logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Kulit Semangka Diubah Mahasiswa UMM Jadi Gel Anti Penuaan

Kulit Semangka Diubah Mahasiswa UMM Jadi Gel Anti Penuaan(jatim.sindonews.com)-MALANG; Penuaan (aging) jadi proses menakutkan yang dihindari sebagian orang. Terlebih kaum perempuan, yang tetap ingin tampil menarik dengan kulit segar.
Hal ini melatari Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), menciptakan formula berupa gel anti kusam dari kulit semangka (Citrullus lanatus). Adhea Fajarina Nugraheni, bersama Vika Amelia Safitri, dan Kiki Vergianti Ayuningtyas penemunya.

 

Penelitian didampingi dosen UMM, Siti Rofida. Temuan idaftarkan Program Kreativitas Mahasiswa-Penelitian (PKM-P) ini lolos pendanaan dari Ristekdikti sebesar Rp12.500.000. Ardhea koordinator kelompok mengungkapkan, seiring bertambahnya usia, kulit ikut menua. Salah satu solusi yakni melakukan tindakan pencegahan dan memperlambat proses aging yang mengkhawatirkan.
“Salah satu cara melakukan tindakan anti aging, dengan menggunakan kosmetik dari bahan tanaman yang banyak mengandung senyawa likopen dan antosianin yang berfungsi peremajaan terhadap kulit,” sebut Ardhea.
Selain ada senyawa likopen, lanjutnya, penggunaan kulit semangka dinilai mampu menutup pori-pori yang terbuka pada wajah dan menangkap radikal bebas yang disebabkan paparan sinar matahari dan polusi. “Kedua manfaat itu merupakan salah satu faktor pemicu terjadinya penuaan dini,” kata Ardhea.
“Biasanya semangka hanya dimanfaatkan dagingnya saja, bagian kulitnya dibuang. Sehingga kita juga memanfaatkan limbah kulit itu sebagai bahan aktif kosmetika yang dapat mengatasi limbah dan meningkatkan nilai jual,” lanjut Ardhea.
Dijelaskan pembimbing Siti Rofida, penelitian tiga mahasiswa program studi Farmasi ini dalam jangka waktu lima bulan dengan tahapan yaitu, persiapan bahan uji ekstrasi kulit buah, pembuatan gel anti kusam, pengujian mutu fisik dan pengujian aktivitas antioksidan gel.
“Kami berharap setalah adanya penelitian ini hasilnya dapat dipublikasikan dalam seminar nasional dan memiliki potensi untuk didaftrarkan hak paten. Selain itu juga dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk membuat penelitian lainnya,” harap Siti. (yet; Yuswantoro; Bahan dari : https://jatim.sindonews.com/read/11271/3/kulit-semangka-dirubah-mahasiswa-umm-jadi-gel-anti-penuaan-1559459160 )-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita