logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Mahasiswa UB-Abu Ampas Tebu atasi Pencemaran Limbah Logam berat

Mahasiswa UB-Abu Ampas Tebu atasi Pencemaran Limbah Logam berat(merdeka.com)-Mahasiswa UB Malang menggunakan abu dari ampas tebu untuk solusi pencemaran limbah jenis logam berat. Abu ampas tebu yang tidak dimanfaatkan jadi sumber silika yang berfungsi menyerap logam berat.

 

“Kami pilih abu ampas tebu sebagai sumber silika, karena kandungan silika abu ampas tebu tinggi,” kata Joshia Christa Pradana mahasiswa Teknik Kimia 2015, salah satu tim penemu ide, (28/7). Joshia memaparkan, hingga kini abu dari ampas tebu kurang dimanfaatkan. Padahal jumlah dari sisa pengolahan tebu di industri gula termasuk di Malang melimpah.

 

“Di Indonesia ada 10,2 juta ton/tahun”. Joshia dan 2 mahasiswa Teknik Kimia UB lainnya, : Indah F dan Philio V meneliti pemanfaatan silika dari limbah abu ampas tebu untuk penyalutan nanopartikel besi sebagai bahan penyerap penyisihan logam berat kromium. Penelitian dengan dosen pembimbing A.S. Dwi Saptati N.H itu didanai Kemenristekdikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

 

Valerino menerangkan, penelitiannya dengan ekstraksi silika dari abu ampas tebu sehingga didapat natrium silikat yang dimanfaatkan untuk membuat magnetit bersalut silika melalui metode elektrodeposisi.

 

“Elektrodeposisi itu pengendapan logam pada katoda selama elektrolisis. Hasil penelitian ini : Magnetit bersalut silika dapat menyerap logam kromium 57%” tegasnya. Lewat penelitian ini , Indah yang ketua tim, berharap bisa alternatif pengolahan limbah di industri kimia, khususnya di pengolahan limbah logam kromium. Hingga kini pencemaran logam berat jadi fokus pengolahan limbah industri.

 

Logam berat kromium banyak digunakan industri kimia yang umumnya ikut terbuang dan mencemari air dan air tanah. Padahal dampak logam berat kromium buruk pada kesehatan, bila terkonsumsi manusia atau makhluk hidup lain. “Sehingga limbah ini tidak membahayakan lingkungan dan makhluk hidup serta pertumbuhan industri kimia juga tidak terhambat,” katanya.

 

Kata Indah, metode paling umum dan efisien pengolahan limbah adalah metode adsorpsi atau penyerapan. Sebagai bahan penyerapannya Silika yang salah satunya bersumber dari abu dari ampas tebu. “Tapi Silika ini sulit diregenerasi. Guna mengatasi masalah itu, maka digunakan magnetit (Fe3O4) sebagai adsorben yang dapat diregenerasi”.

 

Magnetit bersifat mudah teroksidasi dan mudah larut di kondisi asam. Sehingga dilakukan modifikasi permukaan magnetit dengan cara melapisi permukaan magnetit dengan silika. Makin luas permukaan silika maka daya penyerapan makin tinggi. (Lia; Darmadi Sasongko; Bahan dari : https://www.merdeka.com/peristiwa/dari-tangan-mahasiswa-ub-abu-ampas-tebu-bisa-atasi-pencemaran-limbah-logam-berat.html)-FatchurR *

One Response to Mahasiswa UB-Abu Ampas Tebu atasi Pencemaran Limbah Logam berat

  • Harry Reksosamudrasamkekj says:

    Membayangkan pencemaran logam berat dlm air serta upaya meredusirnya bgt rumit, jk dulu disebut ion partikel atau atom, dg kecanggihan tehnologi nano yg lbh kecil dr pertama yg disebut, mungkin sebutan nano ini sdh final tdk akan berlanjut, tp siapa tahu ??
    Logam berat mmg zat berbahauya bg tubuh, jd diperlukan tehnologi tepat guna effisien mengatasinya, biarkanlah para pakar serta ahlinya menemukan tehnologi muthakirnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita