Mainan lawas(1)-Benthik-Congkenek

1a-permainan benthikMengenang permainan anak ini merupakan kenangan indah yang lucu. Mungkin Anda mainkan saat kecil misalnya : Congklak, gasing, bekel, petak umpet, petak jongkok, gobak sodor, petak benteng, dan masih banyak permainan menarik lainnya. Yuk, ikuti kembali mengenang masa kecil lima serial berikut :

1a-Congkenek (Benthik)

Gatrik atau dengan nama lain yaitu : Congkenek, tak kadal, patil lele atau juga di kenal dengan nama benthik di daerah sekitar yogyakarta, jawa tengah. Pada masanya pernah menjadi permainan yang populer di Indonesia. Merupakan permainan kelompok, terdiri dari dua kelompok.
Permainan ini menggunakan alat dari dua potongan bambu yang satu menyerupai tongkat berukuran ± 30 cm dan lain lebih kecil. Pertama potongan bambu yang kecil ditaruh diantara dua batu atau di atas lubang (luwokan) harus dipersiapkan di atas tanah lalu dipukul oleh tongkat bambu.

 

Diteruskan dengan memukul bambu kecil tersebut sejauh mungkin. Pemukul akan terus memukul hingga beberapa kali sampai suatu kali pukulannya tidak mengena / luput / meleset dari bambu kecil tersebut. Setelah gagal maka orang berikutnya dari kelompok tersebut akan meneruskan.

 

Sampai giliran orang terakhir. Biasanya setelah selesai kelompok lawan memberi hadiah gendongan dengan patokan jarak dari bambu kecil yang terakhir hingga ke batu awal permainan dimulai. Makin jauh, maka makin enak digendong dan kelompok lawan akan makin lelah menggendong.

 

1b-gobak sodor1b. GOBAG SODOR
Disebut gobak sodor karena permainan ini maju mundur melalui pintu-pintu. Dalam bahasa Belanda istilah gobak Sodor artinya sama dengan kata Bahasa Inggris “Go Back Through the Door”, sebagian menyebut Galasin, adaptasi dari bahasa Belanda (kalau di Bahasa Inggriskan : “Go Last In”. Kata-kata ini hanya rekaan rekayasa kutak-katik, jangan ditanya kebenarannya.
Remaja sekarang mungkin tidak familiar dengan jenis permainan ini, karena selain tidak ada pialanya permainan ini perlu beberapa orang yang mengikutinya. Garis-garis penjagaan dibuat dengan kapur seperti lapangan bulu tangkis, bedanya tidak ada garis yang rangkap.
Gobak sodor terdiri dari dua tim, satu tim terdiri dari tiga orang. Aturan mainnya mencegat lawan agar tidak bisa lolos ke baris terakhir bolak-balik. Untuk menentukan sang juara adalah seluruh anggota tim harus lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Anggota tim giliran “jaga” akan menjaga lapangan. Yang dijaga garis horisontal dan ada juga yang menjaga garis batas vertikal. Untuk penjaga garis horisontal tugasnya berusaha menghalangi lawan yang juga berusaha melewati garis batas yang ditentukan sebagai garis batas bebas.

 

Bagi yang mendapat tugas menjaga garis batas vertikal, tugasnya menjaga keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan. Permainan ini menarik, menyenangkan sekaligus sangat sulit. Bersambung…………  (http://my-undersky.blogspot.com/2011/01/permanian-anak-tempo-dulu-yang-hilang.html)-FatchurR

One Response to Mainan lawas(1)-Benthik-Congkenek

  • Wow asyik, terrkenang kembali masa kanak2. Bisakah kukembali ke era itu, hidup penuh kedamaian dan kebahagiaan, bermain di halaman langgar penuh dg kegembiraan, mungkinkah waktu berputar berbalik ke era itu ? Main bola”cekeran” di Gang Pen di halaman rumah Adi, Bubi, Boen bersaudara? Aku merindukanmu masa2 kecilku!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita