Solusi Warung Kelontong Dan Grosir Majukan Usaha Ala Startup

Solusi Warung Kelontong Dan Grosir Majukan Usaha Ala Startup(m.liputan6.com)-JAKARTA; Badai pandemi Covid-19 yang tidak diketahui kapan berakhir membuat pelaku UMKM (warung kelontong dan pedagang grosir) harus siaga dan putar otak untuk bisa mempertahankan usahanya serta meningkatkan omzet penjualan.

 

Pola belanja masyarakat yang berubah, pembatasan sosial dan operasional toko membuat pedagang dibayang-bayangi risiko pendapatan yang terus menurun dan tingkat kerugian yang makin besar.

 

Maka dari itu digitalisasi mutlak harus dilakukan pelaku usaha warung kelontong dan grosir. Kita bisa belajar dari keluarga yang paham teknologi, teman dan tetangga, maupun belajar mandiri secara online. Berikut ini upaya yang bisa dilakukan untuk mempertahankan usaha dan meningkatkan omzet penjualan.

 

1-Promosi Via Chatting dan Medsos

Mayoritas Kita memiliki ponsel/smartphone. Manfaatkan aplikasi instant message. Promosikan barang jualan Anda secara personal atau group chat. Anda dapat memberi diskon sejumlah barang yang dibeli oleh pelanggan. Jika Anda pengguna aplikasi medsos seperti Twitter, FB dan Instagram, bisa sekalian untuk promosi aplikasi itu dengan posting lewat feed, stories, bahkan live streaming.

 

2-Bermitra dengan Aplikasi Online

Untuk bisa menjangkau pasar atau konsumen lebih luas, Anda bisa jalin kerja sama dengan aplikasi online dan marketplace. Promosikan akun atau toko online Anda ke daftar kontak ponsel dan teman di medsos. Jangan sungkan minta mereka promosikan ke lebih banyak kenalan. Itung-itung saling membantu dan gotong royong di tengah musibah pandemi.

 

3-Penuhi Stok Usaha dengan Aplikasi Gudang Ada

Jangan hanya fokus melebarkan pasar dan jualan, Anda perlu memikirkan solusi baru untuk pemenuhan stok usaha dan barang-barang kebutuhan pokok serta makanan lain yang dijual kepada konsumen.

 

Carilah tempat jual beli online pedagang grosir dan eceran. MisalnyaPlatform yang dihadirkan oleh PT GAG ini bertujuan mendigitalisasikan para pedagang grosir dan eceran dalam memenuhi kebutuhan stok usaha. Pilihan produk yang lebih lengkap, proses transaksi yang lebih cepat, serta harga terbaik di setiap produknya atau cari pengusaha sejenisnya

 

“Alhamdulillah, dagangan tambah maju dan stok selalu terjamin. Kalau habis tinggal pesan di Aplikasi tertentu” kata Suci Marlia, Pemilik Toko Rezeki.

 

“Awalnya cuma coba-coba eh ternyata pakainya gampang, padahal saya gaptek banget lho,” Titi Herli, Pemilik Toko Lancar Jaya.  Selain para pelaku warung kelontong dan pedagang grosir, pelaku UMKM lain yang memang bergerak di bidang makanan atau kuliner juga bisa memanfaatkan Aplikasi yang ada.

 

4-Kelola dana dan modal dengan baik

Pastikan Anda mengelola dana masuk dan keluar serta modal dengan baik. Untuk mengamankan stok jualan dan menghadirkan inovasi produk, Anda juga bisa manfaatkan program-program pendanaan atau dihadirkan oleh pemerintah.

 

Itulah 4 solusi untuk usaha warung kelontong dan pedagang grosir bertahan dan majukan usaha ala startup di tengah pandemi. Poin pentingnya go digital, manfaatkan aplikasi untuk perluas pasar dan memenuhi kebutuhan stok barang dagangan, serta terus tingkatkan pengetahuan seputar teknologi digital. (*)

 

(Gilar Ramdhani; Bahan dari : https://m.liputan6.com/bisnis/read/4441301/4-solusi-warung-kelontong-dan-pedagang-grosir-majukan-usaha-ala-startup )-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita