logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mengenal Cabang OR-Esports

esports(kompasiana.com)-Banyak yang belum tahu apa itu eSports? Mari kita mengenal jauh apa itu esports. eSports biasa di sebut sebagai OR elektronik atau bidang olahraga yang menggunakan game sebagai bidang kompetitif.

 

eSports tidak ada bedanya dengan olahraga lain karena sama2 mengharuskan mengatur strategi untuk mengalahkan lawan. Namun yang membedakannya dengan olahraga lainnya ialah olahraga elektronik yang bekerja hannyalah otak bukan fisik.

 

Di luar negeri eSports dijunjung tinggi dan dianggap sebagai profesi serius. Contoh di negara Korea dan AS menawarkan beasiswa eSports 4 tahun. Ada juga klub2 sepak bola yang mulai menggeluti eSports, seperti Manchester Citymulai membuka cabang eSports dengan memberi kontrak kepada proplayer bernama Kez Brown untuk bermain game Fifa.

 

Inggris sudah membuat saluran TV yang berkonten khusus menyiarkan berita atau siaran mengenai eSports. Namun sayangnya di Indonesia, olahraga ini dianggap tabu bagi sebagian besar orang.

 

Bahkan ada sebagian orang menentang adanya OR elektronik ini dan selalu dikenal negatif karena tidak ada yang bisa dihasilkan dari bermain game, karena bermain game selalu dikaitkan dengan hal-hal yang tidak ada manfaatnya dan hannya membuang waktu saja.

 

Padahal banyak atlet eSportsyang bisa menghasilkan uang jutaan hingga miliyaran rupiah hannya dari bermain game. Contoh nya ialah “Syed Sumail Hassan” Sumail adalah seorang pro player atau pemain Dota.

 

Dia adalah anak umur (16) asal Pakistan yang mendapatkan hadiah sebesar USD 1.6 juta atau sekitar Rp. 22,6 miliar dengan memenangkan kompetisi The International2015 bersama dengan teman-temannya. Sumail lalu dikenal sebagai pemuda yang menghasilkan pendapatan tertinggi dari bermain game.

 

Nah itulah segelintir cerita mengenai eSports. Semoga stereotypenegatif masyarakat Indonesia mengenai eSports dapat berubah menjadi positif serta semoga industri eSports di Indonesia bisa maju dan team-team eSports maupun proplayer Indonesia bisa mengharumkan bangsa Indonesia dengan memenangkan tournament Internasional.

 

(Sumber artikel: https://id.wikipedia.org ; http://www.hipwee.com/list/perkembangan-esport-di-dunia-semakin-diminati-dari-masa-ke-masa/  ; https://duniagames.co.id/news/1457-ini-kisah-sumail-gamer-muda-terkaya-di-dunia  dan https://www.kompasiana.com/nabrajasa/596e226fb614010b8644cd52/mari-mengenal-apa-itu-esports)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita