logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Diterima kuliah di luar negeri itu gampang

Kompas.com-Lulus SMA atau S-1, banyak pelajar yang bertekad melanjutkan pendidikan lanjutannya.  Bahkan, tak jarang yang ingin meneruskan pendidikannya ke luar negeri.  Benua Biru dikenal memiliki sistem pendidikan bermutu mumpuni. Sebut saja Belanda, yang angkanya tinggi di atas rata2 dalam hal pendidikan versi OECD Better Life Index.

 

Meski sulit, tapi bisa berkuliah di Belanda, apalagi lewat beasiswa, bukan hal mustahil. Tahapan2 untuk diterima di salah satu dari 2.100 program internasional tak sesulit yang dibayangkan. “Diterima kuliah khususnya di Belanda, itu mudah, penuhi persyaratan. Semua dicapai jika serius belajar” ujar Aditia Noya, alumnus Saxion University of Aplied Science, Belanda, ke Kompas.com,  (17/10/17).

 

Melalui seleksi administrasi (tahap pertama), calon mahasiswa diminta melengkapi sejumlah dokumen, seperti ijazah, sertifikat TOEFL atau IELTS dengan kriteria2, serta menulis motivation statement. Semua dokumen ini dengan mudah lolos seleksi asal disiapkan.

 

Cari info

Tantangan lebih besar dialami ketika lolos seleksi dan menjalani kuliah. Pria (Adit) itu menceritakan, belajar di negeri orang bukan perkara mudah. Mahasiswa Indonesia menghadapi sistem pengajaran beda, interaksi dengan ratusan ribu pelajar dari negara lain, plus cuaca dingin jika musim salju. Tak ayal, hal2 ini butuh ketahanan mental yang kuat untuk tetap bertahan.

 

“Apalagi jika homesick, kangen makanan Indonesia,” canda Adit. Jadi sebelum kuliah di Belanda, Adit menyarankan cari informasi se-banyak2nya mengenai itu, misal mendatangi pameran pendidikan Dutch Placement Day (DPD) 2017.

 

DPD 2017 digelar 30/10/17, di Surabaya. Pameran pendidikan ini juga dihelat di Erasmus Huis Jakarta , 3/11/17. Dalam pameran ini, ada one-on-one session sehingga pengunjung dapat bertatap muka dengan perwakilan universitas di Belanda, dengan perjanjian lebih dulu. Melalui sesi ini, pengunjung puas gali info mengenai program studi di universitas yang dituju, juga  suasana pembelajaran di Belanda.

 

Lanjut ada sesi presentasi universitas dan beasiswa yang terbuka. Pengunjung dapat mendaftar di tempat acara (on the spot). Semua kegiatan ini gratis.

 

Persiapkan diri

Pameran ini hanya sehari, (3-4 jam), Anda harus persiapkan diri memanfaatkan dengan baik. Terlebih lagi, tiap tahun acara ini dijejali ribuan pengunjung. Sebelum hadiri pameran pendidikan, ada baiknya Anda kunjungi laman Dutch Placement Day (DPD) 2017. Pelajari yang  dipamerkan nantinya.

 

Anda harus sudah putuskan program studi/kampus tujuan. Infoi ini bisa didapat di Studyfinder” atau database studi yang bisa diakses online. Di sini Anda bisa dapat info program studi yang diminati. Jangan sampai salah pilih program. Jika salah pilih program, perkuliahan terasa makin berat dijalankan.

 

Penawaran dari universitas, persyaratan pendaftaran, batas pendaftaran, jadwal kuliah, biaya studi, hingga tautan ke situs universitas itu didapatkan di database ini. Bagi pemburu beasiswa, manfaatkan fasilitas “Grandfather”. Mesin pencari online ini ada gambaran umum semua beasiswa mengambil studi di Belanda. Jika ada hal2 yang perlu ditanya, catatlah di buku catatan.

 

Jika riset kecil2an dijalankan, selanjutnya pelajari area pameran. Cari rute ternyaman dari rumahke  Erasmus Huis hingga tak terjebak macet. Cari infomengenai denah pameran. Jadi, tidak menghabiskan  waktu keliling cari stand universitas incaran.

 

Lalu, jika ada jadwal presentasi dari program beasiswa sesuai minat Anda, sempatkan hadir. Sering, ruang presentasi tak cukup menampung peminat2 sehingga sebaiknya Anda datang sebelum presentasi dimulai dan pilih tempat duduk paling strategis.

 

Selama ikut pameran, jangan lepas buku catatan dari tangan agar tidak ada info penting terlewatkan, u saat presentasi dan konsultasi. Usahakan memperoleh kontak perwakilan universitas seusai konsultasi.

 

Setiap tenant menyediakan brosur, buklet, atau CD berisi  informasi2. Jangan segan minta. Sehingga usai pameran, Anda makin mantap untuk berangkat studi dan melangkah ke episode hidup baru yang berbeda. Selamat berburu tahun depan. (Aningtias; Dimas Wahyu; kompas.com)

Monggo lengkapnya klik aja :  (http://edukasi.kompas.com/read/2017/11/03/08030011/-diterima-kuliah-di-luar-negeri-itu-mudah-asalkan–)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita