logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Memulai usaha sendiri(1)

membuka usaha sendiri(Seri ke-1)- “Bekerja adalah perwujudan dari cinta. Jika Anda tidak bisa bekerja dengan cinta, tapi dengan benci, akan lebih baik bila Anda meninggalkan pekerjaan Anda, lalu duduk di muka kuil, menunggu sedekah dari orang-orang yang bekerja dengan penuh cinta.” KAHLIL GIBRAN

Mencari pekerjaan tidak mudah. Makin banyaknya jumlah pencari kerja, kegiatan cari kerja bisa menjadi pekerjaan itu sendiri, dan menjadi salah satu pekerjaan terberat yang pernah Anda dilakukan. Tapi tidak usah takut. Berusaha dan berusaha lagi. Jangan menyerah. Pastikan Anda mengikuti petunjuk berikut :

1)-Pilihlah bidang pekerjaan yang Anda sukai. Anda harus tahu kemana arah dan tujuan karir Anda. Lihatlah orang yang bekerja di bidang itu. Perhatikan, kondisi mereka setelah bekerja selama 5-10-20 tahun di bidang itu. Apapun keadaan mereka, itulah gambaran diri Anda tahun2 mendatang. Jika menyenangi pekerjaan, Anda akan mengerjakan semua tugas dengan baik, menikmati pekerjaan, dan akhirnya membuat Anda bertahan lebih lama dalam karir Anda.
2) Tingkatkan terus keterampilan yang dimiliki. Cari tahu keahlian apa saja yang dibutuhkan untuk bidang pekerjaan pilihan Anda. Jika setelah sekian lama berusaha, pekerjaan ideal yang Anda harapkan belum juga terwujud? Apakah Anda harus berdiam diri?

 

Menghabiskan waktu menunggu dan menunggu tanpa kepastian kapan berakhir? Jawabnya tentu TIDAK. Bekerja di bidang pekerjaan yang kita minati adalah ideal. Sama seperti halnya cinta, yang ideal kadang sulit diwujudkan. Itu sebabnya Anda harus punya Plan B atau rencana kedua guna mengantisipasi jika hal itu sampai terjadi.

Ada dua hal yang bisa Anda lakukan, yaitu:
1) Membuka lapangan kerja sendiri,
2) Mengubah pekerjaan biasa menjadi aktivitas menarik.

Kedua-duanya bisa dilakukan. Banyak orang besar berhasil dengan menerapkan kedua hal di atas. Bekerja adalah kegiatan positif. Tapi banyak orang menyangka hal itu hanya dapat dilakukan di kantor atau perusahaan.

 

Pendapat ini sama sekali tidak benar. Bekerja adalah aktivitas membangun dan produktif. Anda bisa bekerja kapan saja, dimana saja. Selama Anda mampu menghasilkan sesuatu yang positif dan produktif, dimanapun tempatnya, Anda sudah bekerja!

Satu hal yang harus diingat Anda TIDAK BOLEH berdiam diri. Ingat, waktu terus berlalu, usia kian bertambah. Setiap hari, makin banyak anak muda baru yang masuk ke dunia kerja. Jadi, daripada menghabiskan waktu menunggu dan menunggu, mengapa tidak berusaha membuka lapangan kerja sendiri? Mengapa tidak mencoba berbagai jenis pekerjaan sambil menunggu pekerjaan ideal Anda tiba?
”Banyak anak muda yang sekali gagal mencoba langsung patah semangat dan merasa putus asa,” kata filosof besar Amerika, Ralph Waldo Emerson, ”Jika anak muda tidak berhasil dalam usaha pertamanya, orang-orang akan langsung memvonisnya sebagai seorang yang gagal.

 

Apabila seorang anak muda lulusan perguruan tinggi ternama di kota New York atau Boston tidak berhasil mendapatkan pekerjaan dalam waktu setahun di salah satu kota besar di Amerika, dianggap wajar jika ia merasa kecewa dan mengeluh sepanjang hidupnya.

 

Sementara di kota lain, di kota kecil Vermont atau New Hampshire, ada anak muda lain. Ia mencoba berbagai jenis pekerjaan. Mulai dari mengajar, mengelola koran lokal, terpilih sebagai anggota DPR, menjadi walikota, dan begitu seterusnya.

 

Selama bertahun-tahun ia jatuh bangun dalam karirnya. Tapi, seperti kucing, ia selalu jatuh di atas kedua kakinya untuk kemudian bangkit kembali. Anak muda kedua ini lebih unggul dari anak kota pertama. Ia tidak menunda hidupnya, tapi aktif menjalani hidupnya. Ia tidak hanya memperoleh satu kali kesempatan, tapi memiliki seratus kali kesempatan.”. Bersambung ……………….

(Indies Surpree; Sumber; Lenterabuku.com; dan http://m.kompasiana.com/post/read/721205/1/tips-menjadi-entrepreneur-dan-memulai-usaha-sendiri.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita