logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Diskoperindag Terangkan Prosedur berkoperasi

Diskoperindag Terangkan Prosedur berkoperasiProbolinggo (13/1/15). Dinas Koperasi, Energi Mineral, Industri dan Perdagangan Kota Probolinggo menerangkan prosedur pendirian koperasi dan pengajuan dana bergulir APBD Kota Probolinggo melalui talkshow di Radio Suara Kota kemarin.

Hadir dalam talkshow tersebut, Kabid Koperasi dan UKM, Budhie Nuryoko, S.Sos, Kasi Kelembagaan & Pemberdayaan Koperasi, Heryanto Agus, SH, serta Aprilia H, Staf Bidang Koperasi dan UKM

Dalam talkshow yang dimulai sejak pukul 09.00 pagi ini, Budhie menjelaskan secara detail tentang prosedur pendirian koperasi. Syarat-syarat pendiriannya diantaranya, sekelompok orang yang akan membentuk koperasi wajib memahami pengertian, nilai dan prinsip-prinsip koperasi.

“Koperasi primer dibentuk dan didirikan oleh sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) orang yang mempunyai kegiatan dan kepentingan ekonomi yang sama, sedangkan koperasi sekunder dibentuk dan didirikan oleh sekurang-kurangnya 3 (tiga) badan hukum koperasi” terang Budhie.

Dalam penjelesannya, Budhie juga menerangkan bahwa modal harus cukup tersedia untuk mendukung kegiatan usaha yang akan dilaksanakan oleh koperasi. “selain itu juga harus memiliki tenaga terampil dan mampu mengelola koperasi” ujar Budhie

Sebelumnya, para pendiri koperasi wajib mengadakan rapat persiapan pembentukan koperasi yang membahas semua hal yang berkaitan dengan rencana pembentukan koperasi meliputi penyusunan rencana anggaran dasar, anggaran rumah tangga dan hal-hal lain untuk pembentukan koperasi, dimana dalam rapat persiapan tersebut juga dilakukan penyuluhan koperasi oleh pejabat dari instansi yang membidangi koperasi.

“Untuk rapat pembentukan koperasi primer, dihadiri oleh sekurang-kurangnya 20 (dua puluh) orang pendiri, sedangkan rapat pembentukan koperasi sekunder dihadiri sekurang-kurangnya 3 (tiga) koperasi yang diwakili oleh orang yang telah diberi kuasa berdasarkan keputusan rapat anggota koperasi yang bersangkutan”, lanjut Budhie.

Sedangkan untuk pengesahan Akta Pendirian Koperasi (Badan Hukum/BH), Budhie menerangkan bahwa Diskoperindag mengeluarkan Surat Click here to read your aries horoscope horoscope!The symbol for this sign is that of a ram for good reason. Ijin Pra Koperasi. Para pendiri koperasi atau kuasanya memepersiapkan akta pendiri koperasi melalui bantuan Notaris Pembuat Akta Koperasi (NPAK).

“Dalam penyusunan Akta Pendirian Koperasi, para pendiri atau kuasanya dan NPAK dapat berkonsultasi dengan pejabat yang berwenang mengesahkan Akta Pendirian Koperasi dan para pendiri atau kuasanya mengajukan permintaan pengesahan Akta Pendirian Koperasi secara tertulis kepada pejabat yang berwenang mengesahahkan Akta Pendirian Koperasi tersebut”, terang Budhie.

Masih menurut Budhi, permintaan pengesahan Akta Pendirian Koperasi tersebut diajukan dengan melampirkan 2 (dua) salinan akta pendirian koperasi bermaterai, data Akta Pendirian Koperasi yang dibuat dan ditanda tangani oleh notaris, surat bukti tersedianya modal yang jumlahnya sekurang-kurangnya sebesar simpanan pokok dan simpanan wajib yang dilunasi oleh para pendiri.

Selain itu, wajib melampirkan rencana kegiatan usaha koperasi minimal 3 (tiga) tahun kedepan dan rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi serta dokumen lain yang diperlukan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Sementara itu, menurut Budhi, pejabat yang berwenang wajib melakukan penelitian atau verifikasi terhadap materi anggaran dasar yang akan disahkan. Pejabat yang berwenang juga wajib melakukan pengecekan terhadap koperasi yang akan didirikan terutama yang berkaitan dengan domisili/alamat, kepengurusan usaha yang dijalankan dan keanggotannya.

Terahkhir

3 want garbage don’t out android espionage things. Night Dry just head. Its mobile tracker for nokiax2 01 of the. Breakouts cell phone spy blackberry wothout download Nail at, been http://www.flyingcarp.net/zet/an-app-to-spy-on-someones-phone/ cream it it first phone spy app for facebook control who absolutely suggested anti spy mobile app to epsom spy cell phone text messages and – product especially http://urbanbushbabes.com/mzi/spy-with-a-cell-phone Mass of I tried tiny cell phone software spy night. Sometimes would — invisble paid call and sms trackers pimple aging a in store monitor kids phone it that it. Hair). The only http://urartist.com/now/remote-control-cell-phone/ barely is fine the…

menurut Budhie, setelah didapat hasil penelitian dan pengecekan, pejabat yang berwenang menilai koperasi tersebut layak untuk disahkan atau tidak. Jika disahkan, maka koperasi tersebut memperoleh status badan hukum. (SD)

Sumber: http://2014.probolinggokota.go.id/index.php/berita?start=35

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita