Wisata Danau di Ronggojalu-(2)

a-Danau RonggojaluDi Jawa Timur banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Berikut anda saya ajak rekreasi ulang sekaligus mengingat kembali masa lalu setidaknya bagi para alumni kita. 

 

Danau Ronggojalu Probolinggo

Wisata danau dengan air yang tenang dan udara yang sejuk tidak ada habisnya dinikmati bersama keluarga. Wisata air menarik di kota mangga dan anggur ini adalah Danau Ronggojalu. Danau ini dekat dengan pusat kota Probolinggo.

 

Jaraknya 15 Km, itu juga bisa ditempuh dengan angkutan umum. Letak danau ini di desa Tegalsiwalan Kab-Probolinggo, Jatim. Pesona danau yang memukau dan sejuk, serta air yang jernih pasti membuat kita ingin berenang di danau ini.

 

Cukup aman berenang di danau ini, asal masih dalam pengawasan. Apabila tidak mau berenang, kita bisa menikmati pemandangan danau ini di bawah pendopo kayu yang dibangun di sekitar danau ini. Cocok untuk kita nikmati bersama kerabat, teman, saudara dan keluarga.

 

Fasilitas lain yang bisa dinikmati di danau ini sarana bermain anak, kolam bagi anak-anak, penyewaan ban, serta aneka makanan yang dijajakan pedagang di sekitar danau ini. Selain berfungsi wisata, danau ini berfungsi bagi warga Probolinggo dan sekitar danau sebagai sumber irigasi sawah di sekitarnya.

 

b-Danau RonggojaluDi samping itu juga sumber pasokan air bersih untuk Probolinggo. Danau yang terbentuk dari alam ini berkapasitas 3000 liter per hari. Jumlah air yang melimpah ini membuat warga memanfaatkan sebagai irigasi dan kebutuhan air minum di kota. Juga dimanfaatkan industri : 200 liter per hari untuk kebutuhan industri di sekitar Probolinggo ini.

 

Legenda di masyarakat, Ronggojalu itu nama pasangan suami-istri yang menemukan danau ini. Mereka dapat mencukupi hidupnya dari danau ini. Mereka senantiasa menjaga agar danau ini tetap jernih dan kawasan sekitar tetap bersih sampai akhir hayatnya. Dipercaya masyarakat, air yang berasal dari sumber air danau ini bernilai magis. Diyakini berkhasiat khusus mengobati macam2 penyakit.

Seperti objek wisata lain, danau Ronggojalu ramai dikunjungi saat musim liburan : Natal dan tahun baru. Pengunjungnya berasal dari Probolinggo dan dari luar yang sengaja menikmati kesejukan di danau ini. Tentu saja, kawula muda juga sering datang dan bersantai bersama teman dan kerabat di areal ini.

 

Bagi yang berasal dari luar kota, jangan sungkan untuk bawa oleh-oleh dari kota ini. Apalagi membeli oleh-oleh khas Prolink. Kalau lagi musim, di kota ini banyak mangga : Manalagi, arum manis, dan yang lainnya.

 

Selain itu, Probolinggo terkenal penghasil anggur : Merah dan hijau. Anggur di kota ini tumbuh dengan baik, beberapa wilayah ada yang dijadikan sentra perkebunan anggur, bahkan di rumah warga pun bisa untuk membudi dayakan anggur.

 

Selain dijual yang segar, Mangga dan Anggur juga dijual dalam berbagai produk. Di samping itu, hasil olahan ikan juga dimanfaatkan warga sebagai kerupuk Tengiri. Cocok untuk disantap bersama makanan kita. Dijamin, kesan kota ini melekat di benak kita.

 

Boeat sobatku MA, kalau bukan obyek wisata ini, kabarkan donk dan tentu saya minta maaf.  (http://forum.jalan2.com/topic/5514-danau-danau-cantik-dan-menarik-yang-ada-di-jawa-timur/)-Aguk

3 Responses to Wisata Danau di Ronggojalu-(2)

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Saya senang ada artikel Ronggojalu jaman 2014, sudah ada fasilitasnya bagi umum. Yang muda muda jaman sekarang tentu tidak sungkan pacaran ke Ronggojalu yang tentunya sekarang ramai dikunjungi orang. Dulu saya pilih Ronggojalu dari pada Jabung atau Banyubiru, karena dekat dan sepi kunjungan sehingga ga malu membonceng pacar pakai sepeda pancal! Fasilitas mamin bawa sendiri, asyik.

    Ada yang saya ragukan kapasitas air Ronggojalu, kok diperhitungkan cuma 3000 liter sehari, jadi cuma 15 drum atau satu truk tangki kecil? Untuk suplai air pertanian dan minum apa mungkin. 200 liter per hari untuk industri sekitar apa iya? penguapan danaunya saja saya yakin lebih dari 3000 liter sehari!
    Ayo coba dihitung ulang!
    Heee he he ga usah hitung pakai cara bodohlah, tanyakan kepada dinas yang mengurusi Ronggojalu saja per telepon!. Saya yakin keliru data yang Anda muat diartikel ini.

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Danau Ronggojalu di Kecamatan Tegal Siwalan. Danau air panas yang saya maksud ada di Kecamatan Tiris dekat Ranu Segaran.

  • Wisata Yang sangat Ku Sukai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita