Gaya Hidup Bangsa China(2/4)

6-Segi Politik
Dulu China diperintah Kaisar dan tunduk padanya itu harga mati. Saat Kaisar menyuruh membangun tembok besar meski mengorbankan ratusan ribu jiwa. Tembok ini di puncak2 bukit 6000 KM. Kalau ada pekerja mati, dikuburkan di dekatnya. Jadi, tembok itu angker karena ada alam arwahnya.
Lanjut China dipimpin Komunis dan ditambah etos kerjanya, menjadikan China untung. Nilai yang dimakan orang China2, lebih sedikit dari nilai hasil kerjanya. Misal: Jika nilai kerjanya Rp. 20.000/hari, maka dia pakai Rp, 10.000/hari, sisanya Rp. 10.000 milik Negara. Ini waktu dipimpin Mao Zedong.
Setelah Mao wafat, ekonomi China diubah, politik tetap Komunis. Orang China diperintah kolektiv, dan ekonominya dibuka. Ada ekspor-impor, investasi. Lebih dari 4 juta remajanya dikirim ke seluruh dunia belajar membuat barang2 yang dibuat di negara2 yang ditempati. Semua dibiayai Negara.
Akhirnya ekonomi China berkembang pesat. Karena bangsa ini tak suka hidup mewah, budaya, juga faktor politik Komunisme. Jadi, Negara itu dari Komunis, bergeser ke Sosialis yang agak longgar, dan kini Kapitalis, namun bukan “dikapitalisasi” orang lain.
Kurang dari 20 tahun, kota2 besar di China disulap lebih hebat dari Washington dan New York. Di sana saya seperti masuk daerah aneh, karena saya dulu ke China, tapi tidak seperti kini. China menggeser ekonomi Barat. Ini karena RRC tidak terikat ekonomi internasional, IMF, ILO, WTO, dsb. RRC menggelinding dengan kekuatan raksasa yang dimiliki.
Hidup bangsa China tetep sederhana, budayanya mengacu filsafat Konghucu. Walau China itu komunis ajaran tidak berTuhan (atheisme), tapi mereka mengamalkan Kongfuche. China yang Kristen menganut Konghucu, orang China yang Islam juga menganut Konghucu, dsb.
Yang cocok dengan kandungan Hadits, China itu hidup di bawah penghasilannya. Sikap ini perlu ditiru. Tidak ada orang China menghabiskan Rp. 10.000/hari, kalau penghasilannya belum Rp. 15.000. Jadi, China itu pantang memakan habis keringatnya dan harus ada sisa.
Bangsa ini bisa bikin mobil, motor, dsb. Mereka tiru sepeda motor model Harley Davidson. Meski, mereka jarang naik motor. Di kota Peking, kalau orang pergi kurang dari 1 KM, mereka jalan kaki; lebih dari 1 KM, mereka naik sepeda; dan lebih dari 5 KM, pilih bus. Kalau kaya, punya mobil; itupun jarang dipakai, karena lebih suka naik bus walau punya mobil.
Banyak sepeda pancal, yang dipakai jelek2, karena yang baik2 dijual. Bangsa ini aneh, di RRC jarang ada rumah mewah, yang banyak rumah susun, maklum jumlah penduduknya milyaran. Bangunan megah itu misal universitas, pertokoan, mall, kantor, dsb.
Mereka jarang yang gemuk, langsing karena sering jalan kaki dan ber-OR. Tumbuh2annya berkhasiat ai obat2an, tumbuh subur. China itu miniatur tanaman2 berkhasiat obat. Ini menginspirasi Mr. Li Xiang memproduksi obat2an, dan dimodernisir. Pabrik Mr. Xiang kini menguasai 1/3 pasaran obat dunia.

 

Dia bersistem MLM (Multi Level Marketing) dan bonus, yang berhasil gaet pelanggan, diberi bonus. Kalau saya buat 100 anak Al-Hikam beli obatnya, maka saya untung dari 100 orang tadi. Dengan promosi berjenjang, orang2 ber-lomba2 kaya. Bonusnya ndak tanggung2, ada bonus pesawat, kapal pesiar, mobil, sepeda motor, dsb. (KH. A. Hasyim Muzadi; Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  Bersambung……. (http://mylazuardi.multiply.com/journal/item/7/BELAJARLAH_GAYA_HIDUP_KEPADA_BANGSA_CHINA)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita