Periode ke-2 akan berakhir(21)-Tamat

Bunga langkaSupaya tidak tambah bosan, maka sajian tentang judul ini akan saya akhiri dengan tinjauan berorganisasi. Dalam masyarakat-kelompok-individu di perlu perkumpulan untuk saling mendapatkan info dan tukar pikiran. salah satunya ikut ber organisasi yang bisa meningkatkan ilmu dan bersosialisasi dengan menciptakan pribadi yang disiplin. (Organisasi merupakan sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan dua orang atau lebih menurut chester I. Bernard).

 

Organisasi (IAMDP) bisa diartikan perpaduan beberapa rangkaian kerja sama (4 Misi) untuk mencapai tujuan. Organisasi yang lebih baik, dapat menciptakan sistem kerja sama dalam pencapaian tujuan. Dalam mengembangkan kemampuan sikap mental berorganisasi, harus ada potensi dan motivasi kuat. Proses berorganisasi butuh SDM dengan tekad keras dalam meningkatkan motivasi agar bisa melakukan dan memberikan yang terbaik bagi IAMDP.

 

Motivasi diartikan dorongan yang timbul dari seseorang melakukan sesuatu dalam mencapai tujuan. Dorongan ini timbul pada seseorang, atas pengaruh atau rangsangan dari luar atau dari dalam. Sehingga bila melakukan sesuatu untuk IAMDP, akan ada tanggung jawab yang terbentuk pada diri seseorang itu.

 

Jika seseorang tidak punya motivasi untuk IAMDP, akan tidak berpengaruh apa yang akan dilakukanya, karena dari diri orang itu tidak  punya dorongan. Jika kita sudah punya motivasi  kuat menjalankan tugas sesuai jabatan yang diembannya, akan mendapat hasil maksimal.

 

Struktur organisasi pada hakekatnya merupakan susunan kerangka yang saling hubungan atau tata kerja antara unit yang ada di IAMDP. Sehingga setiap unit tahu jelas bidang tugasnya, kewenangan dan tanggung jawabnya. Disinilah diperlukan Surat keputusan PP yang mengatur tugas unit tersebut.

 

Empat elemen dalam struktur organisasi (Sondang P Siagian; 1978); yaitu : (a) Adanya spesialisasi kegiatan kerja. (b) Adanya standardisasi kegiatan kerja. (c) Adanya koordinasi kegiatan kerja dan (d)          Besaran seluruh organisasi.

 

Indikator-Indikator Kinerja

a-Tanggung jawab, adalah keadaan dari Pengurus IAMDP punya perhatian serius pada penyelesaian pekerjaan secara efektif-efisien yang menjadi tugasnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

b-Rajin, adalah sikap dan dari Pengurus yang patuh dan taat pada aturan (AD/ART dan Keputusan PP) tanpa ada paksaan, tekanan dalam menjalankan tugas dan pekerjaan yang diberikan kepadanya.

 

c-Kerjasama, adalah rangkaian usah yang dilakukan Pengurus bersama-sama; teratur dan serasi didalam rangka untuk mencapai 4 Misi secara efektif dan efisien.

d-Inisiatif, adalah serangkaian usaha dari Pengurus untuk bertindak melaksanakan tugas tanpa menunggu perintah dengan ide cemerlang dan dapat menyelesaikan tugas secara efektif dan efisien.

 

e-Menambah wawasan, adalah kegiatan yang telah dan atau akan dilakukan atau dilalui Pengurus, dalam mendukung kegiatan IAMDP. Misalnya melalui tukar informasi melalui www.alumnimaterdei.com

f-Disiplin, adalah sikap mental Pengurus yang mencerminkan ketaatan dan kepatuhan pada kesepakatan  dengan rasa kesadaran dan rasa senang yang tumbuh dari diri untuk mencapai 4 Misi secara efektif dan efisien.

 

Pada akhirnya dapat disimpulkan, motivasi  merupakan hal penting yang menggerakan Alumni untuk bertingkah laku yang mempunyai tujuan. Motivasi bisa mempengaruhi Alumni dalam  memberikan perlakuan  pada IAMDP yang terbaik sesuai dengan niat.

 

Motivasi merupakan cara paling tepat untuk memajukan IAMDP  Yaitu dengan memiliki Alumni atau Pengurus yang termotivasi, IAMDP akan berkembang dan sukses. Karena mereka yang termotivasi akan melakukan pekerjaannya dengan semangat dan niat untuk memajukan tujuan misi bersama tersebut. Tamat; (http://desitu.blogspot.com/2012/11/motivasi-organisasi.html)-Aguk

3 Responses to Periode ke-2 akan berakhir(21)-Tamat

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Orang jadi enggan melakukan sesuatu, dalam hal ini aktive berorganisasi, sebabnya karena merasa tidak bisa. Hal ini terjadi dibanyak kegiatan masyarakat yang kegiatannya cuma semusim, rok rok asem. Merasa tidak bisa karena tidak dibiasakan bebas beroganisasi selama masa kelam pemerintahan Orde Baru.
    Khususnya di IAMDP syukurlah beberapa gelintir dari belasan ribu Alumni masih terus bertekad mengembangkan organisasi rintisan ini. Bagi Alumni yang mau menyusul berlatih berorganisasi masih belum ketinggalan jauh kok.
    Silahkan maju merasakan nyamannya hidup punya organisasi seperti IAMDP. Diyakini semua orang ingin ” diorangkan ” jadi maju beraktivitaslah dalam organisasi.

    Saya sudah merasakan nikmat manfaatnya, menggerakkan IAMDP kemudian keterusan beraktivitas di Los Angeles. Menggerakkan aneka komunitas yang campur baur berbagai orang asing dari beberapa negara yang migrasi ke LA. Bahasa tarzanpun jadilah, ngawur sedikit soal aturan berorganisasi di USA ya membuat kita jadi mengerti dan diorangkan.
    Caranya aktipkan diri Anda untuk segala kegiatan yang Anda inginkan, tunjukkan pilihan kreasi Anda, perjuangkan. Kesulitan mensukseskannya sampai tuntas akan memberi kepuasan dari pada diam tidak mau tau. Cobalah.

  • Heru Indargo says:

    Betul pak Khing.
    intinya : ada kemauan
    ada keikhlasan
    ada pengorbanan mau mengabdi pd almamater sesui dgn
    Kemampuan masing2 sdh cukup
    guyup bisa berjumpa kawan tanpa pandang perbedaan itu happy lho.

  • Bekerja dengan keharusan hadirnya motivasi tentunya tak terbantahkan. Tanpa motivasi apalah yg bisa diharapkan akan prestasi seseorang. Dalam berorganiisasi sosial, selain motivasi diperlukan juga kesadaran, ketulusan unt mau berkorban baik waktu, tenaga maupun materi demi kemajuan organisasi. Ini sekedar tambahan pemikiran dari saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita