logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mulai usaha(5)-Kisah Samuel Vauclin

Dream job(Seri ke-5)-Kisah Samuel Vauclain. Ada kisah lain tentang anak muda yang membenci pekerjaannya. Anak muda ini, Sam, bekerja di pabrik mekanik. Sam ingin berhenti, tapi ia tidak bisa menemukan pekerjaan lain. Akhirnya, untuk membunuh rasa bosan, Sam dan temannya menciptakan permainan.

 

Mereka berlomba membuat baut sebanyak mungkin. Setelah beberapa lama, karena melihat keuletan Sam, supervisornya menaikkan jabatannya. Hal ini terus berlanjut hingga beberapa tahun. Tiga puluh tahun kemudian, Samuel Vauclain menduduki jabatan tertinggi di perusahaan itu, sebagai presiden Baldwin Locomotive Works. Itu karena Sam mau mengubah pekerjaan biasa menjadi aktivitas menarik.

Mikhail Csikszentmihalyi, psikolog dari Universitas Chicago, bertemu dengan pekerja pabrik logam di Chicago selatan. ”Hawa di sana saat musim panas sangat panas seperti dalam oven,” kata Mikhail, ”dan sangat dingin seperti es ketika musim salju.

 

Suara logam bertalu keras sehingga Anda harus berteriak jika ingin bicara. Anehnya, orang itu nampak tenang dan terlihat menikmati pekerjaannya. Selama tahunan, ia mengisi waktu dengan mempelajari mesin yang ada di sana. Ia satu-satunya orang di pabrik yang bisa memperbaikinya. Ia senang bila diminta memperbaiki mesin2 itu. Ia gembira jika semua pekerjaan di pabrik berjalan mulus.”

Menurut Mikhail, sebuah pekerjaan yang baik harus memiliki variasi dan tantangan. ”Seberapa besar variasi ini tergantung sepenuhnya pada cara pandang dan pendekatan yang kita lakukan, bukan berdasarkan kondisi kerja sebenarnya.”

 

Dengan berpikir positif, pekerjaan apapun akan menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Jadi, cobalah mencari alternatif pekerjaan lain yang bisa dilakukan. ”Caranya,” menurut Scott McKeen, ”adalah dengan memulai apa saja. Masukilah sebuah bidang pekerjaan dan tentukan apakah hal itu sesuai dengan diri Anda atau tidak.

 

Jika tidak sesuai, Anda bisa berhenti dan coba yang lain. Kegiatan pencarian ini akan menyenangkan.” Bahkan George Bernard Shaw, filosof Inggris, pernah bekerja sebagai kasir 9 tahun sebelum akhirnya menjadi penulis sukses. Selamat mencoba. (Indies Surpree; Sumber; Lenterabuku.com; dan http://m.kompasiana.com/post/read/721205/1/tips-menjadi-entrepreneur-dan-memulai-usaha-sendiri.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita