logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

BPPKB Angkat Isu KDRT

Probolinggo, 26/1/2015, Kegiatan Gadispentermas merupakan kegiatan yang dilakukan setiap dua minggu sekali oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo melalui Bidang Informasi, bertempat di alun-alun Kota Probolinggo.

Pada minggu, 25 Januari 2015 kemarin, kegiatan Gadispentermas ini kembali digelar dengan menghadirkan Talkshow On The Street, salah satu narasumber yang mengisi yaitu dari Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kota Probolinggo.

Hadir sebagai pembicara, Sri Martini, SH. Beliau adalah pensiunan Pegawai Negeri Sipil yang saat ini aktif sebagai pemerhati perempuan di Kota Probolinggo. Dalam kesempatan tersebut, Sri menjelaskan mengenai Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)

“wanita itu sering dipandang lemah, sehingga seringkali menjadi korban kekerasan bahkan oleh orang terdekatnya sendiri”, ujar Sri. Dalam kesempatan itu pula, Sri menjelaskan pentingnya wanita memahami KDRT mulai dari pengertian hingga prosedur ketika mengalami KDRT.

Di Indonesia, peraturan tentang KDRT ini telah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 1984 tentang penghapusan segala bentuk diskriminasi. Selain itu juga tercantum dalam Undang – Undang Nomor 23 tahun 2004 tentang penghapusan kekerasan dalam rumah tangga.

Di Kota Probolinggo sendiri, Undang – Undang KDRT ini semakin diperkuat dengan adanya Peraturan Walikota Probolinggo Nomor 24 Tahun 2006 tentang Komisi Perlindungan Anak dan Perempuan serta Keputusan Walikota Probolinggo Nomor 188.45/179/KEP/425.012/2007 tentang Tim Pengelola Pelayanan Terpadu korban tindak kekerasan terhadap perempuan.

Dalam talkshow yang dikemas secara apik di kegiatan Gadispentermas tersebut, Sri mengungkapkan bahwa bentuk dari KDRT ini tidak hanya pada kekerasan fisik saja. “bukan hanya kekerasan fisik, tetapi kekerasan psikis, kekerasan seksual dan penelantaran rumah tangga juga merupakan bentuk KDRT”, ujar Sri.

Namun sayangnya, masyarakat pada umumnya masih minim pengetahuan tentang KDRT ini, sehingga para pelaku KDRT masih bebas melakukan hal yang sama, bahkan berulang kali tanpa berujung di meja hijau.

Hal lain yang menjadi kendala menurut Sri adalah pemahaman yang salah dari masyarakat yang menganggap KDRT merupakan urusan masing-masing. “banyak masyarakat yang beranggapan bahwa ketika seseorang menjadi korban KDRT, mereka tidak mau ikut campur karena mereka mengganggap itu urusan pribadi masing-masing keluarga. Selain itu, kadang korban merasa malu untuk melaporkan kejadian KDRT karena menganggap ini adalah aib keluarga”, ungkap Sri.

Kendala lain dalam penegakan hukum bagi korban KDRT ini menurut Sri adalah perempuan korban KDRT secara ekonomi masih tergantung kepada suami dan KDRT dianggap hal yang biasa dalam kehidupan berumah tangga.

Hal tersebut sangat disayangkan oleh pemerhati perempuan di kota mangga dan anggur ini. beliau memberikan saran kepada korban KDRT di Kota Probolinggo khususnya agar segera melaporkan kepada pihak yang berwajib jika mengalami KDRT.

“bisa melaporkan ke Kantor BPPKB Kota Probolinggo, bisa juga ke sekretariat PPT di Jalan Mayjen Panjaitan nomor 65 Kota Probolinggo, bisa ke UPT Kecamatan se Kota Probolinggo dan bisa juga langsung menghubungi saya di 081336194333”, ucap Sri mengakhiri pembicaraan. (SD)

Sumber: http://2014.probolinggokota.go.id/index.php/berita/266-bppkb-angkat-isu-kdrt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita