Mainan lawas(7)-Cendak ndodok

10a-Cendak Ndodhok-Petak jongkok10a-Cendak Ndodhok / Petak jongkok :  Dimainkan oleh banyak anak dan tidak memerlukan alat bantu.

Cara bermain : Tentkan sat orang yang akan mengejar. Untuk menghindari pengejar boleh jongkok. Bila jongkok berarti tidak dapat disentuh oleh pengejar. Anak yang berdiri dapat membangunkan anak yang jongkok

 

Tetapi, anak yang terakhir jongkok berarti akan menjadi pengejar menggantikan pengejar yang lama. Begitu juga dengan anak yang tidak jongkok namun berhasil disentuh oleh pengejar akan menjadi pengejar selanjutnya.

————–

 

10b-BEKEL10b-BEKEL
Bekel biasanya dimainkan oleh anak-anak perempuan berusia 7 — 10 tahun dengan jumlah pemain 2 sampai 4 orang. Permainan ini bersifat kompetitif atau bisa dipertandingkan dengan aturan-aturan yang disepakati bersama.

Apa saja sih alat yang digunakan untuk bermain bekel?
1. Bola karet. Bola ini terbuat dari karet. Besarnya kira-kira seukuran bola pingpong atau bola golf. Bola ini biasanya berwarna-warni dengan motif yang menarik.
2. Biji bekel. Biji bekel ini ukurannya juga kecil. Biasanya terbuat dari kuningan yang berjumlah 10 buah. Setiap bijinya terdapat 4 muka yang berbeda.

Bagaimana cara mainnya?
Pertama , bola dan biji bekel itu digenggam menjadi satu, kemudian bola dilempar setinggi kurang lebih 30 cm. Setelah bolanya turun dan memantul, biji bekel dilepas dalam posisi acak, kemudian diambil satu per satu, dua-dua, tiga-tiga, dan seterusnya sampai habis.
Kedua , biji bekel yang sudah dilepas dari genggaman dibalikkan menjadi posisi menghadap ke atas atau istilahnya ‘mlumah’. Kemudian, dibalikkan lagi menjadi posisi tengkurap atau ‘mengkurep’.
Ketiga , permainan akan dinyatakan berakhir/berhenti atau istilahnya mati, jika saat pengambilan biji bekel tangan si pemain mengenai atau menyentuh biji bekel yang lain. Bersambung …………..  (http://my-undersky.blogspot.com/2011/01/permanian-anak-tempo-dulu-yang-hilang.html)-FatchurR

2 Responses to Mainan lawas(7)-Cendak ndodok

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Aku senang main bekel, dan juga sumbar suru atau main kecik, karena diperbolehkan oleh ibu. Penyebabnya permainan ini tidak traumatis, sehingga tidak membahayakan anak anak perempuan.Karena ibu, anaknya 4 cewek semua, jadi mewanti wanti, untuk bermain disekolah, ataupun saat sesudah pulang kerumah. Main Egrang, sepatu roda, sepedahan saja diwanti2 karena berpeluang trauma.

  • mimik astuti SMA Angk 68 says:

    Tapi untuk jurus2 silat, seperti untuk meloloskan diri saat tiba2 dipeluk dengan keras dari belakang, atau ruda paksa yang lain, kita diajari untuk menghindar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita