Kecap cap sate

kecap-cap-orang-jual-sateKecap manis cap orang jual sate merupakan kebanggaan orang Jatim. Mereka yang tinggal di kawasan ini bisa dipastikan mengenal merk dan cita rasanya yang khas.

Sejarah
Kecap Cap Orang Jual sate salah satu kecap tertua di Indonesia, Tempointeraktif(dot)com pernah meriset, ternyata brand ini berumur lebih dari 120 tahun. Tepatnya 1888, cikal bakal kecap ini ditandai dengan berdirinya pabrik kecap yang dipunyai oleh Ong Tjien Boen di Probolinggo Jawa Timur.

 

Namun, produknya baru dipasarkan dengan merk Cap Orang Jual Sate sekitar tahun 1950an. Di tahun 1990 perusahaan keluarga ini dijual kepada PT Perkasa Sasra Dedaya, dan kini perusahaan tersebut mengganti namanya menjadi PT Aneka Food. Hingga kini, merk Cap Jual Sate masih terus eksis bersaing dengan merk kecap dari perusahaan multinasional.

 

Tekstur & Kekentalan : Berbeda dengan kecap manis yang populer 10 tahun belakangan ini yang cenderung bertekstur kental, kecap Cap Orang Jual Sate malah tidak terlalu kental.  Keencerannya malah sering disangka kecap asin.

 

Ingredient & Komposisi : Dalam kemasannya, Cap Jual Sate terdiri atas Kedele, Gula, Garam, Pengawet Na Benzoat dan rempah-rempah nabati pilihan.

 

Kemasan & Logo : Untuk ukuran 275ml, produk ini dikemas dalam kemasan botol plastik seperti kemasan botol plastik kecap pada umumnya. Logo si penjual sate tidak berubah, walaupun ada perubahan di layout logo-nya.

 

Varian : Ada yang berlogo berwarna hijau dan ada pula merah. Di tahun 80-90an yang banyak beredar di pasaran adalah yang berlogo merah. Tim ulasan-review belum menemukan bedaanya. Dalam situs Aneka Food, mereka mengklaim perbedaan varian ini hanya untuk membedakan target pasar saja.

 

Proses Produksi : Dalam situs Aneka Food, Kecap Manis Cap Orang Jual Sate dibuat dari kedelai pilihan, dimasak lalu di fermentasikan 7 hari. Melalui proses salting (penggaraman & dijemur) menggunakan guci yang berumur lebih dari 100 tahun, kemudian dicampur dengan olahan gula yang telah menjadi karamel dan beberapa rempah rahasia. Hasilnya dicampur lagi dengan sirup dari olahan gula putih.

 

Distribusi : Rada sulit menemukan produk ini kota seperti Jabodetabek, di Bandung produk ini dapat ditemukan di Giant Pasteur.

Harga : Rp 3500 untuk ukuran 275 ml

 

Ulasan review Kecap Manis : Rasa kecap Jual Sate ini tidak terlalu manis, rasa kedelenya terasa dan ada rasa gurih. Sate kambing adalah salah satu teman yang tepat. Beberapa rumah makan di Jawa Timur dan Jawa Tengah memakai kecap merk ini sebagai salah satu resep rahasia (http://www.ulasan-review.com/kecap-manis-cap-orang-jual-sate/)-FatchurR

One Response to Kecap cap sate

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Sejak kecil kami sekeluarga menikmati lezatnya kecap Probolinggo ini. Sampai sekarang di LA saya memakainya. Rasanya tidak berubah meski sudah pindah kepemilikan dari keturunan pendirinya.

    Bangunan asli di Jl.Pahlawan agaknya sudah tidak dipakai lagi. Sebaiknya dibuat museum saja?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita