Menulis berita Alumni itu sulitkah?-(a)

1-Juara artikel PerpustakaanMendapatkan pengakuan

Sejak dimunculkannya Web alumnimaterdei.com ini, pencarian dan kaderisasi pengelola Web ini sejak 2008, terasa terjal. Mirip pendakian ke lereng bukit yang dilakukan oleh Lansia. Saya tidak tahu pasti kenapa hal demikian bisa terjadi, padahal Alumni sobat kita dihasilkan sejak tahun 1960.

Saya percaya bahwa kita semua adalah orang yang pernah menulis. Hanya disebabkan anggapan yang salah tentang menulis, kita merasa diri bukan penulis dan karenanya menjadi segan untuk menulis. Sampai level tertentu, menulis itu bukan bakat.

 

Menulis itu kemampuan, yang dimiliki semua orang yang bisa “tulis-baca”. Tiap hari kita menulis : Memo, surat, proposal, laporan, BBMan, Waan, status FB, dsb. Tapi kemampuan itu tidak kita pelihara dan kembangkan. Bila tidak ada kebutuhan dengan sosok yang nyata, kita cenderung tidak menulis.
Menulis itu sama dengan bicara, mengkomunikasikan pada orang lain. Tapi menulis punya keunggulan lain yaitu bisa mengkomunikasikan diri kita kepada sosok yang tidak nyata. Kalau kita gembira atau punya pikiran, kita bisa menuliskan, menumpahkan di buku harian, sehingga kita merasa lega.
Berbeda dengan bicara, menulis kita tak perlu cari pembaca. Kalau kita gembira, kita bisa menuangkan yang sedang kita rasakan / pikirkan berbentuk tulisan tanpa perduli ada yang akan membacanya. Tiap orang yang tahu “baca-tulis” seyogianya mengembangkan kemampuan dan kebiasaan menulis.

 

Menulis itu proses pembebasan. Dengan menuangkan segala hal dalam hati dan pikiran tertulis, kita akan lega. Pada gilirannya, tempat kosong, yang telah ditinggalkan oleh perasaan dan pikiran yang telah kita tuangkan itu, bisa diisi perasaan dan pikiran lain. Karena itu menulis harus jadi sebuah kebiasaan.
Tahap awal, kebiasaan itu tidak serta-merta membuat kita terkenal dan memperoleh uang (apalagi, cuman nulis di Web kita). Tapi, paling tidak, menulis membuat perasaan dan pikiran kita waras. (Tentu kebiasaan mencatat hal-hal yang akan mengasah ketrampilan kita dalam menuliskan hal-hal lain)
Tujuan dan Motivasi Menulis
Jangan berstigma bahwa “Banyak orang tidak bisa menulis namun kaya raya. Sebaliknya banyak  yang bisa menulis tapi ekonominya pas-pasan”. Manfaat menulis itu akan datang berbentuk pengakuan: dari yang membacanya, lalu menganggap kita memiliki kompetensi tertentu dari kehidupan ini.

 

Karena itu mari kita manfatkan Web kita untuk membangun kebiasaan menulis. Mari kita jadikan menulis sebagai kebutuhan yang sama pentingnya dengan membaca. Bila menjadi kebutuhan, maka kita akan terbiasa menuliskan apa saja dari pikiran kita. Sebagai Alumni, kita sebaiknya menuliskan obrolan poelkoempoel, prestasi sahabat, inovasi sederhana agar yang lain termotivasi.

Kebiasaan menulis menyebabkan orang-orang di negara AS dan Eropa begitu produktif. Ada yang beranggapan produktivitas penerbitan buku di AS dan Eropa sedemikian tingginya disebabkan karena baiknya imbalan honorarium yang diterima penulis. Padahal yang terjadi tidaklah demikian.

 

Di AS dan Eropa, penulis yang menerima imbalan atas penerbitan bukunya hanya segelintir. Mayoritas penulis itu menulis buku karena ingin mengekpresikan dan membagi pikirannya, dan nyaris tidak menerima honor berarti dari penerbitan. Nggak jauh beda dengan tulisan di alumnimaterdei.com lho.
Penerbitan buku, penulis akan mendapat pengakuan keahliannya di bidang tertentu. Itu menyebabkan ia diundang jadi pengajar atau penceramah, atau dilamar jadi peneliti di sebuah lembaga. Bersambung ………….. (Oleh; Mula Harahap; Diposkan TORUMESI di http://menulisitumudah.blogspot.com/)-Aguk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita