logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mendorong produksi ikan-Mahasiswa UGM kembangkan Micro Bubble G

Kini makin banyak saja remaja, siswa dan Mahasiswa menemukan penilitian bermanfaat seperti dikutip dari laman ugm.ac.id berikut ini : Menurut Badan Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), Indonesia termasuk 10 negara memproduksi ikan terbesar di dunia.

 

Hal ini mengindikasikan peran Indonesia memenuhi permintaan konsumsi ikan dunia besar. Setidaknya, 75% produksi ikan berasal dari industri ikan tangkap karena didukung potensi lautan luas. Sayangnya, eksploitasi yang berlebihan membahayakan ekosistem kelautan dan dapat mengurangi kemampuan produksi hasil laut.

 

Selain sektor industri ikan tangkap ada sektor sangat potensial dikembangkan, yakni perikanan budidaya. 25% total produksi perikanan Indonesia asal sektor perikanan budidaya. Sejak 2005 perkembangan sektor ini stagnan karena permasalahan lahan dan air bersih untuk budidaya ikan.

 

Kondisi ini mendorong 3 mahasiswa UGM berinovasi meneliti pengadaan air bersih untuk budidaya ikan. Mereka : Muhammad Nabil Satria Faradis dan Fajar Sidik Abdullah dari Teknik Mesin dan Untari Febrian Ramadhani dari Manajemen FEB yang menghasilkan teknologi microbubble generator (MBG). Penelitian ini diajukan dalam kompetisi Badan Pembangunan Internasional AS (USAID).

 

“Teknologi ini memungkinkan jumlah oksigen terlarut dalam air bisa meningkat karena ukuran gelembung yang jauh lebih kecil dibanding ukuran gelembung yang diproduksi dari aerator biasa,” jelas Nabil, kepada wartawan (4/5) di Lab Akuakultur, Departeman Perikanan, Fakultas Pertanian UGM.

 

Nabil menjelaskan MBG dikembangkan dalam rangkaian sederhana. Rangkaian ini terdiri 2 komponen utama : Pompa dan pipa. Pengaplikasian teknologi ini meningkatkan kualitas air di kolam pembiakan ikan. Dengan kualitas air yang makin baik akan mendukung pertumbuhan ikan dalam kolam.

 

“Ikan akan makin panjang, berat, dan jumlah ikan mati dari masa pembibitan hingga panen  berkurang,” tuturnya. Teknologi ini juga dapat membuat distribusi oksigen dalam kolam lebih sempurna. Pasalnya, gelembung udara bisa dihasilkan dari dasar kolam. Hal ini menyebabkan teknologi ini cocok diterapkan di lahan terbatas dengan kedalaman maksimal.

 

“Dari hasil uji yang kami lakukan terlihat pengaplikasian teknologi MBG ini mampu meningkatkan kualitas air dan menyalurkan oksigen di kolam maksimal dan bisa diterapkan di daerah minim air”.

 

Mereka melakukan penelitian di lab. Aquaculture, Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian UGM. Selain uji dalam skala laboratorium, alat ini telah diujikan di lapangan yaitu di kolam pembudidayaan ikan di daerah Cangkringan, Sleman. Penelitian ini melibatkan Departemen Teknik Mesin dan Industri, Depatemen Teknik Kimia, Departemen Perikanan, dan Pusat Studi Energi (PSE) UGM.

 

Untari berharap inovasi teknologi ini membantu meningkatkan produksi ikan tahunan hingga 50%. Hal itu juga meningkatkan kesejahteraan hidup nelayan2 lokal. “Saat ini kami terus mengembangkan teknologi MBG ini. Kedepan rencananya kami gunakan panel surya untuk pembangkit listrik dan mengembangkan aplikasi berbasis android untuk pengontrolan alat ,”terangnya.

 

Dr. Deendarlianto, Ketua Pusat Studi Energi, salah satu supervisor penelitian ini menjelaskan selama ini Pusat Studi Energi jadi salah satu pionir dan frontier knowledge dari riset Mikrobubble. Riset ini adalah ujicoba pertama pemanfaatan di bidang perikanan.

 

“Saat ini MGB masih memproses pengajuan paten. Kedepan, rencananya alat ini diproduksi massal sehingga bisa digunakan masyarakat mendukung peningkatan produktivitas budidaya ikan ,” (Humas UGM/Ika)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://ugm.ac.id/id/berita/11609-mahasiswa.ugm.kembangkan.micro.bubble.generator.untuk..mendorong.produksi.budidaya.ikan)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita