Merawat Aglonema Agar Cepat Beranak

Merawat Aglonema Agar Cepat Beranak(portaljember.pikiran-rakyat.com)-AGLONEMA; tanaman hias populer di Indonesia. Terutama di musim pandemi Covid-19 ini. Peminatnya meningkat di musim pandemi ini. Jenis-jenisnya pun bervariasi dan harganya beragam.

Untuk pemula, tak mudah memperbanyak tanaman ini. Berikut ini rekomendasi memperbanyak anakan aglonema yang dilansir Portal Jember dari akun Youtube Pupuk Lahan. Aglonema yang susah berkembang biak biasanya ada masalah. Salah satunya lingkungan atau kondisi tumbuh tanaman ini kurang cocok atau ak sesuai. Kondisi tidak afdol membuat aglonema tidak beranak meski rajin disiram atau dipupuk.

Walau banyak tetek bengekpun, aglonema yang bakal menumbuhkan anakannnya mungkin butuh waktu  lama, bisa sampai 2-3 tahun lamanya. Jika belum tumbuh tunasnya dan kita ingin cepat punya anakan berikut tipsnya.

1-Mulai dari Media  tanam Aglonema yang subur dan gembur

Siapkan media tanam yang baik, yaitu tanah subur-gembur. Media ini menentukan anakan aglonema. Sebab, media subur menunjang aglonema tumbuh berkembang. Media tanam gembur memudahkan penetrasi akar dan tunas aglonema. Sekurangnya, ada 3 pilihan media yang dapat diracik yakni :

a-Tanah, cocopeat, arang sekam, dan kompos, perbandingannya 1:1:1/2:1/2;

b-Tanah, sekam padi, dan pupuk kandang, perbandingannya 1:1:1;

c-Tanah, kompos, dan sekam padi perbandingannya, 2:1:1.

 2-Jangan memasukkan Media tanam Aglonema sampai penuh ke dalam pot

Isi media tanam aglonema ini setengah pot saja. Artinya, jangan memasukkan media sampai penuh ke mulut pot. Media tanam penuh, apalagi ditanam terlalu dalam jauh ke dasar pot, menyulitkan tunas aglonema tumbuh. Kalau tumbuh, pasti butuh waktu  lama.

Sirkulasi udara bisa jadi semakin buruk karena saking dalamnya tanaman diuruk, mungkin semakin media tanamnya turun dan memadat, jelas bakal tunas aglonemanya tertunda merangkak ke permukaan media tanam. Alih-alih malah bakal membusuk atau tenggelam di dalam media tanam.

3-Siram secara berkala dan secukupnya saja

Air untuk melarutkan unsur hara dalam tanah, dan mengangkut ke semua jaringan tanaman. Jadi, aglonema butuh air untuk tumbuh dan menghasilkan tunas yang baru. Harus hati-hati menyiram  ke media , jangan berlebih, misal menggenang dan keluar melalui lubang drainase. Siram aglonemanya  secukupnya atau sekadar membasahi untuk melembabkan media tanamnya.

Siram berkala. Bisa 3-4 hari sekali atau seminggu 2 kali. Cara memberi air itu membuat anakan aglaonema cepat tumbuh. Dampak terburuk bila media tumbuh aglonema sering disiram itu berpotensi busuk akar, dapat mempercepat padat media tumbuh, dan kemungkinan unsur hara hilang akibat tercuci dengan air berlebihan. Akibatnya, anakan aglaonema bakal sulit tumbuh.

4-Gemburkan media tumbuh tiap 2-4 minggu sekali

Tanah/media tumbuh gembur, mempercepat aglonema beranak. Sebab, tanah gembur itu aerasi atau sirkulasi udara dalam tanah makin bagus. Akarnya mudah bergerak mencari nutrisi dan tunas barunya bakal mudah menyembul ke permukaan. Jadi itu, rawatlah aglonema dengan rajin menggemburkan media tiap 2-4 minggu 1xi. Lakukan penggemburan media perlahan agar tak merusak akar dan bakal anakannya.

5-Siram dengan air beras setiap 2 minggu sekali

Tips ini umum untuk merawat tanaman hias. Aglonema juga bisa pakai air bekas cucian beras ini agar cepat beranak. Jadi, siramkan air cucian beras ini ke aglonema berkala. Air beras untuk menyuburkan tanaman. Air beras ini jadi pupuk alami tanaman seperti bunga, sayuran, dll. Air beras berunsur hara penting untuk pertumbuhan aglonema. Selain unsur hara, ada juga Vitamin B1.

Vitamin ini memacu pertumbuhannya, dan mengurangi stres karena perubahan kondisi lingkungan. Untuk itu air beras tepat saat diaplikasikan dan memberi vitamin B1 (anti stress). Saat kita gemburkan tanah, bisa saja sedikit terganggu akarnya yang aglonema terkejut atau stres. Jangan lupa letakkan pot aglonema yang kena sinar matahari tak langsung alias di tempat teduh.***

(Elvara Rocha Bella; Editor : Hari Setiawan; Bahan dari : https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16798271/tips-merawat-aglonema-agar-cepat-beranak-pinak)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita