logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Knalpot Bekas diubah Tukang kebun Jadi Pompa Air Tanpa Listrik

Knalpot Bekas diubah Tukang kebun Jadi Pompa Air Tanpa ListrikDari Trenggalik, detik.com mewartakan bahwa : Hadi Suwito, tukang kebun di dalam satu sekolah di Kecamatan Panggul, Kab-Trenggalek berhasil mengubah knalpot bekas jadi pompa air otomatis tanpa listrik untuk mengairi ladang.

Salah seorang pegiat komunitas pemuda di Kec-Panggul, Mukti mengatakan rekayasa barang bekas itu kini mampu memberi manfaat bagi petani, karena mengalirkan air dari sungai yang ada di bawah lereng bukit untuk mengairi ladang yang berjarak 300 meter.

“Hadi membuat pompa ini untuk mengairi lahan petani yang ada di atas bukit, pisisi sungai itu lebih rendah 60 meter. Kapasitas pompa mampu mengalirkan 400 liter/jam. Meski sedikit, ini membantu,” kata Mukti, Minggu (19/3).

 

Mukti menjelaskan, untuk membuat satu rangkaian pompa air hidaulis ini, selain knalpot bekas, Hadi memanfaatkan piranti2 lain, seperti meteran gas elpiji, serta kopling motor bekas. Kreatifitas ini, sebagian besar dikerjakan Hadi, sedang Mukti dan komunitasnya sebatas melakukan pembinaan.

Karya tukang kebun ini dipamerkan kepada Bupati Trenggalek saat itu, Emil Elestianto Dardak saat blusukan ke sejumlah perbukitan di wilayah Panggul, untuk menggali potensi teknologi tepat guna.

“Ini luar biasanya, sederhana tapi bermanfaat bagi petani di sekitarnya. Kami akan memperhatikan kreatifitas sejenis untuk dikembangkan lebih baik” kata Bupati.

Hampir 70% Kabupaten Trenggalek merupakan kawasan pegunungan dan perbukitan, sehingga penerapan teknologi trepat guna seperti dilakukan Mukti, Hadi dan komunitasnya sangat tepat. Terlebih teknologi yang diterapkan tergolong murah dan ramah lingkungan.

“Saya senang bisa menemukan komunitas ini di Panggul yang proaktif dan kreatif memecahkan masalah mereka. Pompa ini terbukti berfungsi dan skalanya cukup lumayan,” ujarnya kepada detikcom. Emil menambahkan, pemerintah berupaya aktif menggali potensi komunitas lokal dalam menggerakkan pembangunan, selain itu pihaknya akan membina dengan melibatkan praktisi dan ahli dibidangnya.

“Potensi di Trenggalek ini luar biasanya, saya yakin banyak kreasi lain dari warga kami. Saat ini kami sudah komunikasi dengan Balitbang Kementerian PUPR agar sekiranya bisa kita sinergikan untuk pengembangan teknologi tepat guna,” terangnya. (nkn/nkn; Adhar Muttaqin; bahan dari

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://detik.id/6HEpaE)-FatchurR

One Response to Knalpot Bekas diubah Tukang kebun Jadi Pompa Air Tanpa Listrik

  • Harry Reksosanudra says:

    Memperhatikan wilayah Trenggalek diatas perbukitan, lahan pertanian tadah hujan jk tdk musim hujan gersang, mubazir tanpa hasil
    Hasil temuan Mukti n Hadi dkk, ternyata mampu alirkan air dr bawah keatas bukit walau volumenya kecil, tp memadai bisa dipakai. Tinggal menambah unitnya dr brg bekas yg cukup murah, mk hasil panen dpt ditingkatkan lbh besar lagi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita