Perjuangan Anak Penjual Kue Lulus Dari ITB

Perjuangan Anak Penjual Kue Lulus Dari ITB(republika.co.id)-JAKARTA; Kuliah merupakan keistimewaan bagi sebagian besar rakyat Indonesia, sama seperti yang dirasakan Hamzah Zamzami Mahmud pemuda Garut.

 

Hamzah punya mimpi berbeda dibanding rekan sebayanya. Hamzah ingin kuliah di ITB, satu kampus terbaik di Indonesia. Hamzah bercerita ke Aza El Munadiyan Manajer Strategic Partnership dalam wawancara ketika bertemu di acara wisuda program beasiswa Beastudi Etos-PTTEP di Hotel Aston Priority TB Simatupang, Ahad (24/11).

 

Hamzah berceritera kisah ketika dia sejak mengenyam bangku SD.  “Aku berasal dari ekonomi terbatas. Aku bantu ibu jualan kue di sekolah. Tak ada malu atau minder. Ini terpaksa dan harus dilakukan agar bisa hidup dan terus sekolah. Saking tak adanya uang, aku beberapa kali ke sekolah hanya bawa uang yang cukup untuk ongkos berangkat saja” kata Hamzah mengawali ceritanya.

 

“Ketika berangkat sekolah seperti itu ibu selalu berpesan, tenang dan yakinlah pertolonganNya. Insya Allah, Allah pasti membantu hamba-Nya yang penting berangkat sekolah. Dan benar, Allah menolong hamba-Nya yang yakin akan kekuasaannya. Ada saja jalan aku bisa kembali ke rumah dengan selamat tanpa kurang sesuatu,” kata Hamzah.

 

Pengalaman menempuh SD membuat dia makin sadar dan kuat menjalani hidup dan melangkah demi langkah mencapai cita-citanya. “Ketika sekolah berjuang untuk hidup, biaya sekolah dibalas oleh Allah dengan kemudahan kuliah. Proses tidak pernah mengecewakan hasil yang diperoleh. Aku lulus masuk jurusan teknik Geologi ITB”.

 

“Lalu dari mana biaya kuliahku? Alhamdulillah aku memperoleh beasiswa Beastudi Etos Dompet Dhuafa yang bekerja sama dengan perusahaan minyak Thailand, PTTEP. Empat tahun kuliah, segala kebutuhan kuliah dan hidupku dipenuhi pemberi beasiswa itu” kata Hamzah.

 

“Berkat fokus kuliah tanpa mikir dari mana biaya hidup dan biaya kuliah, aku jadi delegasi International Geoscience Competition perwakilan ITB di Universitas Malaya, Malaysia. Nilai akademikku selalu di atas 3 dari skala 4. Semua yang aku peroleh selama kuliah tak lepas dariNya, doa dan semangat dari ibu serta penunjuk jalan”.

 

“Terima kasih Beastudi Etos Dompet Dhuafa dan PTTEP semoga aku bisa membalas segela hal yang telah diberikan, menebarkan kebermanfaatan, dan membanggakan bagi semua amin,” kata Hamzah.

 

Hamzah, salah satu alumni penerima manfaat beasiswa Beastudi Etos Dompet Dhuafa–PTTEP. Dompet Dhuafa merupakan lembaga sosial yang menghimpun dan mengelola dana masyarakat.

 

(Red : Agung Sasongko; Bahan dari : https://www.republika.co.id/berita/q1qan3313/kisah-perjuangan-anak-penjual-kue-lulus-kuliah-di-itb)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita