Waspada Global warming

Waspada Global WarmingKini berlangsung ancaman kehidupan di Bumi, diantaranya krisis2 : Global warming, ketersediaan sumber energi, ketersediaan pangan dan yang lain. Krisis ketersediaan bahan pangan yang menipis lambat laun akan menjadi ancaman serius jika tidak mendapat penanganan yang serius.

 

Hal ini diperparah oleh pencemaran tanah di beberapa tempat yang melebihi ambang batas. Salah satu penyebabnya adalah pencemaran tanah oleh sampah plastik. Saat ini diperkirakan setiap tahun telah diproduksi 500 juta hingga 1 miliar kantung palstik di seluruh dunia.

 

Dengan ± menghabiskan 17 juta barel minyak dan 14 juta pohon ditebang tiap tahun, dapat di bayangkan sampah plastik yang dihasilkan jika dibentangkan dapat menutupi seluruh permukaan Bumi. Sampah plastik itu jika tidak ditangani yang baik menyebabkan pencemaran tanah dan gangguan kesehatan.

 

Kepedulian kepada LH hendaknya dipandang sebagai usaha berkelanjutan melalui Pendidikan LH. Pertemuan aktivis lingkungan PBB tanggal 5 – 16 Juni di Stockholm yang diikuti 113 negara, menetapkan prinsip LH dan tanggal 5 Juni ditetapkan sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

 

Kesadaran pentingnya Pendidikan LH juga muncul di Indonesia. Pendidikan LH adalah proses dasar untuk mengembangkan warga negara agar menyadari dan terpanggil memperhatikan LH dan masalah yang menyertai. Kita hendaknya memiliki pengetahuan-keterampilan-motivasi-tanggung jawab mengambil tindakan pemecahan atas masalah lingkungan hidup.

 

Secara kelembagaan pendidikan dapat mendukung upaya berkelanjutan. Sikap peduli LH diselenggarakan perguruan tinggi dan sekolah. SD adalah salah satu institusi pendidikan dasar yang dapat secara dini menyelenggarakan pembelajaran yang berbasiskan lingkungan.

 

Untuk menanam sikap peduli LH diintegrasikan ke dalam Mata Pelajaran BUDI PEKERTI. Pembelajaran yang dilaksanakan melalui pendekatan dan metode yang mengedepankan keterlibatan siswa secara langsung. Hal itu bertujuan untuk menumbuhkan sikap siswa yang peduli LH dan memiliki keterampilan dasar dalam hal mewujudkan sikap peduli terhadap lingkungan melalui perilaku.

 

Diantara pendekatannya adalah metode proyek, metode penugasan, melalui pendekatan Contekstual Learning, Project Base Learning dan sebagainya. (http://dayumanies.blogspot.com/2012/09/sikap-peduli-terhadap-lingkungan-hidup.html)-FatchurR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita