logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Siswa Indonesia-Raih Ajang Seni-2018 di Jepang

Siswa Indonesia-Raih Ajang Seni-2018 di Jepang(edukasi.kompas.com)-Sekali lagi, SMA Indonesia raih penghargaan di ajang Internasional. Kali ini delegasi kita meraih emas di ajang “International High Schools Arts Festival 2018” di Tokyo Jepang, 5-10/8/18. Diselenggarakan The International Foundation for Arts and Culture (IFAC) dan memasuki tahun ke-19.

 

Kompetisi ini bertujuan meningkatkan dan mengembangkan kreatifitas di bidang seni khususnya poster, lukisan dan kaligrafi, serta menambah pengalaman seni dan budaya untuk siswa2 pendidikan menengah lintas negara.

 

1-Hasil seleksi FLS2N 2017

Kompetisi tahun ini diikuti 18 negara dari 3 benua kategori poster dan lukisan. Selain kategori itu, ada kategori lain untuk seni dan budaya Jepang berupa kaligrafi yang diikuti seluruh Provinsi di Jepang. Kategori poster dan lukisan, tiap negara maksimal memilih 6 nominasi karya terbaik dikirim ke pihak IFAC. Tiap negara diundang hadir di acara pameran dan penganugerahan pemenang.

 

Enam nominasi karya terbaik Indonesia yang dikirim itu pemenang dari kegiatan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)-2017 di Kota Kupang, NTT. Karya perwakilan tiap negara dipamerkan bersama karya kaligrafi dari siswa SMA Jepang di National Art Center Tokyo. Upacara penganugerahan pemenang diadakan pada t8/8/2018 di ballroom hotel Ritz Carlton Tokyo.

 

2-Meraih medali emas
Delegasi kita raih 1 medali emas di kompetisi ini. Delegasi kita terdiri dari Mujahid Afif A.E. dari SMAN Modal Bangsa Aceh peserta dan Robin Kristian dari Direktorat Pembinaan SMA sebagai pendamping. “Saya bangga bisa mewakili Indonesia, alhamdulillah saya meraih 1 medali emas di ajang yang bergengsi ini. Saya berterima kasih ke Kemendikbud yang memberangkatkan saya ke Jepang,” kata Afif.

 

Afif harap ini terus dilanjutkan karena kompetisi ini, baik di bidang seni, sains dan OR, bermanfaat, untuk jangka pendek dan panjang ke depan. Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan SMA, Kemendikbud menyampaikan kita dan terhormat dapat ikut ajang ini. “Selain sains, kita harus mengembangkan bidang lain seperti seni budaya dan OR sesuai prinsip olah pikir, olah rasa, olah hati dan OR” jelasnya.

 

3- Tidak kalah dengan Eropa dan Amerika
Kegiatan ini harus dipandang sebagai kesempatan berharga untuk memperkuat hubungan persahabatan dan memajukan kerjasama global untuk pembangunan pendidikan, seni dan budaya dunia yang berkualitas dan berkelanjutan. Suharlan, Kasubdit Peserta Didik, Direktorat Pembinaan SMA, Kemendikbud menyampaikan Indonesia tak kalah dengan negara lain dari benua Eropa dan Amerika.

 

“Buktinya Indonesia bisa berbicara dengan meraih medali emas pada kompetisi yang diselenggarakan oleh IFAC. Karena itu, kompetisi seperti ini perlu kita pertahankan dan kita tingkatkan lebih baik lagi, dari segi seleksi dan pembinaan di tingkat nasional” kata Suharlan.
Selain kegiatan ini, siswa2 diajak mengenal sejarah, seni dan kebudayaan Jepang dengan mengunjungi tempat kerajinan tradisional Jepang, kuil2 bersejarah dan museum. Delegasi Indonesia telah kembali dan disambut Kasubdit Peserta Didik Direktorat Pembinaan SMA, Suharlan (10/8/2018).

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Prestasi Dunia, Siswa Indonesia Raih Emas Ajang Seni 2018 di Jepang”, Penulis / Editorr : Yohanes Enggar Harususilo; Bahan dari : https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/10/21143801/prestasi-dunia-siswa-indonesia-raih-emas-ajang-seni-2018-di-jepang)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita