logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical
Komentar baru

Siklus wanita Menstruasi

Siklus wanita MenstruasiSETIAP wanita mengalami menstruasi atau datang bulan. Namun, sejauh mana Anda memahami prosesnya? Jika Anda sudah lupa dengan pelajaran tentang reproduksi di kelas biologi dulu, berikut ulasan mengenai menstruasi, seperti dikutip Timesofindia Minggu (13/9/2015)

 

Siklus menstruasi adalah serangkaian perubahan bagian dari proses reproduksi wanita. Diatur oleh hormon, biasanya siklus ini dimulai ketika wanita berusia 11-14 tahun. Rata-rata lama siklus menstruasi adalah 28 hari, dengan siklus normal antara 23 sampai 35 hari.

Barikut adalah tahapan menstruasi yang perlu kita ketahui.

 

Menstruasi

Hari pertama menstruasi dihitung sebagai hari pertama siklus. Selama tahap ini, lapisan rahim yang telah dibangun selama siklus terakhir menstruasi akan meluruh, sehingga menyebabkan pendarahan yang dapat berlangsung antara 3-7 hari.

 

Nyeri menstruasi cenderung berlebih dalam beberapa hari pertama, karena hormon memaksa rahim untuk meluruhkan lapisan endotel organ tersebut.

 

Perkembangan folikel

Setelah menstruasi berakhir, hormon reproduksi Anda mulai mendorong pertumbuhan folikel di ovarium Anda. Setiap folikel berisi telur, meskipun ada banyak telur yang dihasilkan, biasanya hanya akan ada satu yang matang dan keluar dari ovarium.

 

Pada saat ini, lapisan rahim mulai menebal dengan pembuluh darah yang mengangkut nutrisi dari sari makanan, sehingga ketika sel telur dibuahi oleh sperma, embrio akan memiliki semua nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk tumbuh.

 

Ovulasi

Setelah telur matang, folikel pecah dan telur dilepaskan ke tabung fallopi. Proses ini dikenal sebagai ovulasi. Proses ini terjadi rata-rata pada hari ke-14 dari siklus mereka. Tanggal ovulasi dapat bervariasi pada setiap orang.

 

Pasca ovulasi

Telur bergerak sepanjang tabung fallopi menuju rahim. Ini adalah waktu paling subur, yang memungkinkan Anda untuk hamil, karena telur bisa bertahan hingga 24 jam sementara sperma bisa hidup selama beberapa hari di dalam rahim.

 

Lapisan rahim terus menebal dalam mengantisipasi embrio. Gejala sindrom pra menstruasi (PMS) seperti kembung, nyeri di payudara, mudah marah, dan depresi dapat muncul pada tahap ini.

 

Persiapan menstruasi

Jika telur belum dibuahi, hormon yang menjaga lapisan rahim mulai menurun, dan periode berikutnya dimulai. Di sisi lain, jika telur siap untuk dibuahi (telah matang), telur akan keluar ke tuba fallopi dan menempel pada lapisan rahim yang menebal, di mana plasenta terbentuk untuk memelihara embrio. (ren; Dewi kania; http://m.okezone.com/read/2015/09/13/481/1213264/siklus-menstruasi-wanita-yang-wajib-anda-ketahui?utm_source=wp_bt)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita