Budidaya jambu bol

jambu bol jamaika-1Belum lama ini grup WA A-68 rembugan tentang Jambu Jamaika (Bol). Agar hilang penasarannya atau malah tambah penasaran ? Itu anda yang harus memilihnya.  Jambu Jamaika bertajuk dan daun sama dengan jambu air yang lain. Dahannya cenderung memanjang, lentur, dan menjulur ke segala arah.

 

Daun berwarna hijau tua, dan berukuran besar. Kulit buah warna merah muda sebelum matang dan berubah semakin hitam bila makin tua. Daging buahnya lebih tebal dari jambu air kebanyakan dan tekstur buahnya lebih halus. Jambu Jamaika vegetatif bisa berbuah saat berumur 9-13 bulan dan jambu Jamaika generatif bisa bebuah saat berumur 2-3 tahun.

 

Namun sebelumnya kita harus mengetahui dulu bagaimana sifat dan syarat untuk menanam jambu bol jamaika. Menurut sentra informasi ilmu pengetahuan dan teknologi Syarat untuk tanaman jambu bol adalah sebagai berikut:

 

jambu bol jamaika-2Iklim

Tanaman jambu bol dapat tumbuh baik di daerah yang bercurah hujan 500–3.000 mm/tahun. Tanaman ini perlu intensitas cahaya matahari 40-80%, jadi tanamlah di area yang banyak sinar matahari. Suhu yang ideal untuk pertumbuhan tanaman jambu bol 18–28°C dan Kelembaban udara 50–80%.

 

Media Tanam
Yang cocok untuk menanamnya adalah tanah subur, gembur, banyak mengandung bahan organik. Tanah Inseptisol sangat baik, sedang tanah yang tidak terlalu subur seperti Ultisol dan Oksisol (Podsolik Merah Kuning) masih baik untuk budidaya jambu bol setelah diberi pupuk dan kapur. Tanah untuk tanaman jambu bol dengan keasaman (pH) antara 5,5-7,5 sangat cocok untuk pertumbuhannya.

 

jambu bol jamaika-3Ketinggian Tempat
Tanaman jambu bol bisa ditanam di berbagai tempat karena berdaya adaptasi yang besar di lingkungan tropis dari dataran rendah sampai tinggi yang mencapai ketinggian 1.200 m dpl. Setelah mengetahui sifat dan syarat jambu bol, kini saatnya mengetahui bagaimana teknik penanaman jambu bol jamaika:

  1. Siapkan bibt tanaman jambu bol jamaika, jika belum punya segera beli di tukang bibit tanaman, atau bisa melalui di www.warasfarm.wordpress.com.
  2. Setelah tanaman bibit jambu bol didapatkan saatnya menggali tanah untuk Pembuatan Lubang Tanam. Lubang tanam dibuat dengan menggali lahan berukuran 50x50x50 cm

 

  1. Taburkan insektisida 100 gram Furadan 3 G dan 100-150 gram campuran urea, SP-36 dan KCl (2:1:1) ke dalam lubang tanam. Kalau tidak ada pakai pupuk kandang saja yaitu memasukan kotoran kambing ke dalam lubang.
  2. Sobek polybag

 

  1. keluarkan bibit beserta tanahnya dan tanamkan pada lubang.
  2. Siram secukupnya
  3. Timbun dengan tanah sampai pangkal batang.
  4. Padatkan tanah di sekitar batang.
  5. Pasang tiang penyangga di sisi kiri/kanan dan ikat tanaman jambu bol jamaika ke tiang penyangga.

 

  1. Siram jambu jamaika setiap pagi dan sore selama 1 bulan
  2. Setelah 1 bulan siram sehari sekali
  3. Setelah 2 bulan siram 2 kali sehari
  4. Berikan pupuk dan semprot dengan pembasmi hama, dan perangsang daun.
  5. Setelah 3 bulan lebih siram dan kasih pupuk secukupnya.
  6. Bersihkan di area pangkal pohon dari rumput dan kotoran lainnya.

 

Cara Perawatan :

Penyiraman: cara merawat tanaman ini sama dengan merawat tanaman pada umumnya, yaitu disiram dengan air setiap 2 kali sehari, pagi hari dan sore hari, bila terlihat kondisi kering, bila kondisi tanah tanaman masih terlihat basah, maka cukup satu kali penyiraman saja.

 

Pemangkasan: Pemangkasan dilakukan terhadap tanaman dengan tujuan sebagai berikut: membentuk tajuk yang ideal, sehingga tanaman Jambu Jamaika bisa tumbuh dengan baik dan rimbun.

 

Pemupukan dan Penyayatan: tanaman Jambu Jamaika tidak berbuah bisa jadi karena tidak subur atau kekurangan unsur-unsur makro yang dibutuhkan seperti nitrogen, fosfor,kalium. Pemupukan dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan lalu disiramkan).

 

Pemberian hormon perangsang bunga juga bisa dilakukan. Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 – 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 – 10 cm dari dasar tanah.

 

Pengeringan atau stres air: kekurangan air akan memicu tanaman berbunga. Caranya tunggu sampai tanaman jambu jamaika tidak memiliki pupus daun muda. Kemudian tanaman jambu jamaika tidak disiram selama 2-3 hari.

 

Setelah terlihat layu, tanaman disiram air sebanyaknya. Jika bunga tidak muncul, pengeringan bisa dilakukan lagi. (http://warasfarm.wordpress.com/2013/10/02/jambu-jamaicabob-marley-dan-cara-merawatnya/)-FatchurR

2 Responses to Budidaya jambu bol

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Wah sebuah informasi yang bagus untuk merangsang tanaman berbuah, karena selama ini yang kulakukan adalah mengajaknya bicara, dan menanyakan kenapa kok gak berbuah, padahal kita sudah lama merawatnya. Aku punya pohon Mangga Apel yang saya tanam di Pot besar, pernah berbuah tapi gugur saat pentil buahnya belum besar. Apa bisa ya dilakukan hal serupa, dengan menyayat seperti pada jambu bol, dan mengeringkannya selama 3 hari seperti petunjuk tersebut. Ah tak coba aja, sebab pohon mangga tetangga juga sudah rajin berbunga

  • Pingback: BUDIDAYA JAMBU JAMAIKA | BUSINESS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita