logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sukses bukanlah kebetulan(2/4)

Geger N Maulana(beritasatu.com/figur)-Seri ke 2 : Hal paling berkesan dalam karie Anda?

Yang paling berkesan, hampir tiap 4 tahun saya dipindahtugaskan. Jadi, saya mesti terus belajar. Begitu masuk dunia baru, saya belajar hal baru lagi. Walau orang keuangan, saya tetap belajar marketing, kredit, dsb.

 

Kita tidak boleh berhenti belajar. Saat berada di lingkungan baru, kita harus berusaha memiliki nilai tambah. Kita harus bermanfaat bagi lingkungan itu. Kalau saya ada atau tidak ada, lalu hasilnya sama saja, itu tidak baik karena berarti saya tidak memiliki niai tambah.

 

Anda bisa mencintai bidang pekerjaan yang berbeda, apa kuncinya?

Kita seyogianya tidak boleh berhenti belajar, apalagi jika pekerjaan itu bisa dipelajari. Memang untuk menikmati dan menyenangi tugas tidaklah gampang. Tetapi, itulah filosofinya. Kita harus punya niat belajar karena di setiap pekerjaan pasti ada ilmunya.

 

Saya pun berpindah-pindah bidang pekerjaan, walau tetap ada kaitannya dengan ilmu yang saya kuasai di bidang keuangan. Sebagai catatan lain, mutasi kerja saya melalui dua jalur, yakni melalui jalur tes internal dan promosi atau penunjukan oleh manajemen puncak. Jadi, saya pindah tugas bukan karena meminta atau bosan.

 

Jika dirunut, seperti ada siklus empat tahunan dalam fase karier profesional saya di perbankan. Setiap empat tahun, saya selalu deg-degan karena pasti dimutasi. Di tempat baru pada tahun keempatnya kembali deg-degan, dan benar, dimutasi lagi.

 

Saya adalah produk pendidikan di BNI, mulai officer development program, management development program, hingga executive development program. Alhamdulillah, saya melalui itu semua. Setelah lulus program, biasanya saya dimutasi. Kecuali di BBPN, itu lain cerita. Karena top 10 debitur BNI saat itu luar biasa, nilai kreditnya sampai hampir Rp 60 triliun.

 

Definisi sukses menurut anda?

Ada yang menarik membicarakan kata “sukses”. Bagi saya, sukses itu bukan kebetulan. Tak ada yang kebetulan di muka bumi. Menurut saya, berdasar pengalaman dan perenungan, sukses itu pertemuan yang ideal antara persiapan kita, dan kesempatan. Begitu kesempatan ada, tapi kalau kita tak siap, ya tidak sukses. Kalau kita sudah persiapkan, tapi kesempatan itu tidak ada, juga tidak jadi sukses.

 

Jadi, pertemuan yang ideal antara kesiapan kita dengan kesempatan, itulah sukses. Persiapan itu penting karena menimbulkan kesempatan. Jadi, tugas kita mempersiapkan diri sebaik mungkin.

 

Supaya siap harus bagaimana?

Kita harus mencintai, menyenangi, dan belajar sungguh2. Maka, ketika kesempatan itu ada, kita akan relatif bisa menjalankannya dengan baik. Orang yang diberi kesempatan tetapi tidak siap, akan ter-seok2 dulu, atau perlu belajar lama. (Totok Subagyo; AB; Sumber: Investor Daily : http://www.beritasatu.com/figur/477135-sukses-itu-bukan-kebetulan.html)-FR *** Bersambung……….

One Response to Sukses bukanlah kebetulan(2/4)

  • Harry Reksosamudraser. says:

    Sy anak pedagang palawija yg kala th 1964 msh SMA, sy pilih bantu mama yg sdh janda pd th itu, pdhal teman2 lain melanjutkan studinya. Mengapa pilihan sy begitu ? Tidak lain akibat mahalnya biaya kuliah, terutama masuk di Univ ternama yg jk dinilai skrg mencapai 2 mily plus diktat, semesteran, uang kost dll yg plg menjengkelkan jk sdh semester akhir untuk program doktoral hrs keluar uang lagi, dimisalkan anda jd dokter hrs merangkak pd dinas Pemerintah 2 th ditempatkan dipelosok ato bisa agak mending jk keluar duit, mungkin bisa pilih kota mana yg dimaui. Menyadari hal ini, jiwa dagang sy menghitung dg uang segitu banyak, jk dibuat modal kerja, bisa lgs berkarier, tidakkah semua job berakhir dg UUD ? Ujung Ujungnya Duit ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita