Periode ke-2 akan berakhir(15)

Bunga langkaKonsolidasi merupakan tugas penting lainnya

Ketika merayakan HUT emas SMAK ke 50, seingat saya terdaftar alumni sebanyak 600an Alumni tercatat dalam data base yang dibuat oleh staf RSUD Probolinggo atas pesanan drg YS. Bagus, hanya tidak bisa berlanjut karena tidak kompatibel dengan Web yang dua tahun kemudian resmi metungul 06/07/2009.

 

Saya melihat rekan rekan panitia getol menelusur data alumni dari buku induk SMAK yang ada sebagian buku yang hilang karena konon dipinjam oleh instansi Hukum. Disamping itu juga berkorban pulsa untuk menghubungi teman2 tertentu untuk memastikan data tersebut. Huebuat dan ruar biasa dedikasinya.

 

Lanjut penelusuran data dikoordinir Kabid Keanggotaan, Sistem Informasi, dan Publikasi dibantu lintas Angkatan, termasuk lulusan SMAK yang segar dan mereka baru masuk kuliah. Tapi belum menghasilkan Data base yang memudahkan alumni mendaftar dan PP bisa mengkonsolidasi mereka relatif mudah. Memang sukar rek, gak semudah membalikkan kepala.

 

Pada dasarnya tugas Konsolidasi ada beberapa :

a-Penelusuran / pencarian Alumni yang terberai sejak A-1957

b-Mendokumentasikan data

c-Menyepakati format Data base (rasaya pernah dirembug luama dan saya tidak tahu lagi hasilnya; maaf kalau saya ketinggalan sepur atas berita kemajuan ini)

d-Menempelkan data base tersebut ke Web kita, sehingga :

ü  Memudahkan para Alumni untuk mencatatkan diri

ü  Memudahkan komunikasi antar alumni seangkatan dan lintas angkatan

ü  Tidak menyulitkan bagi PP untuk mengkonsolidasi, membuat perencanaan kegiatan, memobilisasi alumni, membuat kesepakatan dan sebagainya

ü  Tapi yang demikian itu mimpi kaleeeee…………..

 

Ada yang mendefinisikan bahwa “Hidup itu adalah kumpulan dari pproblema dan tersembunyi solusi bagi yang berniat dan optimis”. Jadi gak usah kuatir dengan kesulitan

 

Ada cara kuno eh setengah modern rek, yaitu Multi level Maketing (MLM). Seandainya dalam penelusuran dan pencarian teman-teman kita menggunakan cara MLM, umpamanya : Kita meluncurkan eh minta tolong kepada 25 orang pengurus PP.

 

Masing-masing mencari dua alumni down line (angkatan dibawahnya atau diatasnya, boleh berjarak besar), misalkan diberi waktu sebulan; lanjut mereka turun downline lagi. Maka menurut ramalan pak Dukun, dalam waktu gak sampai setahun akan ditemukan alumni yang segar datanya

 

Data yang diperlukan : Nama; bulan/tanggal lahir/ tahun (Kalau boleh); Kota tempat tinggal, gak usah alamate; alat komunikasi (Email, FB, Pin, WA atau no. HP atau apapun yang penting kita bisa berkomunikasi); tentu akan ada yang bilang enteng dan abot.

 

Setelah data terkumpul kita siapkan (tunjuk alumni yang bisa ber IT ria atau mbayar rek), untuk membuat data base yang bisa ditempel pada Web kita serta membuat Software untuk memperlancar pendaftaran mandiri via dunia maya.

 

Sulit ? ya iyalah, lha wong ditulis oleh pengangguran yang sedang ngelindur memimpikan kemajuan IAMDP. Ngrepoti anda, guampang banget, delete. Gitu aja kok repot (Aguk)

4 Responses to Periode ke-2 akan berakhir(15)

  • GoHwieKhing King Gaudi D50-A60 says:

    Koreksi Cak FATCH, yang dibilang Alumni itu semua yang pernah sekolah disekolah yang didirikan oerganisasi Zuster van Onze Lieve Frouw jaman Belanda yang kemudian jadi Mater Dei mulai dari TK, SR I dan II, SMP dan SMA ( memang baru ada sejak 1957 )

    Untuk selalu mendata yang baru saya pernah usul Cabang IAMDP Probolinggo selalu memperkenalkan diiri dengan mendata siswa baru dan kelas akhir TK, SD, SMP dan SMA juga mendata Orang Tua mereka karena kemungkinan mereka dulunya sekolah di Mater Dei. Ya bergaya seperti babinsa gitulah, tapi ini ditugasi resmi IAMDP dan Sekolahan.
    Yang terlanjur ga terdata ya dicari pelan pelan asal kelakon saja, karena mencari Alumni yang serajin gagah berani seperti Alumni TAN KIEP NIO asal Leces yang sekarang di Jakarta. Bayangkan mencari Guru diuber dari Kramat Jati Jakarta sampai Jogya. Mencari teman sekelas sampai goncengan gelutan dengan Bang Ojek dari Puri Kembangan sampai Kerawang. Yang begini ini harus diberi piagam jasa lho.

  • ernie hariati says:

    Kalo menunggu kelengkapan data semua alumni yg segitu banyaknya, rasanya ndak mungkin. Sementara data yg ada saja dulu. Θαn konsep pembuatan database sudah dibuat dr Benny, namun realisasi menunggu Kabid. Komunikasi. Yaitu tadi mungkin masih banyak kendala2. Sabar ae rek….. Kendala ini yg perlu dibicarakan lagi.

  • Kembali pd sumber masalah, yaitu SDM nya. Dlm kepengurusan PP iAMDP yg 27 orang itu saja dlm beraktifitas terkesan masih bersikap setengah2, bahkan terkesan tak acuh bila sdh mencapai tahap merealisasikannya.

  • Yuk, kita bersama memikirkan, apa manfaat IAMDP bagi Alumni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita