Gaya Hidup Bangsa China(4/4)

Rata2 GM nya muda dan etos kerja tinggi

Saya lihat perusahaan2 besar milik China di Indonesia, rata2 Grand Manager-nya usia di bawah(40). Misal: Gudang Garam, Djarum, dsb. Perusahaan2 itu tidak dipegang ayahnya, karena ayahnya jadi konsultan, yang menjadi eksekutif commite-nya adalah anak2nya.
Saya ingin kita berlatih 2 hal : Jangan memubadzirkan waktu, demi tegakkan etos kerja dan berprestasi lebih tinggi dari yang kita butuhkan. Kalau digandeng dengan akhlak dan tauhid, maka itu bentuk nyata dari fiddunya hasanah wa fil-akhirati hasanah.
Negara2 Islam, Saudi Arabia sampai Maroko, itu negara2 kaya, bukan Negara maju. Negara2 di Timteng jadi kaya, karena minyak melimpah. Yang menyedot minyak itu AS. Negara2 Timteng dikasih 15 % dari hasil sedotan. Itu membuat mereka jadi Negara kaya, tapi tidak bisa menjadikan mereka Negara maju.

 

Ketika saya ke Somalia, negara ini punya tambang2 banyak tapi miskin. Kenapa Negeri Islam, warganya miskin2, penduduk di daerah non-muslim kok tidak demikian. Ilmu ada di sini, yang melakukan orang di luar Islam. Jadi, ilmu etos kerja, ilmu penelitian dan kerja keras adalah Islami.

 

Di Negara2 Islam, penduduknya bertentangan beda paham dan aliran, saling bunuh. Ini membuat saya termenung. Banyak Negara2 saya kelilingi, lebih dari 40 Negara. Kunjungan ke China, lain bagi saya. Saya ke Moskow yang dedengkot komunis. Mereka dirikan komunisme yang bertahan 70 tahun, lalu ambruk.

 

Rusia setelah direformasi, ambruk, China setelah reformasi melejit. Keduanya komunis. Itu karena komunis berbudaya China (filosofi Konghucu), yaitu makan kurang dari penghasilan; orang Rusia, biaya makan melebihi hasil kerjanya. Kini orang China pergi ke Moskow besar2an menggarap pertanian2.

 

Sehingga Rusia berada di bawah kendali RRC. Ketika di China, saya ketemu pedagang AS asal Wall Street di New york. Dia minta, China itu tak mengekspor barang2 seperti kini, kalau diteruskan, perekonomian AS akan ambruk dalam 5 tahun.

 

Jawab China: “Saya tidak ingin ekspor barang saya, kalau rakyat Anda tidak ingin mmembelinya”. Hitungan China : Penduduk China itu 1.3 Milyar jiwa, kalau tiap orang dapat laba 1$, untungnya 1.3 Milyar dollar. (KH. A. Hasyim Muzadi; Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  Tamat……. (http://mylazuardi.multiply.com/journal/item/7/BELAJARLAH_GAYA_HIDUP_KEPADA_BANGSA_CHINA)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita