lalu keluarkan sabun dari cetakan.

 

Reaksi kimia lemak di minyak dengan sifat basa dalam soda api bisa menjadikan sabun jadi padat. Setelah itu diamkan 3-4 minggu, atau bisa juga didiamkan 2-3 bulan jika ingin hasilnya lebih bagus. Sabun siap untuk digunakan sebagai sabun cuci perabot rumah tangga.

 

Sabun cuci jelantah ini punya keunggulan daripada sabun cuci biasa. Sabun ini efektif membersihkan kotoran berlemak, minyak, dan darah. Sabun ini lebih murah daripada sabun cuci di pasaran.
“Ada kelemahan sabun jelantah yaitu belum ada penelitian lanjutan menggunakan sabun minyak jelantah jadi sabun mandi. Jadi, gunakan sabun jelantah sebagai sabun cuci perabot rumah tangga” tambah william. Meski belum bisa untuk mandi, mendaur ulang minyak jelantah jadi sabun bisa menjadi upaya mengurangi dampak pencemaran lingkungan.

 

“Walau sabun minyak jelantah ini mengandung lemak, setidaknya kadar lemaknya lebih rendah dibanding minyak jelantah sebelum diolah. Jadi, pemanfaatan minyak jelantah jadi sabun cuci dapat mengurangi pencemaran di air”. (Ayuseptiani Asari Putri; Bahan dari : http://krjogja.com/web/news/read/84594/Minyak_Jelantah_Jadi_Sabun_Cuci_Perabot_Rumah_Bisa)-FatchurR *

One Response to Jelantah jadi Sabun Cuci Perabot Rumah

  • Harry Reksosamudra says:

    Sekitar th 1960 an, banyak pabrik sabun cuci tangan yg menggunakan minyak kelapa, papa yg dagang minyak kelapa, ada home industri membuatnya, yg sy ingat “Cap Kodok” khusus buat cuci tangan. Kala itu paberik besar yg bikin sabun mandi spt Lux, Colibri, dll ya bahannya dr minyak kelapa. Belakangan dr minyak sawit yg lbh murah harganya, sy pernah experimen dg bahan dasar spt didlm artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita