logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Jepang Negara yang haus Inovasi

Jepang Negara yang haus InovasiPagi dan malam saat santai saya dan keluarga dan nonton berita, politik, kriminal, sosial budaya, hiburan dan teknologi. Bahasan tentang teknologi itu, yang kadang buat saya bergidik serem. Ini Jepang, edun banget ya kalau sudah “ber-main2” teknologi.  

 

Negara yang aktif menciptakan hal2 baru mutakhir dan canggih. Sampai saat sarapan, suami saya bilang sama anak2, kalian harus belajar yang bener, soalnya saat nanti kalian masuk dunia kerja, itu saingannya bukan manusia tapi robot. Saya yang ngedenger ngakak. Ngebayangin suasana kerja di kantor, robot2 mirip manusia seliweran sana-sini.

 

Negara yang haus Inovasi

Masyarakat jepang itu orang2 yang tak pernah puas. Otak mereka selalu memikirkan hal2 baru yang bisa membuat kehidupannya berjalan mudah dan lancar, efektif dan efisien. Saya pernah bermimpi dan ber- andai2 kalau ada robot yang membantu pekerjaan rumah tangga, pasti laku keras. Nyuci ada mesin cuci, nyapu ada robot rumba yang bisa bersihkan debu dan kotoran di lantai.

 

Pekerjaan yang paling tak saya suka, gosok baju. Selama hidup di Jepang saya tak pernah menggosok pakaian se-hari, biasanya dari jemuran langsung dilipat masukin lemari baju, tapi untuk baju kerja suami saya harus menggosoknya hingga licin. Saat setrika baju itulah saya ber-andai2 ada robot yang bisa nyetrika.

 

Tapi saya lihat berita ada mesin yang bisa setrika sampai melipat baju hingga rapih. Hebat banget. Melihat ini saya seneng, cihuy kalau acara gosok baju  ada yang ngerjain.

 

Lalu mobil tanpa pengemudi. Inovasi canggih jepang menciptakan mobil tanpa driver ini mengingatkan saya film series Knight Rider, itu si KITT, mobilnya bisa dipanggil sama si boss, dan bisa jalan walau tidak ada pengemudinya. Dulu saya mikir impossible banget, tapi sekarang ada di Jepang.

 

Latar belakang diciptakan mobil ini agar pengendara bisa nyaman dan beraktifitas lain, misal saat berkendara bersama keluarga, maka si papa yang biasanya nysopir, bisa bercengkrama dan bisa juga memperkecil kecelakaan. Mobil tanpa driver ini dipersiapkan menyambut Tokyo Olimpic 2020. Saya tetap yang ada supirnya, malahan serem kalau mobil bisa jalan kaya ada obake.

 

Saya senang kalau ada teman liburan ke Jepang dan menikmati suasana, dari yang mengamati tingkah laku orang2nya dan mengamati kecanggihan teknologinya. Toilet canggih, parkir mobil dan sepeda dengan sistem hidrolik, kecepatan dan ketepatan waktu saat naik kendaraan umum, pelayanan di restoran yang serba cepat dan ramah.

 

Kini teman2 yang berlibur ke Jepang, walau belum banyak, bisa menemukan robot2 yang bertugas sebagai receptionis atau pemandu arah. Anak2 saya suka ketemu robot di shopping mall yang bisa memberi petunjuk denah, lucunya si robot kok bisa ya di program bercakap dengan pengunjung.

 

Misalnya mengucapkan salam, dan memberi jawaban saat kita  tanya. Malah kadang ada loh robot yang bisa kasih tebak2an kepada pengunjung. Saya inget saat di Haneda Airport, karena datangnya kecepatan jadilah kita nunggu lama  sampai saatnya boarding, nah untung ketemu si robot super cerdas ini.

 

Jadilah anak2 tidak bosan dan seneng godain si robot ini, lucunya saat anak2 yang kasih tebakan atau kuis yang susah, di layar kecil yang ada di badan robot akan ada gambar benang kusut. Aya-aya wae.

Jepang menuju era yaitu tidak aneh berinteraksi dengan robot, sampai binatang peliharaan ada robot anjing yang bisa berlagak seperti anjing beneran.

 

Misalnya saat di-elus2 kepalanya, maka si anjing senang dengan goyangin buntutnya. Dari perusahaan sony ada robot guguk yang diberinama AIBO seharga hampir 200 ribu yen (Rp 20 juta). Waktu itu di TV, ada yang beli dan buat nemenin anak batita bermain.

 

Kalau anaknya mukul2 si anjing robot, anjingnya terlihat nggak suka dan agak marah (tapi gak gigit) dan kalau anjingnya lagi seneng sama si anak itu maka si anjing akan memfoto (ada kamera kecil di mata apa hidungnya) momen2 itu, dan nanti ortunya bisa lihat saat anak nya ketawa senang dan ceria saat main sama si Aibo..

 

Bukan saja dalam per-robot-an, ada perusahan retail baju yang terkenal punya sistem customer satisfaction yang bikin takjub. Yaitu, saat beli di toko, customer akan terima angket berbentuk kartu pos. Mereka bisa sampaikan keinginan baju atau model serta warna yang mereka harapkan, atau produk lama yang mereka ingin beli lagi dan berharap next season muncul dengan beraneka ragam warna.

 

Suara pembeli bagi perusahaan Jepang itu hal penting. Dari suara pembeli ini maka perusahaan baju itu bisa langgeng dan terus up to date. Bergerak terus maju dan berinovasi. Perubahannya itu bukan sia2. Inovasi berdasar keinginan dan kemauan pembelinya. Pembeli merasa senang bila suaranya di dengar Dn munculnya produk2 baru sesuai yang mereka mau.

 

Melihat ini karena Jepang bisa maju terus. Selalu mau belajar dan mendengarkan orang. Mereka merasa, keberlangsungan produk itu harus dinamis mengikuti perkembangan jaman. Tidak boleh kolot dan ketinggalan jaman.

 

Semoga Indonesia punya spirit berinovasi, jangan menepuk dada bangga dan cepat puas dengan yang ada, ciptakan hal2 bermanfaat, apalagi berguna buat digunakan orang banyak. Karena dengan berinovasi, maka kita jadi bisa berfikir kreatif dan selalu bergerak maju. (Weedy Koshino; bahan dari :  (https://www.kompasiana.com/weedykoshino/5a6fb5fbf13344084b4f57e2/jepang-negara-yang-selalu-haus-inovasi)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita