logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sukses bukanlah kebetulan(1/4)

Geger N Maulana(beritasatu.com/figur)- Tak ada yang kebetulan di dunia ini. Sesuatu tidak turun dari langit, melainkan harus diperjuangkan dan disongsong dengan persiapan matang. Kesempatan untuk meraih kesuksesan turut ditentukan oleh persiapan yang dilakukan.

 

Nilai2 ini diyakini Geger N Maulana dalam mengarungi samudera kehidupan, termasuk berkarier. Itu sebabnya, pria kelahiran Bandung, 11/12/1961 ini punya definisi tentang kesuksesan.

 

“Sukses itu bukan kebetulan. Sukses itu pertemuan yang ideal antara persiapan kita dan kesempatan. Tugas kita mempersiapkan diri sebaik mungkin,” ujar Geger yang kini menakhodai PT BNI Life Insurance (BNI Life), perusahaan asuransi joint venture PT BNI Tbk dengan Sumitomo Life Insurance Company.

 

Dalam menyongsong kesuksesan, Maulana menyatukan 3 kekuatan : Cinta, ilmu, dan nilai tambah. Ke-3 nya tombak trisula meluncur ke sasaran. “Mencintai dan menyenangi pekerjaan, menguatkan kita terus belajar meningkatkan kompetensi diri dan memberi nilai tambah bagi lingkungan pekerjaan”. Maulana berkisah perjalanan hidup, karier, keluarga, dan prinsip hidupnya. Berikut wawancara dengannya.

 

Bagaimana awal mula anda bergabung dengan BNI Life?

Setelah bergelar SE akuntansi dari FE Unpad-Bandung (1985), saya berkarier sebagai dosen di kampus almamater. Namun, saya jalani 2 tahun. Saya tak puas hanya mengupas teori, sehingga saya mendirikan perusahaan konsultan bersama teman. Saya jadi konsultan Bank Dunia di Cirebon, sebelum dapat panggilan kerja di PT BNI di Jakarta.

 

Saya mulai di industri perbankan (1987), sebelum diterbitkan paket kebijakan deregulasi perbankan era Orde Baru, dikenal dengan Paket Kebijaksaan Oktober 1988 atau Pakto 88. Jadi, saya alami masa industri perbankan sedang pesat2nya. Jumlah bank meningkat dan agresif berekspansi pascapenerbitan Pakto 88, hingga muncul krisis ekonomi moneter 1998.

 

Saya menapaki tangga karier di Bank BNI di bagian keuangan. Sempat ditempatkan di kantor wilayah setelah melewati tes internal masuk kelompok future leader. Saat krisis ekonomi moneter, saya jadi tim restrukturisasi. Saya ikut menangani restrukturisasi nasabah top BNI yang masuk penanganan BPPN.

 

Setelah 2 tahun mengurusi restrukturisasi di BPPN, saya kembali ke BNI, menangani consumer business dan mengembangkan kartu kredit. Empat tahun kemudian, Pak Arwin Rasyid (AR) menjabat wadirut Bank BNI menarik saya kembali ke bagian keuangan. Satu tim dengan Pak AR, sampai saya jadi GM-Head of Financial Controller Division BNI.

 

Salah satu tugas saya yang berkesan saat saya ditunjuk jadi ketua due diligence untuk rights issue Bank BNI. Sukses, hampir US$ 1 miliar yang masuk sebagai equity sehingga rasio kecukupan modal (CAR) bank cukup kuat untuk ekspansi.

 

Sebulan setelah perayaan keberhasilan rights issue Bank BNI, saya ditugasi ke anak perusahaan, BNI Life. Saya dan teman2 diminta memperbaiki keuangan BNI Life karena disiapkan menggandeng strategic partner. Setelah pembenahan 2 tahun, kami mengundang 16 calon strategic partner, kemudian menyusut jadi 5. Akhirnya yang ditunjuk Sumitomo Life.

 

Sebagai bankir, kini saya belajar asuransi. Ini kombinasi keilmuan bagus, antara keuangan dan aktuaris. Itu sekelumit perjalanan karier saya hingga menjabat wadirut BNI Life sejak 2011, dan kini jadi pelaksana tugas dirut BNI Life untuk mengembangkan bisnis asuransi jiwa. (Totok Subagyo; AB; Sumber: Investor Daily : http://www.beritasatu.com/figur/477135-sukses-itu-bukan-kebetulan.html)-FR *** Bersambung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita