Periode ke-2 akan berakhir(17)

Bunga langkaMisi IAMDP dan jalan tengah

Tidak ada kata sulit, yang ada adalah keberhasilan IAMDP ada yang tertunda. Ambillah contoh mencari perwakilan A-57 sd A-11, serasa sukar dan terjal. Terbukti ide rekan kita Oen yang mengajak poelkoempoel di Batu dengan biaya tanggungan ybs untuk rembugan IAMDP kedepannya, jalannya cukup berliku.

 

Saya lihat ada potensi/aset yang dimiliki Alumni : Mereka rutin melakukan reuni angkatan, senang2; kangen kangenan (judul posternya “Temu kangen”, mengenang “Kenakalan” masa lalu. Apapun dilakuka ikhlas. Yang jauhpun menghadirinya. Artinya mereka berbahagia dengan sendirinya, tanpa paksaan.

 

Sampai2 seorang Motivator pernah menyarankan, Misi IAMDP hanya untuk hal hal yang bermanfaat bagi Alumni dengan beberapa contoh implementasinya. Namun salah seorang anggota Dewan Penasehat, mempertanyakan kenapa Misi tiap angkatan banyak yang berbeda.

 

Perbedaan adalah karunia yang patut kita syukuri dan kita perlu mencari peluang dan terobosan untuk memanfaatkannya.

 

Selama perjalanan enam tahun IAMDP saya banyak menerima celetukan diantaranya :

1-Urunan dan sumbangan boleh tapi tidak rutin tiap bulan. Silahkan dilakukan setiap ada event tertentu

2-Kok kaku nemen, Alumni disuruh suruh organisasi

 

3-Manfaat IAMDP tidak tampak bagi anggotanya, makanya kurang diminati

Dan banyak celetukan lainnya, khususnya yang tidak sependapat dengan kiprah IAMDP atau mereka yang tahunya IAMDP sepotong sepotong, tapi berkomentar

 

Dari pada berjalan sendiri sendiri, aktivitas PP dan beberapa kegiatan tiap angkatan, kenapa tidak kita lakukan terobosan dan inovasi tanpa mengurangi kenyamanan mereka seperti biasanya. Alternatif yang perlu dicoba misalnya langkah2 :

 

a-Misi pertama dan ketiga (1-Membina dan mengembangkan semangat kekeluargaan antar alumni dan civitas akademika dan 3-Mensejahterakan alumni dan civitas akademika) yang terjadi pada seorang Alumni, dititipkan diselesaikan oleh Angkatannya

 

b-Program yang akan dilakukan oleh masing2 angkatan itu, dikoordinasikan dengan IAMDP

c-Jika ada dan tersedia, ada baiknya dan tidak dilarang, sebagian sisa dana (tidak harus besar), disumbang ke Kas IAMDP untuk merealisir Misi 2 dan 4 atau untuk mendukung Angkatan lain yang kesulitan finansial dalam melakukan hal yang sama. Minimal beban PP untuk merealisir Misi 2 dan 4 ditanggung oleh sumbangan individu atau iuran rutin yang sebagian ada pengisinya

 

d-Jika sependapat (disetujui), agar dibuatkan risalah kesepakatan tertulis yang ditanda tangani peserta yang sepakat tersebut, untuk selanjutnya dibuatkan keputusan PP atas dasar kesepakatan itu

e-Dalam jangka panjang cara demikian dituangkan dalam AD/ART.

 

Dengan demikian kesinambungan aktivitas dapat dilakukan siapapun pengurusnya, karena sudah dikukuhkan dalam Keputusan PP dan AD/ART.

Sulit dan pesimis ?, coba dulu rek, ditawarkan kepada teman-teman, siapa tahu inilah keputusan tengah yang bisa makin menghidupkan manfaat IAMDP, semoga (Aguk)

2 Responses to Periode ke-2 akan berakhir(17)

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Saya setuju kesimpulan langkah yang disampaikan FATCH ini, biarlah masing masing Angkatan mengembangkan idenya untuk manfaat bagi Alumni seangkatannya, kalau mampu nyumbang ide dan materi untuk Alumni keseluruhan. Kegiatan dengan difasitasi IAMDP kalau perlu perijinan dsb.

    Jadi kalau ada Alumni buutuh sesuatu tinggal mencarikan rekan seangkatannya saja. Karena itu biasakan selalu memlihara saling kontak dengan sedikitnya dengan sesama Angkatan syukur kalau bisa dengan para senior dan juniornya serta kontak dengan sekolah.

    Ada seorang Alumni yang seorang profesional sibuk, tinggal di Bandung, butuh menyekolahkan anaknya dikota yang lingkungannya masih baik mengingat dia tau menyekolahkan anak dikota besar Indonesia sudah tidak layak, banyak resiko mudharatnya. Terlalu banyak bad example katanya. Dia dengan gampang diterima memasukkan anaknya di Mater Dei Probolinggo. Caranya ya menghubungi rekan alumninya yang kemudian minta jasa IAMDP.

    Sekolah kan tempat menjadikan anak jadi baik dan pinter, bukan cuma menerima yang beres dan pinter saja.
    Jadi kalau punya anak bermasalah jangan keder, ingat IAMDP yang bisa mengembalikan anak hilang ke pangkuan Almamater Orang Tuanya.
    Itulah salah satu manfaat IAMDP.

  • Ide yang bsgus mas Aguk. Sejak awal saya berkeinginan untuk mempersatukan semua angkatan yang ada menjadi SATU KELUARGA BESAR para alumnii dalam IAMDP melalui tahap “apa manfaat IAMDP bagi alumni”. Kesulitan utama yg saya hadapi adalah masalah SDM nya yang mau cawe2 unt mengurusinya. Diperlukan ketulusan, kesadaran unt mau berkorban meluangkan waktunya ber IAMDP. Sering banyak usulan/masukan yg bagus2, tp terhenti dlm menindak lanjutinya karena terbentur pd SDM yg mau dg tulus unt membantu melaksanakannya. Any comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita