Memerah ASI

AsiBagi ibu yang bekerja, memerah ASI adalah hal penting yang harus dilakukan supaya si kecil bisa tetap menyusu. ASI merupakan asupan yang terbaik bagi bayi. Setidaknya ada 400 nutrisi khusus pada ASI yang diperlukan oleh bayi untuk otaknya supaya tumbuh secara optimal. Karena hal itulah ASI sangat dianjurkan untuk diberikan kepada bayi. Minimal selama 6 bulan pertama setelah ia lahir.

Namun, terkadang pemberian ASI bagi ibu yang bekerja menjadi salah satu kendala bagi para ibu. Padahal, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari memerah ASI. Selain dapat mempertahankan prosuksi ASI, Anda juga dapat terhindar dari payudara bengkak dan nyeri, karena produksi ASI yang berlimpah. Berikut beberapa panduan tentang cara memerah ASI yang menggunakan tangan.

1.    Duduk nyaman dengan posisi punggung sejajar.
2.    Sebelum mulai memerah, bersihkanlah terlebih dahulu puting Anda.
3.    Setelah semua sudah siap, barulah Anda mulai untuk memerah ASI, dimulai dengan merangsang puting agar refleks hormon prolaktin dan oksitosin timbul.
4.    Letakkan ibu jari di atas puting sementara jari telunjuk dan jari tengah berada di bawah puting.
5.    Mulai mendorong payudara Anda ke arah dada dengan cara seperti memijat.
6.    Jika Anda melakukan dengan cara yang benar, sudah dipastikan Anda tidak akan merasakan sakit. Anda dapat melakukan hal tersebut beberapa kali hingga ASI Anda keluar. Dan penting diingat, yakinkan ASI Bunda tidak mengalir melalui jari telunjuk Bunda, sehingga ASI tidak terbuang.
7.    Ketika ASI mengalir lambat, gerakkan jari anda di sekitar areola dan berpindah-pindah tempat, kemudian mulai memerah lagi sampai ASI yang tersimpan menjadi kosong.
8.    Ulangi prosedur ini sampai payudara menjadi lembek dan anda merasa telah mengosongkan payudara sebanyak yang anda bisa.

Review by : dr. Margareta Amelia

sumber : www.meetdoctor.com 

2 Responses to Memerah ASI

  • betul sayangilah anak

  • Harry Reksosamudra says:

    Nutrisi ASI tdk tergantikan oleh substitusi produk industri krn begitu kompleksnya unsur gizi yg lgs bisa diserap organ bayi tanpa efek samping terutama ada zat khusus sbg daya tahan tubuh jd dg asupan ASI si bayi dipastikan tdk gampang terserang penyakit jg effek allergi atas unsur tambahan pd susu formula kalengan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita