Kunci Mencerdaskan Otak Anak

Kunci Mencerdaskan Otak AnakTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Siapapun orangtua ingin sekali anaknya cerdas. Tapi bagaimana membentuknya? Nah, pakar tumbuh kembang anak,   Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K) membeberkan rahasianya.

Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo  FK Unair, Surabaya menyebut dua faktor kunci keberhasilan sebagai pembentuk kecerdasan dan perilaku pada masa awal kehidupan anak adalah  sirkuit jaringan otak yang terbentuk normal sesuai tahapan usia. Yang kedua adalah input eksternal dalam lingkungan sehari-hari oleh orang tua.

“Untuk membentuk kedua faktor itu dibutuhkan asupan nutrisi dan juga stimulasi dari orang tua dan lingkungan. Ini karena kualitas nutrisi dan stimulasi yang seimbang sangat krusial bagi anak,” katanya saat  temu media berupa seminar dan workshop Siapkan Cerdaskan Si Kecil Sejak Dini’ yang diselenggarakan  Morinaga akhir pekan lalu.

Nutrisi dan stimulasi adalah  kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam membentuk kecerdasan anak pada masa tumbuh kembang dan bagian  pengasuhan yang dilakukan oleh orangtua.

“Jadi keduanya harus diperhatikan dengan baik di periode sensitif terutama di masa kritis yang terjadi sejak dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun. Terlebih masa kritis merupakan saat terbaik memprogram kecerdasan pada anak, serta melakukan koreksi pada perkembangan anak,” katanya.

Ia menyebut seribu hari pertama kehidupan anak sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun merupakan periode kritis yang menjadi penentu tumbuh kembang otak anak.

Pada masa ini sirkuit otak tumbuh dan terbentuk nyaris sempurna hingga disebut sebagai window of opportunity, karena otak anak menyerap dengan baik dan cepat setiap informasi yang diberikan oleh lingkungan.

“Oleh karena itu sangat penting bagi orang tua memiliki pengetahuan mengenai kebutuhan anak di setiap tahapan tumbuh kembang, agar kecerdasan anak dapat berkembang dengan maksimal sesuai usianya,” kata Ahmad Suryawan.

Pemahaman yang baik akan menuntun orang tua mengetahui nutrisi terbaik yang harus diberikan, saat yang tepat kapan anak mulai berjalan, berbicara dan siap menerima stimulasi yang sesuai usianya.

“Pada masa seribu hari pertama kehidupan anak hingga berusia 6 tahun merupakan periode sensitif untuk membentuk tumbuh kembang dan kecerdasan anak, termasuk melakukan koreksi bila terjadi gangguan pada anak,”katanya. (Eko Sutriyanto)

One Response to Kunci Mencerdaskan Otak Anak

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Tepat sekali artikel ini untuk mencerahkan Alumni bagaimana bertanggung jawab dengan baik dan benar dengan berbudaya dan ilmiyah pada generasi berikutnya. Yang saya baca dari beberapa kitab parenting, input eksternal agar menjadi stimulus yang baik bagi anak anak adalah dengan orang tua berperilaku berbudaya yang luhur, memberi good example dalam kehidupan sehari hari, bertutur kata berperilaku lemah lembut. Ttanpa melabel negatip anak apalagi didepan morang lain. Dan membangun family tradition yang mulia dianrata keluarga dan kerabatnya, sebagai acuan perkembangan kepribadian anak.
    Tentu saja bagi orang tua yang keduanya selalu berlomba mencapai prestasi dan kekayaan, yang mencuri waktu yang semestinya untuk dekat pada anak dan keluarga perlu berpikir lebih bijak bagaimana tanggung jawabnya bagi anak dan masyarakat tetap bisa dilakukannya.

    Masyarakat dinegeri maju maupun diperkotaan negeri melarat seperti Indonesia terbukti semakin tidak bahagia, dengan berbagai akibat buruknya. Penyebabnya antara lain adalah hancurnya family tradition dan budaya leluhur. Dikalahkan oleh promosi promosi yang mendorong orang menghabiskan waktu untuk upaya menggapai apa yang sebetulnya tidak perlu secara berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita