logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Rudolf penemu mesin Diesel(4/4)

Kemampuan orang ada batasnya. Jika kerja dan terus bekerja tanpa diselingi santai dan evaluasi, bisa dibayangkan akibatnya seperti dilansir porosbumi.com tentang lanjutan kisah Rudolf Diesel berikut ini :

Jatuh bangun

 

Berkat sabar dan ulet, Pabrik mesin diesel  di Kota Augsburg berdiri tahun 1898. Empat mesin  specimen perdananya ia pamerkan di Pekan Raya Muenchen dan dia berhasil menyelesaikan mesin diesel pertama dengan kompresor untuk Perusahaan Deutz AG.

 

Mungkin karena kelelahan mental dan fisik akibat tekanan kerja keras, Rudolf masuk Rumah sakit jiwa di Neuwittelsbach, Muenchen. Tetapi beruntung Pabrik mesin diesel pertamanya di AS dapat rampung tahun itu juga.

 

Badai kembali datang, tahun 1899 Pabrik pertamanya di Augsburg ditutup karena gagal mencapai taget produksi. Tapi tahun itu jadi pembuktian mesin temuannya, yakni untuk pertama kalinya mesin diesel digunakan dilapangan pengeboran minyak di Gailizin.

 

Pada awal abad 20, (tahun 1900) pabrik mesin diesel pertamanya di London-Inggris diresmikan.  Dan saat demo mesin diesel di Pekan Raya Paris, mendapat sambutan yang istimewa dan mendapat hadiah utama.

 

Tetapi kesehatan Rudolf saat hasil kerja kerasnya dapat apresiasi tinggi, justru menurun drastic dan ia sering jatuh sakit. Karenanya ia pindah cari pemukiman lebih segar di sekitar kota Muenchen (1901).

 

Sembari rehat menenangkan jiwa, ia banyak menulis buku. Ia sosok luar biasa, dan patut di teladani. Ia tak ingin duduk manis dan ber-leha2. Ia sibuk menulis dan menerbitkan buku untuk menginspirasi Manusia. Dan kali ini buku yang ia tulis bukan buku mekanik, tapi pandangan yang bermuatan Filosofis berjudul ‘’Solidarismus natürliche wirtschaftliche Erlösung der Menschen “, tahun 1903.

 

Di buku ini jelas pandangan dasarnya sebagai Insinyur yang peduli permasalan social dan lingkungan hidup. Dua tahun berselang 1905 mesin diesel digunakan untuk pertama kali sebagai mesin Kereta api menggantikan mesin uap. Dan puncak prestasinya tahun 1910 ia tampil pada Pekan Raya Paris dengan rancang bangun mesin diesel yang ber BBM kacang dan minyak ganja.

 

Tahun 1912, saat pidato menerima hak patennya atas mesin jenis baru, dunia mencatat tentang masa depan, yaitu mesin baru yang digerakan oleh BBM nabati yang di kenal sebagai bio diesel, ‘’Pemakaian minyak nabati sebagai BBM saat ini seperti tak berarti, tapi saatnya nanti jadi penting, sebagaimana minyak bumi dan produk tir-batubara)”. Mesin biodiesel itu disempurnakan Ludwig Elsbett.

 

Akhir yang tragis

Pada tanggal 29/9/1913, Diesel pergi dengan Dresdendi Antwerp untuk menemui perusahaan Consolidated Diesel Manufacturing di London. Ia  makan malam di atas kapal dan beristirahat di kabinnya jam 10 malam, dan besoknya dibangunkan pada pukul 6.15 pagi. Kabinnya ditemukan kosong keesokan harinya, dan ia tak pernah ditemukan hidup kembali.

 

Pencarian di kabinnya ditemukan kasur Diesel belum pernah ditiduri meski jam tangannya masih tertinggal disitu. Topi dan jaketnya ditemukan terlipat dengan rapi di railing. Sepuluh hari kemudian, kru kapal berbendera Belanda menemukan ada seseorang terapung di Laut utara dekat ­Norwegia.

 

Tubuh orang ltu membusuk sehingga sulit dikenali. Meski begitu, para kru kapal mendapat beberapa  benda pribadi yang terbawa orang  itu (dompet, kartu identitas, ­pisau lipat, tempat kacamata). Tanggal 13 Oktober, benda2  ini dikenali oleh anak Rudolf, yakni Eugene Diesel, sebagai benda milik mendiang ayahnya. Bersambung………….

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://porosbumi.com/rudolf-diesel-penemu-mesin-diesel/)-FatchurR

One Response to Rudolf penemu mesin Diesel(4/4)

  • Harry Reksosanudra says:

    Bgt gigihnya Rudolf perjoangkan idealisme demi kemajuan tanah airnya, jg sbg motivator kala tubuhnya dlm masa pemulihan buktikan dedikasi serius buat generasi muda.
    Menilai pengorbanan yg dilakukan membukti kan betapa keyakinan atas temuannya amat berguna dan skrg mesin2 berat semua Diesel, disamping tahan lama dlm penggunaan harian juga daya tahan produknya seumur hidup sp ditemukan yg lbh effisien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita