logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

Cara sederhana Kelola Keuangan Keluarga

Cara sederhana Kelola Keuangan Keluarga(viva.co.id/gaya-hidup)- Mengelola keluarga bisa dibilang cukup sulit, terlebih dalam mengelola keuangan di rumah tangga. Ada kalanya ingin memberi terbaik untuk keluarga, namun di sisi lain, juga mesti realistis dengan pendapatan yang didapat.

 

Karenanya, butuh pengelolaan tepat dan disiplin, untuk menjaga alur keuangan dalam sebuah keluarga. Berikut, adalah 10 cara membuat dan mengelola anggaran keluarga yang dapat dipatuhi, yang memberikan keluarga Anda apa yang mereka butuhkan:

 

1-Lacak kebiasaan berbelanja

Ada program2 online gratis untuk melacak bagaimana Anda menghabiskan uang Anda. Mint.com menawarkan alat penganggaran besar yang mengategorikan pendapatan dan pengeluaran yang masuk dan keluar dari akun Anda. Ini memungkinkan Anda melihat tren pengeluaran apa saja yang paling banyak dihabiskan.

 

2-Tetapkan anggaran realistis

Anggaran dapat rumit, jadi tetapkan salah satu batas anggaran yang membuat nyaman. Petakan dari kebiasaan belanja berdasarkan kategori pengeluaran seperti sewa, hipotek, utilitas, hiburan, dan bahan makanan. Carilah area2, di mana Anda pikir Anda mungkin bisa mengurangi jumlah uang  itu, yang kemudian dimasukkan ke investasi dan atau tabungan.

 

3-Pikirkan rencana jangka panjang serta pendek

Perencanaan dari minggu ke minggu atau bulan ke bulan diperlukan. Namun, perencanaan ke depan untuk keadaan darurat, sangat penting.

 

4-Masukkan pengeluaran setiap anggota keluarga dalam daftar

Menjadi penegak anggaran itu kerjaan yang sulit, terutama ketika menyangkut hal2 seperti makan di luar. Anda dengan mudah melewati restoran cepat saji, saat lelah dan anak2 lapar. Sebaliknya, berikan mereka pilihan membantu memilih menu untuk makan malam. Memiliki kepercayaan diri terhadap keputusan seperti ini akan membuat pekerjaan Anda tidak terlalu sulit.

 

5-Carilah cara untuk meningkatkan tabungan

Ada banyak peluang di luar sana untuk membantu Anda membayar lebih sedikit untuk barang yang Anda butuhkan. Pertimbangkan menjadi anggota ke toko yang paling sering Anda kunjungi.

 

6-Jadwalkan hari membayar tagihan

Menyisihkan waktu ketika Anda benar-benar dapat fokus membayar dan mengurus sesuatu adalah yang sangat penting. Entah itu hari yang sama setiap minggu atau tanggal 15 dan 30, pastikan untuk membuatnya konsisten.

 

7-Lakukan penyesuaian Anggaran Anda

Anggaran berubah karena kebutuhan keluarga Anda berubah. Bersiaplah untuk melakukan penyesuaian terhadap anggaran Anda setelah beberapa bulan untuk mencobanya.

 

8-Carilah cara untuk menghasilkan sedikit uang tambahan

Mencari cara untuk menghasilkan uang tambahan juga salah satu hal yang mesti dipertimbangkan. Uang ini, kelak akan bisa disisihkan ke dalam tabungan atau digunakan saat dalam keadaan darurat.

 

9-Pastikan pembelanjaan Kartu Kredit

Pastikan bayar saldo pada akhir bulan. Membiarkan saldo dapat menimbulkan biaya bunga dan keuangan yang membuat Anda mengeluarkan lebih banyak untuk barang daripada harga sebenarnya.

 

10-Gunakan daftar ketika belanja

Salah satu cara terbaik mengikuti anggaran melalui penggunaan daftar. Bahkan, sebelum Anda berjalan melewati pintu toko, tuliskan apa yang akan Anda beli. Bawa daftar itu dan hanya membeli barang-barang itu. (asp; Tim Viva; Bahan dari  https://www.viva.co.id/gaya-hidup/parenting/1042081-10-cara-sederhana-kelola-keuangan-keluarga)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita