logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Siswa di Jerman menciptakan Airbag untuk HP

Siswa di Jerman menciptakan Airbag untuk HP(tekno.kompas.com)-Melindungi ponsel dengan bumper case atau aksesoris lain, mungkin biasa. Tapi jika ponsel dilindungi oleh airbag layaknya sebuah mobil? Siswa di Jerman membuat casing ponsel unik. Casing canggih ini memiliki mekanisme perlindungan dan peredam selayaknya sebuah airbag.

 

Casing ini dari luar tak beda dengan aksesoris kebanyakan. Bentuknya tebal, solid, materialnya seperti berbahan dari karet. Sepintas casing ini seperti aksesoris biasa, jika dilihat lebih seksama, ada perbedaan mencolok di tiap sudutnya. Casing ini memiliki sensor gerak dan ketika ponsel melayang dan jatuh, secara otomatis casing ini mengeluarkan kaki2 fleksibel yang berfungsi sebagai peredam.

 

Kaki2 itu keluar dari 4 sudut casing bersamaan. Dikutip KompasTekno dari Motherboard, (29/6/18), Philip Frenzel, butuh waktu setidaknya 4 tahun endesain dan membuat casing canggih ini. Proses pembuatannya, harus mengorbankan cukup banyak ponsel untuk proses uji coba. Mahasiswa (25) dari Aalen University, Jerman ini menyebut buatannya dengan “Spider-App”.

 

Disebut spider karena jika peredam pada casing buatannya muncul, bentuknya mirip laba2. Casing canggih ini telah dapat penghargaan Mechatronic Prize 2018. Ide ini diapresiasi tinggi dari dewan juri yang menilai.

 

Philip akan terus mengembangkan desain aksesoris canggih buatannya ini agar bisa diproduksi massal dan dapat diterima banyak pengguna. “Mengemas iPhone dengan cangkang tebal seperti ini tidaklah menyenangkan” ungkapnya. Karya ini akan digunakan untuk tesisnya kelak dan tengah dalam proses untuk mendapatkan hak paten.

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Siswa di Jerman Ciptakan “Airbag” untuk Ponsel”, Penulis : Yudha Pratomo; Editor : Reska K. Nistanto; Sumber dari Motherbord dan   https://tekno.kompas.com/read/2018/06/29/14030057/siswa-di-jerman-ciptakan-airbag-untuk-ponsel)-FatchurR *

One Response to Siswa di Jerman menciptakan Airbag untuk HP

  • Harry Reksosamudrasamkek says:

    Setiap pemilik ponsel mesti alami hp nya pernah jatuh, demikian dg murid2 di Jerman, kemudian timbul ide bagaimana hp kesayangannya tdk sp cedèra atau mengalami kerusakan atas onderdil hp nya.
    Ide ini diaplikasikan sbg airbag yg mencegah benturan hp dg lantai akibat gravitasi bumi yaitu terjatuh, semoga dlm pengembangannya dicapai kreasi sederhana shg produk akhirnya bisa sesuai dg isi kantong org kebanyakan jadi jumlah peminatnya yg banyak, dpt membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita