logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Sejarah Sosial Media dan grup kita(1)

Menurut saya sosial media adalah wadah atau tempat orang berkomunikasi sesama user (pengguna) secara tidak langsung dan butuh koneksi internet untuk berkomunikasi. User dapat berbagi informasi berupa, kejadian, berbagi foto, untuk menambah wawasan dan bisa untuk ajang cari / tambah teman.

 

Internet aspek penting dalam aplikasi sosial media, internet merangkul dunia yang berperan dalam kehidupan. Internet bisa jadi rekan manusia berkomunikasi di sosmed. Melalui internet manusia berbagi info, kegiatan bisnis dan menjalin hubungan sosial antar manusia dengan menggunakan sosmed.

 

Tergantungnya kebutuhan pada sosmed banyak perusahaan2 IT membuat aplikasi2 sosmed : FB; twitter, myspace dan friendster, BBM; WA dan banyak lagi aplikasi sosmed di era modern ini. Perkembangan tekno kini membuat banyak aplikasi sosmed  baru yang bermunculan di dunia maya.

 

Kini dengan mengandalakan smartphone dan internet, kita bisa mengakses beberapa situs sosmed dan itu semua bisa kita akses dimana saja dan kapan saja asal terhubung internet dan itu membuat arus informasi semakin besar dan pesat.

 

Perkembangan sosmed yang pesat di negara maju dan di negara berkembang, banyak user sosmed dan perkembangan yang pesat ini jadi pengganti peran media massa konvensional dalam menyebarkan berita atau informasi. Indonesia di urutan ke-5 di dunia penggunaan akun twitter.

 

Selain berbagi info, sosmed dan internet dapat dijadikan kegiatan bisnis, seperti toko online. FB dan Twitter menurut saya sosmed yang banyak digunakan di toko online, mereka membuat akun baru dan memberi nama akun mereka jadi kategori barang dagangan mya yang akan mereka dagangkan.

 

Membuat komunitas bisa juga dilakukan melalui sosmed, komunitas2 seperti fans boyband, girlband, fans  pecinta OR sepak bola, fans grup band dan banyak komunitas komunitas yang bisa kita buat.

 

Perkembangan Sosial Media

  •  Awal terbentuknya sosmed 1978 dari penemuan sistem papan bulletin. Kita dapat mengunggah / mengunduh info, berkomunikasi dengan surat elektronik (email) terkoneksi internetnya dengan saluran telepon n modem. Sistem papan buletin ini ditemukan Ward Christensen dan Randy Suess.  Keduanya pecinta dunia komputer.  Perkembangan sosmed pertama kali melalui email pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency) pada tahun 1971.

 

  • 1995 Lahir situs GeoCities yang melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan data website agar halaman website itu bisa di akses dari mana saja, dan munculnya GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website2 lain.

 

  • 1997 Muncul situs jejaring sosial pertama : Sixdegree.com walau tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang merupakan situs jejaring sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan situs jejaring sosial di banding Classmates.com

 

  • 1999 Muncul situs membuat blog pribadi, yaitu Blogger. Situs ini menawarkan untuk bisa membuat halaman situs sendiri. Sehingga pengguna dari Blogger ini bisa memuat apapun, termasuk pribadi atau mengkritisi pemerintah. Sehingga bisa di katakan blogger ini tonggak berkembangnya Medsos.

 

  • 2002 Berdirinya Friendster, situs jejaring sosial yang saat itu jadi booming, dan keberadaan media sosial jadi fenomenal.
  • 2003 Berdirinya LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial (Medsos) makin berkembang.

 

  • 2003 Berdirinya MySpace, MySpace menawarkan kemudahan menggunakannya, sehingga myspace di katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
  • 2004 Lahir FB, situs Medsos yang terkenal ini, satu situs jejaring sosial yang beranggota terbanyak.

 

  • 2006 Lahir Twitter, situs Medsos beda dengan yang lain, karena pengguna Twitter hanya bisa mengupdate status atau Tweet ini yang hanya di batasi 140 karakter.
  • 2007 Lahir Wiser, situs Medsos pertama diluncurkan tepat pada peringatan Hari Bumi (22/4/2007. Situs ini diharapkan jadi direktori online organisasi lingkungan dunia termasuk pergerakan lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.

 

  • 2011 Lahirnya Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+, namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.

 

Tidak banyak yang tahu, sebelum eranya FB atau MySpace, bahkan Friendster, ada Medsos : Friends Reunited. Dari infografik dan  MarketingDirecto.com,  berikut  tercantum cukup lengkap perkembangan media sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012.

 

Terdapat hal2 menarik sebelum muncul atau lahirnya FB, seperti kelahiran Friends Reunited, Medsos pertama 1998 Hingga 2003. Ketika FB lahir, jejaring sosial Friends Reunited ini memiliki 15 juta pengguna Hingga 2008. Saat FB muncul pertama, Medsos ini penggunanya 400 juta pengguna.

 

Lalu 2008 juga-lah Friends Reunited dijual, dan menghilang sampai kini. Pada 1995, internet baru memiliki satu juta situs. Tiga tahun berikutnya, industridotcom sulit diprediksi. Data terakhir menunjukkan pengguna internet dunia, yang diperkirakan 1,97 miliar (30% dari total populasi di Dunia).

 

Dari infografik ini menunjukkan bisnis di Medsos kejam, MySpace menggeser Friendster, tapi harus menyerah oleh FB. Google+ mungkin belum besar menggeser FB, tapi kalau melihat kurun waktu yang dibutuhkan, FB butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5 tahun. Google+ yang baru lahir 2011, apakah butuh selama itu menggeser FB? (http://sugikshare.blogspot.co.id/2013/10/sejarah-sosial-media-dan-perkembangan.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita