Fridtjof Nansen Penjelajah Kutub Utara Yang Fenomenal

Fridtjof Nansen Penjelajah Kutub Utara Yang Fenomenal(travel.detik.com)-JAKARTA; Penjelajah dan negarawan asal Norwegia, Fridtjof Nansen, dilahirkan di Store Froen (1861). Sosoknya diplomat sekaligus penjelajah terkenal. Ekspedisi pertamanya 1882, ke  pantai timur Greenland. Di sana, Nansen meneliti dan cari specimen hewan untuk dibawa ke negaranya.
Setelah kembali dari Greenland, Nansen ditunjuk sebagai kurator di Museum Sejarah Nasional di Bergen. Ia menerbitkan buku pada 1880 berjudul The First Crossing of Greenland. Buku itu berisi catatan perjalanan Nansen selama menjelajahi Greenland dan prestasi yang telah ia lakukan.

 

Pada 1893, Nansen memimpin ekspedisi untuk jadi orang pertama yang berhasil ke Kutub Utara. Ekspedisi ini gagal mencapai tujuan, namun ekspedisi Fridtjof Nansen mencatat perjalanan paling utara ke arah kutub pada waktu itu. Ia berlayar dari Fram ke Pulau New Siberian.
Saat memasuki zona es kutub utara, kapal yang ditumpangi bergerak tanpa kendali ke arah utara pada  bongkahan es. Nansen dan tim terombang ambing dua tahun di wilayah bongkahan es yang besar.
Pada 1895, Nansen bersama F.H. Johansen meninggalkan kapal itu menuju lokasi yang ingin dituju, sedang anggota tim yang ikut berlayar diperintahkan kembali ke Norwegia. Nansen dan Johansen melanjutkan perjalanan menggunakan ski yang ditarik oleh anjing.
Setelah perjalanan beberapa hari, mereka sampai di titik tempuh yang lebih jauh 256 Km ke arah utara dari ekspedisi para penjelajah yang pernah kesana. Nansen menghabiskan waktu musim dingin di Pulau Franz Josef. Setelah lama menghabiskan musim dingin di Kutub Utara, mereka kembali ke Norwegia.
Eksplorasi Fridtjoh Nansen terhenti saat Perang Dunia (PD)-I 1914. Dekade-II abad ke-20, setelah perang usai, Nansen tertarik ke politik internasional dan isu-isu humanitarian. Prestasi terbesar Nansen sebagai negarawan, ia berhasil mengembalikan tawanan perang 450.000 ke rumahnya selama PD-I.
Saat itu Nansen menjabat sebagai ketua Liga Nasional Asosiasi Norwegia. Usaha Fridtjof Nansen membantu orang-orang yang mencari rumah baru setelah terjadinya perang ini membuat Nansen menerima hadiah Nobel Perdamaian pada 1992.
Pengalaman dan inovasi Nansen jadi acuan bagi generasi berikutnya yang berniat ingin mencapai Kutub Utara atau Selatan. Fridtjof Nansen, ilmuwan petualang, diplomat, sekaligus humanis, wafat (13/5/1930)

 

(lus/lus; Sudiarto Putra; Bahan dari : https://travel.detik.com/travel-news/d-4793716/fridtjof-nansen-sang-penjelajah-kutub-utara-yang-fenomenal)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita