logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Dik Ling Ling, Media Peduli Lingkungan

Probolinggo, 28/1/2015, Bumi merupakan tempat manusia hidup dan berpijak. Bumi dibedakan menjadi 2 (dua) komponen yaitu daratan dan lautan. Menjaga dan melindungi 2 (dua) komponen ini dari kerusakan dan pengrusakan adalah tanggung jawab seluruh umat manusia.
 
Tetapi jika manusia sendiri tidak mau menjaganya, siapa lagi yang akan menjaga dan merawat bumi ini?. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Lingkungan Hidup yang bekerja sama dengan CSR PT. Kutai Timber Indonesia (KTI) mencoba meminimalisir hal tersebut dengan memberikan pelajaran tentang lingkungan hidup mulai dari usia dini.
Kegiatan tersebut didukung dengan adanya mobil Dik Ling Ling. Mobil layanan ini memberikan informasi kepada masyarakat tentang lingkungan hidup agar tidak terjadi degradasi bumi yang semakin meluas demi keindahan dan penghijauan di Kota Probolinggo.
Kabid Penanggulangan dan Penangangan Dampak Pencemaran Lingkungan, Deus Nawandi, S.STP, M.Si saat melakukan dialog interaktif di Radio Suara Kota, mengungkapkan bahwa mobil layanan ini akan mempermudah masyarakat terutama murid sekolah untuk mendapatkan informasi mengenai managemen pengelolaan sampah. “di mobil Dik Ling Ling ini, murid-murid bisa belajar tentang bagaimana pengelolaan sampah, daur ulangnya, sistem penanaman vertikulur dan bisa mengolah limbah rumah tangga dengan 3 R (Reuse, Reduce, Recycle)”, ujar Deus
Selain itu, Deus mengungkapkan bahwa di mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai alat peraga pendidikan lingkungan hidup. “fasilitas di mobil ini sangat lengkap, ada sudut buku yang menyediakan berbagai buku tentang lingkungan, brosur, leaflet yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan bagi kelompok perempuan dan anak”, lanjut Deus
Sudut lain dalam mobil ini seperti diungkapkan Deus, adalah sudut alat permainan edukatif yang berisi berbagai macam permainan yang dapat meningkatkan kemampuan sensorik dan konstruktif. Selain itu terdapat pula sudut multimedia dimana pada bagian ini terdapat TV dan DVD yang digunakan untuk memutarkan film tentang lingkungan hidup dan bisa digunakan untuk pemanfaatan internet.
Yang tak kalah pentingnya, pada mobil ini juga tersedia sudut peraga, dimana pada sudut ini terdapat berbagai macam alat peraga seperti produk daur ulang sampah dan sebagainya.
Sejak tahun 2013 lalu, mobil Dik Ling Ling ini telah beroprasi dan mencakup beberapa sekolah yang ada di Kota Probolinggo. Seperti TK/Paud, SD, SMP/MTS dan SMA/SMK dengan prosentase paling banyak di tingkat SD. Sementara itu, untuk kunjungan ke Posyandu, baru dilaksanakan di Kecamatan Kanigaran dengan prosentase 14% dari total Posyandu yang ada disana.
Mobil layanan Dik Ling Ling ini diyakini mampu menjadi alternatif pembelajaran bagi masyarakat Kota Problinggo khususnya agar lebih mengerti dan ‘sayang’ terhadap lingkungan. “semoga dengan adanya Dik Ling Ling ini masyarakat lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya”, ujar Deus mengakhiri pembicaraan. (SD)
Sumber: http://2014.probolinggokota.go.id/index.php/berita/268-dik-ling-ling-media-peduli-lingkungan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita