logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Guruh SN dan Gitar batik Nusantara

Guruh SN dan Gitar batik Nusantara(tabloidbintang)-Batik warisan budaya telah mendapat pengakuan dunia. Biasanya, hadir dalam bentuk helai kain. Bagaimana jika batik hadir di media lain seperti gitar? Di tangan Guruh Sabdo Nugroho (31), motif batik diukir di gitar kualitas premium dan diberi merek Batiksoul Guitar.

 

Selain digemari konsumen dalam negeri, gitar batik rancangan Guruh menembus pasar internasional. Tidak ada yang lebih menyenangkan selain memperoleh penghasilan dari hobi. Guruh gemar mendesain dan menggeluti seni membuat gitar bermotif sejak kerja sebagai tenaga teknologi informasi di perusahaan swasta (2007).

 

“Sejak bekerja, saya sering membuat gitar bermotif khusus atau gitar custom. Kadang saya jadi reseller gitar custom. Tapi kurang puas dengan hasilnya,” demikian Guntur memulai perbincangan.

 

Keingintahuan cara membuat gitar yang baik terus tumbuh. Ketertarikannya meninggi kala lihat seni membuat gitar bermotif dari berbagai negara yang terlihat rumit dan bernilai jual tinggi. Guntur belajar membuat gitar dengan mencermati tutorial di situs Youtube. Ia juga berkunjung ke lokasi2 pembuatan gitar di Indonesia, Malaysia, dan Singapura.

 

Guruh juga ikut forum di jagat maya (grup pembuat gitar) di dunia yang berbagi info membuat gitar bermutu. Berbekal ilmu itulah, pada 2011, Guruh mencoba membuat gitar. Rancangan Guruh unik  berkat keberaniannya memadukan unsur batik pada gitar buatannya. Motif2 buatan Guntur terinspirasi dari kampung halamannya, Sukoharjo, salah satu lumbung batik.

 

Mewujudkan ide gak mudah. “Perlu pengembangan 2 tahun hingga batik bisa disematkan di gitar tanpa mengurangi kualitas hasil suara. Teknik membatik pakai canting dan lilin malam. Saat pigmentasi dengan pewarna alam dan perilisan lilin malam butuh keahlian dan materi cairan khusus. Tujuannya, agar tidak merusak mutu kayu dan resonansi gitar. Jadi, gitar layak dijual pada kolektor” paparnya.

 

Gitar buatannya berbahan baku kayu mahogany dari Gunung Kidul. Kayu itu, tingkat kekerasannya tinggi. Selain itu, ia lirik sonokeling dan kayu mangga yang memiliki serat unik dan menimbulkan kesan eksotis. (ages; gur; Bahan dari :  https://www.tabloidbintang.com/berita/sosok/read/89750/guruh-sabdo-nugroho-dan-gitar-batik-buatannya-yang-terkenal)-FatchurR *

One Response to Guruh SN dan Gitar batik Nusantara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita