Menulis berita Alumni itu sulit?-(c) Tamat

3-Reuni A72Mengenal Berbagai Media Penulisan
Mudah-mudahan setelah tulisan ini disajikan, cepat atau lambat akan banyak tunas muda dan yang senior tergerak untuk menuliskan apa yang ada di pikirannya khususnya terkait dengan Almamater, sehingga Web kita makin semarak dan diminati. Temenan lho rek semoga menjadi kenyataan. Pdf pun kini Redaktur siap memuatnya, silahkan pak GHK

 

Setiap penulis tentu selalu ingin karyanya dipublikasikan dan mendapat umpan balik dari pembaca. (Kecuali kalau dia menuliskan hal-hal yang bersifat rahasia dan mengganggu pikirannya, dan hanya menuangkan dalam buku catatan harian).
Dulu media untuk mempublikasikan tulisan sangat terbatas. Kita harus mengirimkannya ke redaksi majalah-koran, atau kita copi dan mencetak sendiri untuk dibagikan kepada teman-teman. Tapi kini, berkat kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, kita memiliki pilihan yang lebih banyak.

 

Kita tidak harus tergantung pada “belas kasihan” redaktur media cetak, yang “mood”-nya kadang “naik-turun” itu. Anda bisa mengirimkan tulisannya ke www.alumnimaterdei.com. Bahkan kita bisa membuat “web-site” secara cuma-cuma sebagai sarana untuk mempublikasikan tulisan kita.
Ada orang yang berpendapat, tulisan yang dipublikasikan di “blog” sendiri kurang bergengsi dibanding tulisan yang dipublikasikan media cetak resmi dan komersil. Tapi saya berpandangan berbeda. Seperti uraian terdahulu, setiap media cetak memiliki kebijakan editorial masing-masing.

 

Sebaik apa pun tulisan kita, kalau tidak sesuai dengan kebijakan media itu, dia belum tentu akan dimuat. Disamping itu editor media memiliki “mood”- sendiri yang kadang tergantung situasi-waktu. Hal ini belum ditambah faktor terbatasnya ruangan dan banyak tulisan yang menunggu giliran pemuatan.
Tulisan yang dipulikasikan di blog sendiri atau di Web Alumni tidak mendapat honor. Tapi komentar yang kita terima acapkali jauh lebih kritis dari yang kita terima dari editor media. Dan komentar ini tentu berguna untuk dijadikan bahan pelajaran dalam memperbaiki penulisan di masa mendatang.
Dewasa ini banyak sekali buku yang tadinya dipublikasikan di blog pengarangnya sendiri. Tapi karena tulisan itu popular di kalangan pembaca blog, maka penerbit segera mencium “bau komersil” di dalamnya dan menghubungi pengarang untuk mendapatkan hak menerbitkannya dalam bentuk buku.

 

Majalah–tentu saja–perlu dipertimbangkan sebagai media untuk mempublikasikan tulisan. Tapi saya tetap menganjurkan setiap penulis muda agar membangun blog-nya sendiri (Oleh; Mula Harahap; Diposkan T O R U M E S I di http://menulisitumudah.blogspot.com/)-Aguk

One Response to Menulis berita Alumni itu sulit?-(c) Tamat

  • Ayo kawan, mari mulai menuangkan apa yg kita pikirkan, apa yg kita lihat, apa yg telah kita lakukan dlm bentuk tulisan melalui web kita. Sebenarnya banyak yg bisa kita tuangkan, Reuni yg kita lakukan, berdarmawisata yg mengesankan, cerita2 nostalgia saat masa2 sekolah, filosofi kehidupan, berpuisi, opini dsb dsb. Apa saja yang anda tulis selama tΐϑαƙ melanggar rambu2 etika dan kesopanan 100% pasti akan dimuat. Selamat berkarya !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita