logo-FIFGROUP-vertical logo-FIFASTRA-vertical logo-SPEKTRA-vertical

(Sampah)-Tokoh Merdeka dari Sampah di Banyuwangi

Saya paling suka membaca artikel2 tentang upaya bersih dari sampah dan polusi, seperti cuplikan dari mdsbanyuwangi.wordpress.com berikut ini walau berita  Jadul :

 

Merdeka Dari Sampah (MDS) salah satu kegiatan pecinta lingkungan di Banyuwangi untuk membersihkan lingkungan dari sampah, mengurangi volume sampah dan membuat sampah yang awalnya di anggap menjijikkan bisa bermanfaat untuk masyarakat.

 

Awalnya MDS di bentuk Bapak Slamet Sumarto. Pensiunan pegawai Dinas kebersihan dan Pertamanan (DKP) Banyuwangi ini prihatin dengan kota berjuluk ‘Sunrise Of Java’ penuh sampah. Yang ada di sekitar kantor, sekolah dan di tiap wilayah perkotaan yang dekat dengan pantai.

 

Berdasar keprihatinan ini, Pak Slamet merasa perlu melakukan aksi, bukan sekedar teori. Dan pada Tahun 2012 lalu, maka di bentuklah nama program kegiatannya “Merdeka Dari Sampah Banyuwangi” karena terinspirasi dengan di Surabaya, rintisan Ibu Wali Kota Risma yang memperjuangkan kebersihan di kota Buayaitu.

 

Sejak berdiri, banyak hambatan mewujudkan kota bersih. tapi tekad sudah bulat, niat tak boleh mandeg. Pak Slamet mengumpulkan Dasawsima (DAWIS) di Kecamatan Kota untuk berpartisipasi membersihkan lingkungannya. Dayung bersambut, walau sedikit jumlah DAWISnya, tapi karena DAWIS2 bekerja dengan sepenuh hati, maka sedikit demi sedikit, Banyuwangi terlihat bersih.

 

Tiap Tahun, program MDS makin diminati kalangan ibu2 kreatif. Setiap minggunya, Pak Slamet dan tim teknik bersosialisasi mendampingi DAWIS_DAWIS yang lama dan baru untuk lebih mengenalkan pengetahuan baru guna menunjang kebersihan dan memperlakukan sampah agar lebih bermanfaat lagi.

 

Ibu2 DAWIS juga di kenalkan tata cara pengolahan Kompos Organik, Daur Ulang Sampah dan ajang kreatifitas lain.Saat itu MDS memiliki rekanan kerja 80 DAWIS dari kumpulan ibu2 dengan jumlah minimal 10 orang. Terima Kasih Pak Slamet dan DAWIS2 kreatif (Penulis & Foto : Widie Nurmahmudy)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://mdsbanyuwangi.wordpress.com/profil-tokoh-lingkungan/)-FatchurR

 

Catatan : Ide baik ini ada baiknya juga ditiru di kota2 yang masih bermasalah dengan sampahnya (FR)

One Response to (Sampah)-Tokoh Merdeka dari Sampah di Banyuwangi

  • Harry Reksosanudra says:

    Berkunjung beberapa kota di Jatim, amat menarik kebanyakan berbenah diri shg nampak indah & bersih, kala th 1965 malah kota habitatku Probolinggo menurut penglihatan sy plg terbelakang, semerawut jg jorok penuh sampah. Sedang Banyuwangi, The Sunrise of Java lbh bagus dr Prob, aplgi jk melalui jl Pangsud jalan terpanjang di Bwi lbh tertib. Sy sering kesini krn produksi pabrik minyak kelapanya, kwalitas terbaik dibanding produk manapun. Meski kita masuk Bwi melalui Jember maupun Situbondo jalur utara, tdk pernah alami crawded dijalanan
    Pelopor kuliner Rujak Soto jg dari kota Bwi ini, tp kala itu sy sdh merasa aneh lha rujak soto sih, tp akhirnya mana tahan jk lewat depotnya kelihatan ramai pengunjung, tp benar rasanya enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Langganan Artikel Gratis
Dengan mendaftarkan alamat email dibawah ini, berarti anda akan selalu dapat kiriman artikel terbaru dari Alumnimaterdei

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

Anda pengunjung ke
UD. Setiadarma
Best PRICE, Best QUALITY & Best for YOU! Setiadarma

UD. Setiadarma-Surabaya Sidharta Krisnamurti HP. 08165419447

Percetakan Offset Sidoyoso
Jl. Kedung Cowek 205 Surabaya (0351) 3770001-3718318 Fax. 3763186
Bosch
Bosch Jl. kedungsari 117-119 Surabaya Telp. (62-31) 5312215-5353183-4 Fax. (62-31) 5312636 email: roda_mas888@yahoo.com
Download Buletin Media Alumni Edisi 2
Buletin-MA-utk.-Widget Buletin Media Alumni bag. 1, kilk disini Buletin Media Alumni bag. 2, klik disini buletin Media Alumni bag. 3, klik disini
Alamo
alamo
Download Buletin
buletin-IAMDP 8 Download Buletin klik pada Gambar
Sahabat kita