Pencegah Jerawat

Cantik berjerawatJerawat memang bukan hal yang menyenangkan bagi siapapun, baik pria maupun wanita. Bagi wanita, jerawat biasanya muncul ketika akan, saat, dan setelah menstruasi. Dan, jerawat akan membuat muka terlihat kotor dan kusam. Jerawat akan muncul akibat gangguan regenerasi sel-sel kulit atau keratinisasi.

Regenerasi kulit yang tidak sempurna itu menyebabakan sel kulit lama mempertahankan diri dengan mengunci kelenjar minyak dan pori-pori, yang juga menahan sebum (minyak alami pada kulit) dan protein di bawah permukaan kulit. Protein dan minyak tersebut menjadi makanan bagi P. acnes, bakteria yang menyebabkan timbulnya jerawat.

Beberapa pakar kesehatan mengatakan bahwa banyak cara untuk menghindari timbulnya jerawat, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Walaupun makanan sehat hanya mempengaruhi timbulnya jerawat sebesar 25 persen saja, dan sisanya adalah karena faktor hormone, stres, pola tidur, lingkungan dan bagaimana seseorang merawat diri, namun tetap saja makanan dapat mempengaruhi.

Beberapa makanan yang dapat menjadi pilihan untuk Anda konsumsi dalam mencegah timbulnya jerawat, antara lain:

•    Zinc
Pada beberapa orang yang berjerawat, ditemukan bahwa orang tersebut hanya memiliki kadar mineral zinc yang lebih rendah dibandingkan yang tidak berjerawat. Zinc dapat membantu mencegah jerawat dengan mencegah pertumbuhan P. acnes. Zinc banyak terkandung di dalam kalkun, kacang almon, dan gandum.

•    Selenium
Selenium berfungsi sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari radikal bebas, misalnya saja gandum, ikan tuna, ikan salmon, bawang putih, telur dan beras merah.

•    Vitamin A
Vitamin A berfungsi untuk membantu regenerasi sel kulit. Dan, vitamin A banyak terdapat pada minyak ikan, ikan salmon, wortel, bayam dan brokoli. Hati-hati dalam mengkonsumsi suplemen tambahan, karena konsumsi vitamin A berlebih justru akan mengakibatkan vitamin A bertindak sebagai racun, terutama saat masa kehamilan dan menyusui.
•    Omega
Mengonsumsi omega juga akan menghindari Anda dari serangan jerawat yang menyebalkan. Omega berfungsi untuk meredakan peradangan pada kulit akibat jerawat. Dengan banyak mengonsumsi ikan salmon, ikan sardine, kenari, biji bunga matahari dan kacang almond.
•    Gula
Salah satu kandungan yang dapat mencegah jerawat adalah gula. Anda dapat mengonsumsi gula yang banyak terdapat pada roti putih, kentang, minuman dan camilan.
•    Vitamin C dan E
Konsumsilah sumber vitamin C alami, seperti jeruk, lemon, pepaya dan tomat. Atau vitamin E pada kentang, kacang-kacangan, minyak zaitun, biji bunga matahari, alpukat, brokoli dan sayuran hijau.
•    Air putih
Selain mencegah dehidrasi, air dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh yang menyebabkan masalah kulit, membantu metabolisme dan regenerasi kulit. Disarankan untuk mengkonsumsi 5-8 gelas perhari.
•    Susu
Susu mengandung suatu zat yang dapat meningkatkan kadar hormon (androgen) dan hormon tersebut dapat meningkatkan produksi sebum (minyak alami pada kulit).

One Response to Pencegah Jerawat

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Alhamdulilah, terima kasih atas sajian ini, sangat bermanfaat. Karena anak asuhku pulang dari KKN didesa, mukanya berjerawat. Kata dokter kulit disebutkan Malignant Acne (jerawat yang ganas). Memang jenis jerawat yang ini harus ditangani oleh dokter Sp Kulit dan Kelamin (anak kolega di Mataram, sarannya sbb:
    Prinsip therapynya yang pertama adalah PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, yang diringkas menjadi CTPS alias Cuci Tangan Pakai Sabun, sebelum memegang wajah).Melakukan pembersihan wajah, dengan sabun wajah (ramuan/ resep yg hanya ybs yang tahu),saat bangun tidur pagi hari, sore sesudah beraktifitas dan malam sebelum tidur
    2.Selesai pembersihan wajah, maka diberikan cream pengelupas lapisan tanduk kulit paling luar, selama 5 sampai 7 hari, untuk membantu mengelupaskan sel2 yang mengalami kesulitan terjadinya keratinisasi secara alami (untuk mempercepat rontoknya sel2 kulit lapisan tanduk, yang bertahan/bandel tidak bisa mengelupas sendiri). Untuk periode ini, penderita Acne harus super duper sabar, karena wajahnya menjadi jelek, kadang jerawat tumbuh lagi 1 atau2 yang baru, sehingga tuntas, tidak ada yang tumbuh lagi. Penderita harus menghindari terpapar sinar matahari, menghindari debu saat perjalanan diluar rumah, dengan memakai masker wajah, dilarang melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat di wajah. juga dilarang berenang. Menghindari makanan yang manis2, juga makanan yang banyak minyak/gorengan, makanan yang pedas, juga menghindari makan coklat, dan kacang2an
    3.Untuk membunuh kuman P.Acne nya dengan meminum antibiotika sejenis Clindamycine 150 mg, 2 X sehari, selama paling sedikit 1 bulan (selama acne masih ada)
    4. Memakai cream gel yang rasanya dingin, sesudah melakukan pembersihan wajah, untuk menstimulasi tumbuhnya sel2 kulit yang baru, dan sehat
    5.Diberikan cream malam, untuk mempercepat regenerasi sel
    6. Minum vitamin C (Ester C 500 mg) juga vitamin A dosis rendah
    Selama 2 minggu pasien diibaratkan kalau ulat, sebelum menjadi kupu2 yang cantik, harus puasa,prihatin,dan sabar dengan menjadi kepompong. Jadi untuk memotivasi pasien agar tidak minder maka disebutkan saat ini pasien menjadi Sang Itik buruk rupa
    Sesudah 2 minggu, control kembali, dilakukan pembersihan jerawat yang masih ada, dan langsung diberikan masker wajah untuk mempercepat keratinisasi, sehingga wajah mulai nampak halus, dan jerawat berkurang tinggal 30% saja. Saat ini anaku belum kontrol kembali. Besok saat kontrol. kuceritakan tahapan selanjutnya Sabaaaar ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita