Tim Terbaik Robotik Indonesia Siap Bertarung Di China(edukasi.sindonews.com)-JAKARTA; Kemendikbudristek melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) sukses menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) wilayah I dan II 2021 secara daring akhir September 2021, dengan UGM Yogya sebagai tuan rumah penyelenggara.

Para juara pertama pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021 terpilih mewakili Indonesia pada Kompetisi Robot Internasional di China.

KRI 2021 mempertandingkan 6 divisi lomba : Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda (KRSBI-Beroda), dan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid (KRSBI-Humanoid).

Tim-tim terbaik tiap divisi dari wilayah melaju berkompetisi pada KRI tingkat Nasional pada 12-17 Oktober 2021. Juara pertama pada divisi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) 2021 akan  mewakili Indonesia dalam ajang ABU Robocon pada Desember 2021, secara daring di Jimo, China.

“Kita coba komunikasikan pada pengembangan kecerdasan buatan dibantu akademisi, guru besar di bidang teknik sehingga karya-karya terbaik itu bisa di akuisisi dan dikembangkan oleh industri,” ujarnya.

Asia Pacific Broadcasting Union (ABU) Robocon ini kompetisi robot internasional tahunan yang diikuti oleh mahasiswa dari negara Asia Pasifik. Dan KRAI, salah satu divisi pada Kontes Robot Indonesia (KRI).

Djoko Purwanto juri divisi KRAI mengatakan 2021 ada 19 tim KRAI dari perguruan tinggi lolos ke tingkat nasional dan akan dipilih 2 tim akan mewakili di ajang ABU Robocon 2021. Kontes ABU Robocon 2021 bertema “Throwing Arrows into Pots” dan tiap robot diminta melemparkan anak panah ke sebuah pot.

Sejak 2002, NHK Robocon diubah jadi ABU Robocon, disponsori ABU sebagai organisasi penyiaran program TV dengan 100an anggota dari berbagai negara. Indonesia diwakili TVRI yang bekerja sama dengan Pusat Prestasi Nasional, memfasilitasi keikutsertaaan Tim Robot agar dapat bertanding dalam kontes Internasional ABU Robocon ini.

Daftar Pemenang Kontes Robot Indonesia Wilayah II 2021

78 tim robot dari 107 perguruan tinggi turut KRI Wilayah I dan KRI Wilayah II. Untuk KRI wilayah II diikuti 138 tim mahasiswa dari 53 perguruan tinggi dengan rincian divisi KRAI : 23 tim, KRSRI 42 tim, KRTMI19 tim, KRSTI18 tim, serta KRSBI Beroda 27 tim, dan KRSBI-Humanoid 9 tim.

KRI ini kompetisi untuk mendorong kreativitas mahasiswa bidang teknologi robotika dan kecerdasan buatan. Meski pandemi, Asep berharap mahasiswa terus berkreasi-berinovasi, khususnya robotika.

Daftar pemenang KRI 2021 untuk wilayah II.

Untuk Divisi Kontes Robot ABU Indonesia juara-1 : Tim RIOT dari ITS, juara-2: Tim MAESTRO_EVO dari UN Yogya, dan juara-3 : Tim KOPENS dari Politeknik Elektronika Negeri (PEN) Surabaya. Desain terbaik diraih tim KOPENS dan strategi terbaik diraih oleh tim RIOT.

Divisi Kontes Robot SAR Indonesia, juara-1 : Tim EILERO dari PEN Surabaya, juara-2 tim DOME dari Universitas Muhammadiyah Malang, juara-3 : Tim DEWAYANI dari UN Surabaya. Desain terbaik diraih oleh tim EILERO dan strategi terbaik diraih oleh tim DEWAYANI.

Divisi Kontes Robot Tematik Indonesia, juara-1 : Tim ABHINAYA dari UN Yogya, juara-2 : ASTRO UNAIR dari Unair, dan juara-3 tim RIVAL dari ITS. Sedangkan strategi terbaik diraih oleh tim ABHINAYA.

Divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia, juara-1 : Tim VI-ROSE dari ITS, juara kedua tim AZZAHRALY dari Universitas Negeri Surabaya, juara ketiga ERISA dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Desain dan artistik terbaik diraih oleh tim AZZAHRALY.

Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Beroda, juara-1 : Tim ERSOW dari PEN Surabaya, juara-2 tim IRIS dari ITS, dan juara-3 tim GERHANA DEWARUCI dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Desain Terbaik : Tim ERSOW dan strategi terbaik : Tim GERHANA DEWARUCI.

Divisi Kontes Robot Sepak Bola Indonesia Humanoid, juara-1 : Tim ICHIRO dari ITS, juara-2 tim GANDAMANA dari UN Surabaya, dan juara-3 EROS dari PEN Surabaya. Strategi terbaik : tim AL-‘AADIYAAT dari UN Yogyaa.

Kategori lomba lari, juara-1 oleh tim GANDAMANA, juara kedua tim AROC_PL dari Politeknik Negeri Malang, dan juara-3  : tim EROS.

Kategori menggiring bola, juara-1 : tim ICHIRO, juara-2 tim EROS, dan juara-3 tim GANDAMANA. Kategori kerja sama robot, juara-1 tim ICHIRO, juara-2 : Tim EROS, dan juara ketiga diraih oleh tim AL-‘AADIYAAT.

(mpw; Neneng Zubaidah; Bahan dari : https://edukasi.sindonews.com/read/558336/211/tim-terbaik-robotik-indonesia-siap-bertarung-di-kompetisi-robot-internasional-di-china-1633284623)-FatchurR *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita